PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI LUAS PERMUKAAN SERTA VOLUME PRISMA DAN LIMAS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANYUDONO TAHUN AJARAN 2016/2017

Fathina Rossy Azizah, Imam Sujadi, Henny Ekana Chrisnawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari kemandirian belajar siswa. Model pembelajaran yang dibandingkan adalah model Problem Based Learning (PBL) dan model pembelajaran langsung. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimental semu. cluster random sampling. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik angket untuk data kemandirian belajar siswa dan teknik tes untuk data prestasi belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan uji anava dua jalan dengan frekuensi sel tak sama, kemudian dilanjutkan dengan uji komparasi ganda menggunakan metode Scheffe. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) model pembelajaran PBL menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik daripada model pembelajaran langsung; (2) siswa dengan kemandirian belajar tinggi menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik daripada siswa dengan kemandirian belajar sedang maupun rendah, sedangkan siswa dengan kemandirian belajar sedang menghasilkan prestasi belajar yang sama baiknya dengan siswa dengan kemandirian belajar rendah; (3) pada masing-masing tingkat kemandirian belajar, pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran PBL menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik jika dibandingkan dengan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran langsung; dan (4) pada masing-masing model pembelajaran, siswa dengan kemandirian belajar tinggi menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik daripada siswa dengan kemandirian belajar sedang sedangkan siswa dengan kemandirian belajar sedang menghasilkan prestasi belajar matematika yang sama baiknya dengan siswa dengan kemandirian belajar rendah pada materi luas permukaan serta volume prisma dan limas siswa kelas VIII SMP N 2 Banyudono.

Keywords

Problem Based Learning, kemandirian belajar, prestasi belajar.

Full Text:

PDF

References

Astutik, D.D. (2015). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dan Tipe Think Pair Share (TPS) dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Bilangan ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa SMP di Kota Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Fahradina, N., Ansari, B.I., & Saiman. (2014). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP dengan Menggunakan Model Investigasi Kelompok. Jurnal Didaktik Matematika. 1 (1), 54-64. Diperoleh pada 21 Januari 2017, dari www.jurnal.unsyiah.ac.id/ DM/article /view/2077

Hendrayana, A.S., Thaib, D. & Rosnenty, R. (2014). Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar dan Prestasi Belajar Mahasiswa Beasiswa Bidikmisi di UPBJJ UT Bandung. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 15 (2), 81-87. Diperoleh pada 21 Januari 2017, dari http://jurnal.ut.ac.id/ JPTJJ/article /view/81/75.

Mubarok, A.H., Kusmayadi, T.A. & Sujadi, I. (2016). Eksperimentasi Model Pembelajaran Discovery Learning, Snow Balling, dan Problem Based Learning dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Himpunan Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa SMP Swasta Di Kabupaten Ponorogo Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 4 (4), 414-423. Diperoleh pada 1 Januari 2017, dari http://jurnal. fkip.uns.ac.id.

Muslikhah, Mardiyana & Saputro, D.R.S. (2016). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Structured Numbered Heads (SNH) dan Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Pokok Bilangan Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa Kelas VII SMPN di Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 4 (5), 476-485. Diperoleh pada 11 Januari 2017, dari http://jurnal.fkip.uns.ac.id.

Safrina, K., Ikhsan, M. & Ahmad, A. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri melalui Pembelajaran Kooperatif Berbasis Teori Van Hiele. Jurnal Didaktik Matematika, 1 (1), 9-20. Diperoleh pada 4 Januari 2017, http://www. jurnal.unsyiah.ac.id/DM/article/view/1333.

Savery, J.R. (2006). Overview of Problem-based Learning: Definitions and Distinctions. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning. 1 (1), 9-20. Diperoleh pada 4 Juni 2017, http://docs.lib.purdue.edu/ijpbl /vol1/iss1 /3/.

Suwarto. (2012). Efektivitas Model Pembelajaran Matematika Berdasarkan Masalah dan Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions pada Kemampuan Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar ditinjau dari Kemampuan Berpikir Analitik Siswa SMP Negeri Kabupaten Bojonegoro. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Tahar, I. & Enceng. (2006). Hubungan Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar pada Pendidikan Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 7 (2), 91-101. Diperoleh pada 30 Januari 2017, http://uilis.unsyiah.ac.id/ serial/index.php?p=show_detail&id=17174.

Trianto. (2011). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.