Penerapan Strategi Pembelajaran Tipe Think-Talk-Write (TTW) Dengan AFL Melalui Penilaian Teman Sejawat Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Siswa Kelas X IIS 2 SMA Negeri 2 Sukoharjo

Dwi Fahrudin, Mardiyana Mardiyana, Yemi Kuswardi

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan strategi TTW (Think-Talk-Write) dengan AfL melalui penilaian teman sejawat yang dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan pemecahan masalah matematika dan mengetahui peningkatan keaktifan dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa setelah mengikuti pembelajaran tersebut. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data keterlaksanaan pembelajaran, keaktifan siswa dan hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Teknik pengumpulan data adalah dengan metode observasi dan tes. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah minimal 65% dari jumlah total siswa mencapai kategori keaktifan belajar tinggi dan minimal 65% dari jumlah total siswa mencapai skor kemampuan pemecahan masalah lebih dari atau sama dengan 8 untuk setiap soal. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa langkah-langkah strategi yang dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa adalah : Guru memberikan salam, apersepsi, motivasi, tujuan pembelajaran, kriteria sukses, Guru menjelaskan secara garis besar materi yang akan disampaikan,  Guru memfasilitasi dalam tahap think (berpikir), talk (berbicara), serta write (menulis), presentasi, soal AfL, penilaian teman sejawat, selanjutnya kesimpulan pembelajaran. Berdasarkan pembelajaran dengan strategi TTW (Think-Talk-Write) dengan AfL melalui penilaian teman sejawat persentase keaktifan siswa kategori tinggi mengalami peningkatan dari 34,4% pada prasiklus menjadi 51,8% pada siklus I dan menjadi 72,75% pada siklus II. Untuk kemampuan pemecahan masalah matematika siswa mengalami peningkatan dari 21,21% pada prasiklus menjadi 42,42% pada siklus I dan menjadi 69,69% pada siklus II.

Keywords

TTW; AfL; keaktifan; kemampuan pemecahan masalah matematika

Full Text:

PDF

References

Abdurrahman, M. 2002. Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Budiyono. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surakarta : UNS Press.

Choridah, D.T. 2013. Peran Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Kreatif Serta Disposisi Matematis Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, Vol 2, No 2, 194-202.[4] Nasution, M.A. 2000. Didaktik Asas-Asas Mengajar. Jakarta : Bumi aksara.

Polya, G. 1973. How to Solve It. New Jersey: Princeton University

Suparmo, D., Budiyono, dan Sutanto. 2012. Pengembangan Model Assessment for Learning (AfL) Melalui Penilaian Teman Sejawat Pada Pembelajaran Matematika Pada Pokok Bahasan Trigonometri Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. (Abstrak.)

Suwandi, S. 2009. Model Assesmen Dalam Pembelajaran. Surakarta : Mata Padi Presindo.

Wena, M. 2010. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta : Bumi Aksara.

Yamin, M., & Ansari, B.I. 2012. Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Referensi : Jakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.