Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemandirian Belajar Melalui Model Quantum Learning pada Siswa Kelas VIII-H SMPN 5 Surakarta

Arini Mayan Fa’ani, Sutopo Sutopo, Dyah Ratri Aryuna

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar siswa kelas VIII H SMP Negeri 5 Surakarta dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Learning dan mendeskripsikan pembelajaran dengan Quantum Learning yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar.

Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar. Data kemampuan pemecahan masalah diperoleh dari hasil tes pada akhir siklus, sedangkan data kemandirian belajar diperoleh dari angket yang diberikan setiap akhir siklus dan observasi selama proses pembelajaran. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah setidaknya 40% dari jumlah total siswa memperoleh skor maksimal, yaitu 16 pada tes kemampuan pemecahan masalah dan setidaknya 30% dari jumlah total siswa mencapai kategori tinggi pada kemandirian belajar.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar siswa kelas VIII H SMP Negeri 5 Surakarta tahun ajaran 2014/2015. Terbukti dari persentase kemampuan pemecahan masalah siswa yang memperoleh skor 16 pada siklus I mencapai 18,75% dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 25% menjadi 43,75%. Sedangkan persentase siswa yang mencapai kategori tinggi untuk kemandirian belajar pada siklus I mencapai 18,75%, dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 15,63% menjadi 34,38%. Hasil lain menunjukkan bahwa langkah pembelajaran Quantum Learning yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar siswa adalah pembelajaran yang menyenangkan sehingga siswa dapat mengikuti pelajaran dengan baik dan pembelajaran yang dapat mendorong serta melatih siswa untuk terbiasa berfikir secara mandiri dalam memecahkan suatu masalah.

Keywords

Quantum Learning; kemampuan pemecahan masalah; kemandirian belajar

Full Text:

PDF

References

De Porter, B. 2010. Quantum Learning . Bandung: Kaifa.

Isjoni. 2008. Bersinergi dalam Perubahan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kurniawati, D. 2010. Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika melalui Model Cooperative Learning Tipe Kepala Bernomor Terstruktur. Skripsi Tidak Dipublikasikan, Universitas Negeri Yogyakarta.

Zimmerman, B. J. 1990. Self-Regulated Learning and Academic Achievement: an Overview. Journal of Educational Psychologyst Vol 25 page 3-17

Refbacks

  • There are currently no refbacks.