Eksperimentasi Model Think Pair Share(Tps) Terhadap Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Menghitung pada Materi Polinomial Ditinjau d dari Waktu Belajar Siswa Kelas XI Sma Negeri 1 Kebakkramat Tahun Ajaran 2018/2019

Anggit Dwi Kuncoro, Triyanto Triyanto, Henny Ekana Chrisnawati, Getut Pramesti

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) diantara pembelajaran yang dilakukan di pagi hari dan siang hari, manakah yang menghasilkan pemahaman konsep dan keterampilan menghitung yang lebih, (2) diantara pembelajaran dengan model Think Pair Share dan langsung, manakah yang menghasilkan pemahaman konsep dan keterampilan menghitung yang lebih baik diantara model pembelajaran langsung atau model Think Pair Share, (3) pada masing-masing model pembelajaran, pembelajaran yang dilakukan di pagi hari atau disiang hari yang menghasilkan pemahaman konsep dan keterampilan menghitung yang lebih baik, dan (4) pada masing-masing waktu belajar, model pembelajaran Think Pair Shareatau pembelajaran langsung yang menghasilkan pemahaman konsep dan keterampilan menghitung yang lebih baik.Berdasarkan hasil analisis pada penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa: (1) pembelajaran yang dilakukan di pagi hari maupun di siang hari memberikan pemahaman konsep dan keterampilan menghitung yang sama baiknya, (2) model Think Pair Sharemenghasilkan pemahaman konsep dan keterampilan menghitung yang lebih baik daripada dengan model pembelajaran langsung, (3) pada model pembelajaran langsung, pembelajaran yang dilakukan di pagi hari dan di siang hari menghasilkan pemahaman konsep dan keterampilan menghitung yang sama baiknya. Pada model pembelajaran Think Pair Share, pembelajaran yang dilakukan di pagi hari dan siang hari menghasilkan pemahaman konsep yang sama baiknya. Pada model pembelajaran Think Pair Share, pembelajaran yang dilakukan di pagi hari menghasilkan keterampilan menghitung yang lebih baik daripada pembelajaran yang dilakukan di siang hari, dan (4) pada masing-masing waktu belajar, modelThink Pair Sharemenghasilkan pemahaman konsep dan keterampilan menghitung yang lebih baik daripada dengan model pembelajaran langsung.

Keywords

Keterampilan Menghitung, Model Think Pair Share, Pemahaman Konsep, Waktu Belajar

Full Text:

PDF

References

Syakdiah. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Pasir Pengaraian. Jurnal Mahasiswa FKIP Universitas Pasir Pengaraian, 2(2), 1-4.

Erina, Kartono, & Sugianto. (2019). Understanding Ability of Mathematical Concept and Students' Self-reliance toward Learning by Implementating Manipulative Props (APM) on Jigsaw Technique. Journal of Primary Education, 8(2), 176-183.

Ardiyanto, D. (2016). Eksperimentasi Model Pembelajaran Problem BasedLearning (PBL), Team Assisted Individualization (TAI), dan Student TeamAchievement Divisions (STAD) dengan Pendekatan Saintifik terhadap Pemahaman Konsep dan Ketrampilan Komputasi Matematika ditinjau dariAdversity Quotient (AQ) Siswa SMA/MA Se-Kabupaten Wonogiri Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 4(5), 510-524.

Wijayanto, Z. (2015). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dengan Pendekatan Open-ended ditinjau dari Disposisi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Purworejo. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 427-438.

Zakaria, E. (2010). The Effects of Cooperative Learning on Students' Mathematics Achievement and Attitude towards Mathematics. Journal of Social Sciences, 6(2), 272-275.

Trianto. (2012). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana (Prenada Media Group).

Lee, C., Li, H. C., & Shahrill, M. (2018). Utilising the Think-Pair-Share Technique in the Learning of Probability. International Journal on Emerging Mathematics Education (IJEME), 2(1), 49-64.

Islam, F., & Akbar, M. U. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Koopeatif Tipe Think-Pair-Share untuk Melatih Sikap Sosial Kelas X5 SMA Negeri 8 Makasar . Jurnal Chemica, 17(1), 14-26.

Budiyono. (2015). Penghantar Penilaian Hasil Belajar. Surakarta: UNS Press.

Lestari, I. (2015). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif 3, 3(2), 115-125.

Sumarni, S. (2016). Think Pair Share Effect of Understanding the Concept and Achievement. Proceeding The 2nd International Conference on Teacher Training and Education.2(1), 783-787.

Nyoto. (2015, Juli). Eksperimentasi Model PembelajaranKooperatifTipeThink Pair Share (TPS) denganPendekatan Realistic Mathematics Education (RME) ditinjaudari Gaya BelajarSiswaKelas VIII Smp/Mts di KabupatenSragen. JurnalElektronikPembelajaranMatematika, 3(5), 553-563.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.