Analisis Kemampuan Menulis Matematis dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Kecerdasan Logis-Matematis pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2015/2016

Aisyiyah Aisyiyah, Budi Usodo, Ira Kurniawati

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menulis matematis siswa kelas X SMA Negeri 1 Sukoharjo pada masing-masing tingkat kecerdasan logis-matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika serta faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan menulis matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA-2 SMA Negeri 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan tes kecerdasan logis-matematis, tes kemampuan menulis matematis, dan wawancara. Validasi data dilakukan dengan teknik triangulasi waktu. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan / verifikasi data. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa siswa yang memiliki kecerdasan logis-matematis tinggi dan sedang memiliki kemampuan menulis matematis yang lebih sedang, dan siswa yang memiliki kecerdasan logis-matematis rendah memiliki kemampuan menulis matematis rendah. Faktor-faktor yang mepengaruhi kemampuan menulis matematis terdiri dari faktor internal, yaitu terdiri dari: kecerdasan logis-matematis, minat, niat mengerjakan tes, pemahaman konsep materi, pemahaman aturan penulisan simbol, kebiasaan, dan persepsi siswa, serta faktor eksternal yang terdiri dari: durasi waktu mengerjakan tes, guru, teman, dan sumber referensi.

Keywords

kemampuan menulis matematis; pemecahan masalah matematika; kecerdasan logis-matematis

Full Text:

PDF

References

Armstrong, T. 2013. Kecerdasan Multipel di dalam Kelas. Jakarta: Indeks

Burns, M. 2004. Writing in Math. Diperoleh 9 April 2015, dari http://www-tc.pbs.org/teacherline/courses/rdla230/docs/session_1_burns.pdf

Cross, D. I. (2009). Creating Optimal Mathematics Learning Environments: Combining Argumentation and Writing to Enhance Achievement. International Journal of Science and Mathematics Education, 7(5), 905–930. Diperoleh 2 Juli 2015, dari https://getd.libs.uga.edu

Nurjanah, S. 2012. Perbandingan Peningkatan Kemampuan Kemunikasi Matematika antara Siswa yang Memperoleh Model Pembelajaran Auditory, Intelectually And Repetition (Air) dan Reciprocal Teaching. Diperoleh 9 Mei 2015, dari digilib.unpas.ac.id

Yaumi, M. 2012. Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. Jakarta: Dian Rakyat

Refbacks

  • There are currently no refbacks.