Penerapan Strategi Pembelajaran Question Student Have Menggunakan Kartu Kerja untuk Meningkatkan Aktivitas dan Pemahaman Siswa pada Pokok Bahasan Segitiga dan Segi Empat Kelas VII D SMP Negeri 2 Jaten Karanganyar

Arif Widayanto, Budiyono Budiyono, Ira Kurniawati

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan strategi pembelajaran Question Student Have (QSH) menggunakan kartu kerja yang dapat meningkatkan aktivitas dan pemahaman siswa pada pokok bahasan segitiga dan segi empat dan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan pemahaman siswa pada pokok bahasan segitiga dan segi empat setelah mengikuti pembelajaran matematika dengan strategi pembelajaran Question Student Have (QSH) menggunakan kartu kerja. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data pelaksanaan proses pembelajaran, data aktivitas belajar, dan data pemahaman siswa. Aktivitas siswa yang diukur dari 3 indikator, yaitu kegiatan visual, kegiatan lisan, dan kegiatan menulis. Data pelaksanaan proses pembelajaran dan data aktivitas siswa diperoleh dari hasil observasi yang dilakukan selama proses pembelajaran. Validitas data diuji menggunakan teknik triangulasi sumber. Indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah terjadinya peningkatan aktivitas siswa dan setidaknya 75% dari jumlah siswa telah mencapai kategori aktivitas tinggi setelah diterapkan strategi pembelajaran Question Student Have (QSH) menggunakan kartu kerja. Data pemahaman siswa diperoleh dari hasil tes akhir yang dilaksanakan disetiap akhir siklus. Indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah terjadinya peningkatan pemahaman siswa dan setidaknya 75% dari jumlah siswa telah mencapai kriteria tinggi setelah diterapkan strategi pembelajaran Question Student Have (QSH) menggunakan kartu kerja. Persentase aktivitas siswa dengan kategori tinggi pada akhir siklus I 83,33% dan siklus II 90%. Persentase kriteria pemahaman tinggi siklus I 6,67% dan siklus II 83,33%.

Keywords

Question Student Have (QSH); aktivitas siswa, pemahaman siswa

Full Text:

PDF

References

Budiyono. 2003. Metodologi Penelitian Tindakan. Surakarta: UNS Press.

Mulyasa, E. 2004 . Implementasi Kurikulum 2004 Panduan Pembelajaran KBK. Bandung: PT Remaja Rosdakarya..

Zaini, H, Munthe, B., & Ariyani, S.A. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.