PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DENGAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPA 3 SMA NEGERI 1 NGEMPLAK BOYOLALI TAHUN AJARAN 2016/2017

Mohamad Rifki, Ikrar Pramudya, Ira Kurniawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali tahun pelajaran 2016/ 2017 melalui penerapan model model pembelajaran reciprocal teaching dengan metode drill pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Tahapan dari setiap siklus adalah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali tahun pelajaran 2016/2017. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan tes tertulis. Teknik analisis data adalah teknik analisis deskriptif. Validasi data keaktifan belajar siswa menggunakan teknik triangulasi.                                                               Proses pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran reciprocal teaching dengan metode drill terdiri dari enam sintaks yaitu mengelompokkan siswa dan diskusi kelompok, membuat pertanyaan, menyajikan hasil kerja, meng-klarifikasi permasalahan, memberikan soal latihan yang memuat soal pengem-bangan, dan menyimpulkan materi yang dipelajari.                                                  

Dari penelitian yang dilakukan diperoleh hasil bahwa penerapan model pembelajaran reciprocal teaching dengan metode drill pada materi aplikasi turunan fungsi dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Dari hasil observasi pada siklus I, diperoleh 5,72% siswa memperoleh kategori tinggi pada keaktifan belajar siswa, sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 45,71% menjadi 51,43% siswa yang memperoleh kategori tinggi. Dari hasil tes siklus I, diperoleh data bahwa 41,67% siswa memperoleh nilai ≥ KKM. Pada hasil tes siklus II terjadi peningkatan sebesar 44,04% dari siklus I menjadi 85,71% siswa yang memperoleh nilai ≥ KKM.

Keywords

reciprocal teaching, drill, keaktifan, prestasi belajar

Full Text:

PDF

References

Arifin, Z. (2011). Konsep dan Model Pengambangan Kuriku-lum. Bandung: Remaja Rosda-karya.

Suherman, E, dkk. (2003). Stra-tegi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Univer-sitas Pendidikan Indonesia.

Sriyanto. (2007). Strategi Sukses Menguasai Matematika. Yogya-karta: Indonesia Cerdas.

Sudjana, N. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdaka-rya.

Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Budiyono. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan. Surakar-ta: Sebelas Maret University Press.

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.