Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Pemahaman Konsep pada Materi Persamaan Garis Lurus
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan pendekatan Open-Ended pada kegiatan pembelajaran materi persamaan garis lurus kelas VIII E SMP Negeri 2 Mojolaban tahun ajaran 2017/2018 dalam meningkatkan aktivitas belajar dan pemahaman konsep matematika siswa. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan tes. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah rata-rata presentase aktivitas belajar siswa mencapai minimal 75% dan siswa mencapai skor 2 pada setiap indikator pemahaman konsep matematika siswa minimal 70%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan pendekatan Open-Ended dapat meningkatkan aktivitas belajar dan pemahaman konsep matematika pada materi persamaan garis lurus siswa kelas VIII E SMP Negeri 2 Mojolaban tahun pelajaran 2017/2018.
Keywords
References
Shimada, S. 1997. The Significance of an Open-Ended Aproach. dalam Becker, Jerry P. dan Shigeru Shimada. (1997). The Open-Ended Approach : a New Proposal for Teaching Mathe-matics. Virginia : NCTM.
Inprasitha, Maitree. (2006). Open-Ended Aproach and Teacher Education. Tsukuba Journal of Educational Study in Mathe-matics, 25(1), 169-177.
Zakaria, Efandi, Lu Chung Chin & Md. Yusuf Daud. (2010). The Effects of Cooperatif Learning on Students Mathematics Achivement and Attitude towa-rds Mathematics. Journal of Social Science, 6(2), 272-275.
Zakaria, Effandi and Zanatun Iksan. (2007). Promoting Cooperative Learning in Science and Mathematics Education : A Malaysian Perspective. Eura-sia Journal of Mathematics, 3(1), 35-39.
Rahmi. (2008). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Seba-gai Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa dalam Ma-tematika. Jurnal Pendidikan. Vol. 89 Edisi Juni 2008.
Aluysius, Duran Corebima. (2016). The Effect of Numbered Heads Together (NHT) Learning The Retention of Strategy on Senior High School in Muara Badak East Kalimantan, Indonesia. European Journal of Education Studies, 2(5), 47-58.
Maheady, L., Michiellie-Pendl, J., Harper, G. F., & Mallete, B. 2006. The Effect of Numbered Heads Together With and Without an Incentive Package On The Science Test Performance of a Diverse of Sixth Graders. Journal of Behavioral Education, 15 (1), 24-38.
Suherman, E. (2001). Strategi Pem-belajaran Matematika Konten-porer. Bandung: Jica Univer-sitas Pendidikan Indonesia (UPI).
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandu-ng: Alfabeta.
Sadirman, A. M. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Wardhani, S. (2008). Analisis SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs untuk Optimalisasi Tujuan Mata Pelajaran Mate-matika. Yogyakarta: Pusat Pe-ngembangan dan Pember-dayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.
Refbacks
- There are currently no refbacks.