Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Dimodifikasi dengan Penemuan Terbimbing pada Materi Relasi dan Fungsi Ditinjau dari Kemampuan Memori Siswa

Nabila Hawa Hanifulany, Budiyono Budiyono, Getut Pramesti

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) apakah prestasi belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model kooperatif tipe STAD dimodifikasi dengan penemuan terbimbing lebih baik dibandingkan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional pada materi relasi dan fungsi. (2) ada atau tidaknya pengaruh kemampuan memori siswa terhadap prestasi belajar matematika materi relasi dan fungsi, (3) pada masing-masing kategori model pembelajaran (STAD dimodifikasi dengan penemuan terbimbing dan konvensional), manakah yang dapat memberikan prestasi belajar matematika lebih baik, siswa dengan kemampuan memori tinggi, sedang atau rendah dan pada masing-masing kategori kemampuan memori siswa (tinggi, sedang, dan rendah), manakah yang dapat memberikan prestasi belajar matematika lebih baik, model pembelajaran kooperatif tipe STAD dimodifikasi dengan penemuan terbimbing atau model pembelajaran konvensional pada materi relasi dan fungsi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan metode tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi  dua jalan dengan sel tak sama.

Keywords

kooperatif, STAD, penemuan terbimbing, kemampuan memori.

Full Text:

PDF

References

Slavin, Robert E. 2009. Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Cetakan Ketiga terjemahan Lita. Bandung: Nusa Media.

Bimo Walgito. 2004. Pengantar Psikologi Umum. Cetakan Keenam. Yogyakarta: ANDI.

Budiyono. 2003. Metodologi

Penelitian Pendidikan.

Surakarta: UNS Press.

Budiyono. 2004. Statistika Untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.