Eksperimentasi Model Pembelajaran Numbered Head Together dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Teorema Pythagoras Ditinjau dari Aktivitas Belajar Matematika

Nofi Indriyanti, Ikrar Pramudya, Henny Ekana Chrisnawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui manakah yang menghasilkan prestasi belajar lebih baik antara model pembelajaran NHT dengan pendekatan kontekstual atau langsung; manakah yang menghasilkan prestasi belajar lebih baik,  siswa dengan aktivitas belajar matematika tinggi, sedang, atau rendah; manakah yang menghasilkan prestasi belajar lebih baik antara siswa dengan aktivitas belajar matematika tinggi, sedang, atau rendah pada masing-masing model pembelajaran; manakah model pembelajaran yang menghasilkan prestasi belajar lebih baik, NHT dengan pendekatan kontekstual atau langsung pada masing-masing aktivitas belajar matematika. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimental semu. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes prestasi belajar dan angket aktivitas belajar matematika. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama dilanjutkan uji komparasi ganda dengan metode Scheffe. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa model pembelajaran NHT dengan pendekatan kontekstual menghasilkan prestasi belajar lebih baik daripada langsung; prestasi belajar siswa dengan aktivitas belajar matematika tinggi lebih baik daripada sedang dan rendah, prestasi belajar siswa dengan aktivitas belajar matematika sedang lebih baik rendah; pada masing-masing model pembelajaran, siswa dengan aktivitas belajar matematika tinggi menghasilkan prestasi belajar lebih baik daripada aktivitas belajar matematika sedang dan rendah, dan siswa dengan aktivitas belajar matematika sedang menghasilkan prestasi belajar lebih baik daripada aktivitas belajar matematika rendah; pada masing-masing aktivitas belajar matematika, model pembelajaran NHT dengan pendekatan kontekstual menghasilkan prestasi belajar lebih baik daripada model pembelajaran langsung.

Keywords

Numbered Head Together, pendekatan kontekstual, aktivitas belajar matematika, teorema Pythagoras.

Full Text:

PDF

References

Mujib, Fathul. (2012). Super Power in Educating. Jogjakarta: Diva Press.

BSNP. (2016). Panduan Pemanfaatan Hasil Ujian Nasional. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan.

Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran Mengembang-kan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Kardi, S. & Nur, M. (2000). Pengajaran Langsung. Suraba-ya: University Press.

Nasution, S. (2000). Didaktis Asas-asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Yamin, Martinis. (2007). Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.