Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru SD dalam Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis TIK untuk Meningkatkan Literasi Matematika Siswa

Dhidhi Pambudi, Arum Nur Wulandari, Sutopo Sutopo

Abstract

Tujuan pengabdian ini untuk memberikan  wawasan, pengetahuan, dan ketrampilan kepada guru-guru sekolah dasar tentang pembuatan media pembelajaran interaktif berbasis TIK untuk meningkatkan literasi matematika siswa. Kegiatan utama pengabdian berupa pelatihan yang terdiri dari empat tahap, yaitu: (1) FGD tentang literasi matematika sekolah dasar dan persiapan teknis pemasangan aplikasi penunjang; (2) pembuatan peta konsep interaktif; (3) pembuatan kuis interaktif, e-book, dan dictionary; dan (4) pendampingan implementasi di kelas. Implementasi di kelas dilaksanakan pada kelas 2 dan kelas 5 SD Negeri 01 Gawanan dengan menggunakan media yang dibuat sendiri oleh guru peserta pelatihan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa: (1) guru mampu membuat media pembelajaran interaktif berbasis TIK; (2) terjadi peningkatan jumlah siswa yang memberikan respon positif dalam pembelajaran dan terjadi peningkatan jumlah siswa yang memberikan jawaban; (3) terjadi peningkatan literasi matematika siswa; dan (4) siswa menjadi lebih memperhatikan, bersemangat, senang, dan ceria. 

Keywords

literasi matematika; sekolah dasar; media pembelajaran; interaktif

Full Text:

PDF

References

Antoro, B. 2017. Gerakan Literasi Sekolah Dari Pucuk Hingga Akar Sebuah Refleksi. Dirjen Dikdasmen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Faizah, D.U., dkk. 2016. Panduan Gerakan Literasi sekolah di Sekolah Dasar. Dirjen Dikdasmen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Fathani, A.H. 2016. Pengembangan Literasi Matematika Sekolah Dalam Perspektif Multiple Intelligences. EduSains Volume 4 Nomor 2.

Han, W., dkk. 2017. Materi Pendukung Literasi Numerasi. Tim GLN Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Nurkamilah, M., Nugraha, M.F., Sunendar, A. 2018. Mengembangkan Literasi Matematika Siswa Sekolah Dasar melalui Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia. Jurnal THEOREMS.

Pakpahan, R. 2016. Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Capaian Literasi Matematika Siswa Indonesia Dalam PISA 2012. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 1, Nomor 3.

Subrahmanyam, K., dkk. 2000. Children’s Activities and Develompment. Children And Computer Technology vol 10 no 2. (https://www.princeton.edu/futureofchildren/publications/docs/10_02_05.pdf)

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Bandung: Alfabeta.

Utami, A.D., dkk. 2013. Modul PLPG Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Konsorsium sertifikasi Guru.

Wiedarti, P., dkk. 2016. Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Dirjen Dikdasmen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.