Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Make A Match pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar ditinjau dari Motivasi Belajar pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Mojolaban Tahun Ajaran 2016/2017

Khairanna Mutia Widodo, Triyanto Triyanto, Yemi Kuswardi

Abstract

Tujuan penelitian ini: (1) manakah yang memberikan hasil belajar matematika lebih baik, model pembelajaran kooperatif teknik Make A Match atau model pembelajaran Langsung, (2) manakah kategori motivasi belajar yang memberikan hasil belajar matematika yang lebih baik, (3) pada model pembelajaran, manakah kategori motivasi belajar yang memberikan hasil belajar matematika lebih baik, (4) pada masing-masing kategori motivasi belajar, manakah yang memberikan hasil belajar matematika lebih baik, model pembelajaran kooperatif teknik Make A Match atau model pembelajaran Langsung. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, kemudian dilakukan uji komparasi ganda dengan metode Scheffe. Hasil penelitian ini: (1) model pembelajaran kooperatif teknik Make A Match memberikan hasil belajar matematika yang lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran Langsung, (2) siswa dengan motivasi belajar tinggi dan sedang memberikan hasil belajar matematika yang sama dan keduanya lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, (3) pada masing-masing model pembelajaran, siswa dengan motivasi belajar tinggi dan sedang memberikan hasil belajar matematika yang sama dan keduanya lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, (4) pada setiap kategori motivasi belajar, siswa yang dikenai model pembelajaran kooperatif teknik Make A Match memberikan hasil belajar matematika yang lebih baik dibandingkan dengan siswa yang dikenai model pembelajaran Langsung.

Keywords

make a match; motivasi belajar; bangun ruang sisi datar

Full Text:

PDF

References

Hackathorn, J., Solomon, Erin D., Blankmeyer, Kate L., Tennial, Rachel E., Garczynski, Amy M. (2011). Learning by Doing: An Empirical Study of Active Teaching Techniques. Journal of Effective Teaching, 11(2), 40-54.

Huda, M. (2011). Cooperative lear-ning. Yogyakarta: Pustaka Pela-jar

Lie, A. (2004). Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.

Noureen, G., (2011). A Study of Relationship between Achie-vement Motivation, Self Con-cept and Achievement in English and Mathematics at Secondary Level. Journal International of Education, 70(2), 72-79.

Nastiti, R. (2014). Eksperimentasi Pembelajaran Matematika de-ngan Menggunakan Model Pem-belajaran Kooperatif Teknik Make A Match pada Materi Ope-rasi Hitung Bentuk Aljabar Di-tinjau Dari Motivasi Belajar Siswa SMP N I4 Surakarta Tahun Ajaran 2012/ 2013. Thesis Tidak Dipublikasikan. Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Schmidt, A. Frieze, J. (1997). Academic self-concept: Beyond the dustbowl. In G. Phye (Ed.), Handbook of classroom assess-ment: Learning, achievement and adjustment. US: Academic Press. (427). Orlando, FL: Academic Press

Suprijono, A. (2012). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo.

Suprihatiningrum J. (2013). Strategi Pembelajaran Teori & Aplikasi. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Uno, Hamzah B. (¬¬¬¬2007).Teori Moti-vasi & Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.