Eksperimentasi Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (Stad) dengan Strategi Everyone Is A Teacher Here ditinjau dari Adversity Quotient (Aq) pada Materi Prisma dan Limas Kelas Viii SMP Negeri 16 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018

Yulius Fajar Laksono, Mardiyana Mardiyana, Laila Fitriana

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui; manakah menghasilkan prestasi lebih baik antara STAD EITH atau langsung; manakah menghasilkan prestasi lebih baik antara AQ tinggi, sedang atau rendah; masing-masing model, manakah menghasilkan prestasi lebih baik antara AQ tinggi, sedang atau rendah; masing-masing AQ, manakah menghasilkan prestasi lebih baik antara STAD EITH atau langsung. Penelitian ini adalah eksperimental semu. Populasi adalah siswa kelas VIII SMPN 16 Surakarta tahun 2017/2018. Pengambilan sampel melalui cluster random sampling. Teknik pengumpulan data melalui dokumentasi, angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan anava dua jalan dilanjutkan uji komparasi ganda. Dari penelitian disimpulkan; STAD EITH memberikan prestasi lebih baik daripada langsung, AQ tinggi memiliki prestasi lebih baik daripada sedang dan rendah, AQ sedang memiliki prestasi sama baiknya dengan rendah; masing-masing model, AQ tinggi memiliki prestasi lebih baik daripada sedang dan rendah, AQ sedang memiliki prestasi sama baiknya dengan rendah; masing-masing AQ, STAD EITH menghasilkan prestasi lebih baik dibandingkan langsung.

Keywords

STAD; EITH; AQ; prisma dan limas

Full Text:

PDF

References

Fitraninda, D. (2017). Eksperimentasi Model pembelajaran Kooperatif Tipe Auditory IntellectuallyRepetition (AIR) Dengan Pendekatan Saintifik Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Adversity Quotient (AQ) siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kebakkramat Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi Tidak Dipublikasikan. FKIP Universitas Sebelas Maret: Surakarta

Nurafifaeni, A. (2017). Eksperimentasi Model Pem-belajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Dengan Mind Mapping Pada Materi Fungsi Ditinjau Dari Kreativitas Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi Tidak Dipublikasikan. FKIP Universitas Sebelas Maret: Surakarta

Sharan, S. (2012). Terjemahan The Handbook of Cooperative Learning. Yogyakarta. Familia Grup Relasi Inti Media.

Silberman, M. (2009). 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Jakarta: Pustaka Insan.

Slavin, R.E. (2008). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media. (Buku asli diterbitkan 2005).

Stoltz, P. G. (2004). Adversity Quotient. Jakarta: Gramedia Widiasarana.

Titus. (2013). International Conference on Economics Business Innovation: Organization Resilience and Adversity Quotient of Singapore Companies. 65 (2), 81-95.

Trianto. (2012). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Widiasti, A. (2017). Eksperimentasi Model Pembelajaran Treffinger Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Ditinjau Dari Adversity Quotient (AQ) Siswa Kelas VIII Semester 1 SMP Negeri 25 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi Tidak Dipublikasikan. FKIP Universitas Sebelas Maret: Surakarta

Yusuf Y., Natsir Y., Hanum L. (2015). A Teacher’s Experience in Teaching with Student Teams – Achievement Division (STAD) Technique. International Journal of Instruction, 8 (2), 101-112.

Glomo, D. (2015). Student Team Achievement Division (STAD): Its Effect on The Academic Performance of EFL Learners. American Research Journal of English and Literature. 1 (4), 1-22.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.