EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK TALK WRITE (TTW) DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS DITINJAU DARI GAYA BERPIKIR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 17 SURAKRTA TAHUN AJARAN 2017/2018

Nurul Muflikhah Bariroh, Triyanto Triyanto, Rubono Setiawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manakah yang menghasilkan prestasi belajar matematika lebih baik antara: siswa dengan model pembelajaran TTW dengan pendekatan Scientific atau model pembelajaran langsung, siswa dengan gaya berpikir sekuensial konkret(SK), sekuensial abstrak(SA), acak konkret(AK), atau acak abstrak(AA), jenis gaya berpikir terhadap masing-masing model pembelajaran, dan model pembelajaran terhadap masing-masing gaya berpikir. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimental semu, dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMPN 17 Surakarta tahun ajaran 2017/2018 dan sampel siswa kelas VIIIC dan VIIIG. Penelitian ini menggunakan sampling random kluster. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi, angket dan tes kemudian dianalisis menggunakan anava dua jalan sel tak sama. Kesimpulan dari penelitian yaitu pembelajaran menggunakan model pembelajaran TTW dengan Pendekatan Scientific menghasilkan prestasi belajar yang sama dengan model pembelajaran langsung, siswa yang memiliki prestasi belajar yang sama adalah siswa dengan gaya berpikir SK dan AK, SK dan AA, SA dan AK, serta AK dan AA, siswa dengan gaya berpikir SA memiliki prestasi belajar lebih baik dari SK dan AA, pada model pembelajaran TTW dengan Pendekatan Scientific, masing-masing gaya berpikir menghasilkan prestasi belajar yang sama, kecuali siswa dengan gaya berpikir SA dan AK yang lebih baik daripada siswa dengan gaya berpikir SK.

Keywords

TTW, Pendekatan Scientific, gaya berpikir, persamaan garis lurus

Full Text:

PDF

References

Kusuma, J. W. (2016). Pengaruh Pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap Hasil Belajar Mahasiswa STIE Bina Bangsa pada Mata Kuliah Matematika Ekonomi. Matematika Jurnal, 3 (2), 43.

Yamin, M. dan Ansari, B. I. (2012). Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta : Gaung Persada Press Group.

Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Kara, S. (2009). Learning Styles And Teaching Styles: A Case Study In Foreign Language Classroom. Conference of the International Journal of Arts and Sciences, 1 (20), 78.

De Porter, B. & Hernacki, M. (2013). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Meyenangkan. Terj. Alwiyah Abdurrahman. Bandung: Kaifa.

Toktarova, V. I. & Panturova, A. A. (2015). Learning and Teaching Style Models in Pedagogical Design of Electronic Educational Environment of the University. Mediterranean Journal of Social Sciences, 6 (3), 283-284.

Budiyono. (2017). Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan. Surakarta: UNS Press.

Budiyono. (2009). Statistika untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.