Eksperimentasi Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan Pendekatan Open-Ended pada Materi Teorema Pythagoras Ditinjau dari Kemampuan Penalaran Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Mojosongo
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui manakah yang menghasilkan prestasi yang lebih baik antara model MMP dengan open-ended atau model pembelajaran langsung; manakah yang menghasilkan prestasi yang lebih baik antara siswa dengan kemampuan penalaran tinggi, sedang atau rendah; pada masing-masing model, manakah yang menghasilkan prestasi yang lebih baik antara siswa dengan kemampuan penalaran tinggi, sedang atau rendah; pada masing-masing kemampuan penalaran, manakah yang menghasilkan prestasi yang lebih baik antara siswa dengan model MMP dengan open-ended atau siswa dengan model pembelajaran langsung. Penelitian ini adalah penelitian eksperimental semu. Populasinya adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Mojosongo. Simpulan penelitian: model MMP dengan open-ended menghasilkan prestasi lebih baik daripada model langsung; siswa kemampuan penalaran tinggi mempunyai prestasi yang lebih baik dari siswa kemampuan penalaran sedang maupun rendah, sedangkan siswa kemampuan penalaran sedang mempunyai prestasi yang sama baiknya dengan siswa kemampuan penalaran rendah; pada masing-masing model pembelajaran
Keywords
References
AL-Absi, Mohammad. 2012. “The Effect of Open-Ended Tasks –as an assessment tool- on Fourth Graders’ Mathematics Achievement, and Assessing Students’ Perspectives about it”. SPRING: Jordan. Journal of Educational Sciences. Vol: 9, No. 3, pp. 345-351.
BSNP. (2016-2017). Data Hasil Ujian Nasional PAMER UN 2016-2017. Jakarta.
Good, T. L and Grouws, D. A. (1979). The Missouri Mathematics Effectiveness Project: An Experimental Study in Fourth-Grade Classrooms. Journal of Educations Physochology 1979, Vol. 71, No. 3, Hlm 357. University of Missouri-Columbia.
Shadiq, F. (2009). Model-model Pembelajaran Matematika SMP. Modul Matematika SMP Program Bermutu. PPPPTK Matematika. Yogyakarta.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Syaban, M. (2004). Menggunakan Open-Ended Problem untuk Memotivasi Berpikir Matematika. [Online]. Tersedia: http://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/viewFile/30/30.[3 Oktober 2017].
Takahashi, A. (2008). Communication as Process for Studenst to Learn Mathematical. [Online]. Tersedia: http://www.criced.tsukuba.ac.jp/math/apec/apec2008/papers/PDF/14.Akihiko_Takahashi_USA.pdf. [3 Oktober 2017]
Refbacks
- There are currently no refbacks.