Eksperimentasi Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing dengan Strategi Peta Konsep Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau Dari Kreativitas Belajar Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 1 Mojolaban Tahun Pelajaran 2016/2017

Romadhon Prasetyo Nugroho, Sutopo Sutopo, Dhidhi Pambudi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa yang dintinjau dari kreativitas belajar siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimental semu dengan desain faktorial 3×3. Teknik pengumpulan data meliputi metode dokumentasi, angket, dan tes. Teknik analisis data digunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, kemudian dilanjutkan dengan uji komparasi ganda dengan metode Scheffe. Untuk persyaratan analisis, yaitu populasi berdistribusi normal menggunakan uji Lilliefors dan populasi mempunyai variansi yang sama (homogen) menggunakan metode Bartlett. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa (1) penemuan terbimbing memberikan kemampuan pemecahan masalah lebih baik dari pada penemuan terbimbing dengan peta konsep dan langsung, penemuan terbimbing dengan peta konsep dan langsung memberikan kemampuan pemecahan masalah yang sama, (2) siswa dengan kreativitas belajar tinggi, sedang dan rendah memberikan kemampuan pemecahan masalah yang sama, (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kreativitas belajar siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa.

Keywords

penemuan terbimbing; peta konsep; kreativitas; pemecahan masalah; aturan sinus dan kosinus

Full Text:

PDF

References

NCTM. (2000). Principles and Standars for School Mathematics. Reston, VA: NCTM

Uno, H. (2014). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Abdurrahman. (2007). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa

Chandra, J. (2000). Kreativitas. Yogyakarta: Penerbit KANISIUS (Anggota IKAPI)

In’am, A. (2016). Learning Geometry through Discovery Learning Using a Scientific Approach. International jurnal of instruction, 10 (1), 55-70

Eggen & Kauchak. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: Permata Puri Media

Surya, M. (2015). Strategi Kognitif dalam Proses Pembelajaran. Bandung: ALFABETA, cv

Effendi, L. A. (2012). Pembelajaran Matematika dengan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. Jurnal Penelitian Pendidikan. 13 (2)

Marincovic, Z. (2015). Concept Map in Math Teaching. Diperoleh pada tanggal 3 September 2018, dari http://elib.mi.sanu.ac.rs/files/journals/vm/57/vmn57p6-8.pdf

Zvacek, S. M., Restivo, M. T., & Chouzal, M. F. (2013). Concept Mapping of Higher Order Thinking. International jurnal of engineering pedagogy, 3, 6-10

Budiyono. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan (Penelitian Kuantitatif) ; Bahan Ajar untuk Program Studi Matematika. Surakarta: UNS Press.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.