PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN PENDEKATAN QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII G SMP NEGERI 1 NGAWEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2014/ 2015

Nikmatul Atiyah, Budi Usodo, Ira Kurniawati

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan pendekatan Quantum Learning dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dan berdampak positif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII G SMP Negeri 1 Ngawen Klaten, serta mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan pendekatan Quantum Learning yang dapat meningkatan keaktifan belajar dan berdampak positif terhadap hasil belajar matematika siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan metode observasi, angket, dan tes. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah  mencapai kategori keaktifan tinggi dan untuk hasil belajar siswa yaitu setidaknya banyak siswa yang tuntas  dengan KKM sebesar 75. Pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan pendekatan Quantum Learning yang dapat meningkatkan keaktifan dan berdampak positif terhadap hasil belajar matematika adalah pembelajaran yang memfasilitasi siswa untuk berdiskusi dalam memecahkan persoalan, memberi kesempatan kepada siswa untuk saling membagi ide dalam menyelesaikan persoalan yang diberikan oleh guru tentang materi terkait serta mempertimbangkan jawaban yang paling tepat dalam situasi pembelajaran yang menyenangkan. Berdasarkan hasil observasi, data hasil keaktifan belajar matematika siswa pada prasiklus 30% siswa mencapai kategori tinggi, pada siklus 1 meningkat menjadi 50%, dan pada siklus 2 meningkat menjadi 76,67%. Sedangkan dari hasil tes belajar matematika, persentase siswa yang tuntas pada prasiklus 33,33%, pada siklus 1 sebesar 60%, dan pada siklus 2 sebesar 86,20%.

Keywords

Numbered Head Together, Quantum Learning, keaktifan belajar, hasil belajar

Full Text:

PDF

References

Rusyan, T., Kusdinar, A., & Arifin, Z. (1989). Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Karya.

Slavin, R.E. (2014). Cooperative Learning and Academic Achievement: Why Does Groupwork Work?. Anales De Psikologia. Vol 30. 785-791.

Muliawan, J.U. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan dengan Studi Kasus. Yogyakarta : Gava Media.

Sandjaja & Albertus, H. (2011). Panduan Penelitian. Jakarta : Prestasi Pustaka.

Zainul, A & Nasoetion, N. (1994). Penilaian Hasil belajar. Jakarta : Universitas Terbuka.

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.