Eksperimentasi Model Pembelajaran Think Talk Write Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Pada Materi Kubus dan Balok Ditinjau Gaya Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Colomadu

Satya Mardi Ayuningrum, Budiyono Budiyono, Ira Kurniawati

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui manakah yang menghasilkan prestasi yang lebih baik antara model TTW atau model pembelajaran langsung; manakah yang menghasilkan prestasi yang lebih baik antara siswa dengan gaya belajar visual, auditorial atau kinestetik; pada masing-masing model, manakah yang menghasilkan prestasi yang lebih baik antara siswa dengan gaya belajar visual, auditorial atau kinestetik; pada masing-masing gaya belajar, manakah yang menghasilkan prestasi yang lebih baik antara siswa dengan model TTW atau siswa dengan model pembelajaran langsung. Penelitian ini adalah penelitian eksperimental semu. Populasinya adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Colomadu. Kesimpulan penelitian: model TTW menghasilkan prestasi lebih baik daripada model langsung; siswa gaya belajar visual dan auditorial mempunyai prestasi yang lebih baik dari siswa gaya belajar kinestetik, sedangkan siswa gaya belajar visual mempunyai prestasi yang sama baiknya dengan siswa gaya belajar auditorial; pada masing-masing model pembelajaran, siswa gaya belajar visual dan auditorial mempunyai prestasi yang lebih baik daripada siswa gaya belajar kinestetik sedangkan siswa gaya belajar visual mempunyai prestasi yang sama baiknya siswa dengan gaya belajar auditorial; pada masing-masing gaya belajar, pembelajaran dengan menggunakan model TTW menghasilkan prestasi yang lebih baik jika dibandingkan dengan pembelajaran dengan menggunakan model langsung.

Keywords

model Think Talk Write ; gaya belajar; kubus dan balok; prestasi belajar

Full Text:

PDF

References

BSNP. (2016-2017). Data Hasil Ujian Nasional PAMER UN 2016-2017. Jakarta.

De Poter, B & Hermacki, M. (2015). Quantum Learning. Terjemahan

Gilakjani, A.P. (2012). Visual, Auditory, Kinestethic Learning on English Language Teaching. Journal of Sudies in Education, 2(1): 104-113.

Nurhayati, A. (2014). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dengan Pendekatan Quantum Learning ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VII Semester Gasal SMP Negeri 16 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi Tidak Dipublikasikan. FKIP Universitas Sebelas Maret, Surakarta

Wirda, Setiawan, D., & Hidayat. (2017). The Effect Of Think Talk Write Learning Method On The Creative Thinking Ability Of The Students At Primary School (Sd) No. 060856 Medan, Indonesia. British Journal of Education, 5(11): 12-28.

Yamin, M & Ansari, B.I. (2012). Teknik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press Group.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.