Indexing metadata

PENGARUH KERJA PARUH WAKTU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA FKIP UNS ANGKATAN 2017


 
Dublin Core PKP Metadata Items Metadata for this Document
 
1. Title Title of document PENGARUH KERJA PARUH WAKTU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA FKIP UNS ANGKATAN 2017
 
2. Creator Author's name, affiliation, country Irdiana Indah Rohmawati; Universitas Sebelas Maret Surakarta; Indonesia
 
2. Creator Author's name, affiliation, country C. Dyah Sulistyaningrum I; Indonesia
 
2. Creator Author's name, affiliation, country Patni Ninghardjanti; Indonesia
 
3. Subject Discipline(s)
 
3. Subject Keyword(s) Part Time Work, Learning Motivation, Learning Achievement
 
4. Description Abstract

Abstrak t

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya: (1) Pengaruh kerja paruh waktu terhadap prestasi belajar mahasiswa FKIP UNS, (2) Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa FKIP UNS. , (3) Pengaruh kerja paruh waktu dan motivasi belajar bersama. terhadap prestasi belajar mahasiswa FKIP UNS.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis statistik regresi berganda dan uji signifikansi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kerja paruh waktu dan motivasi belajar, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah prestasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa FKIP UNS angkatan 2017, dan sampel penelitiannya adalah mahasiswa FKIP UNS angkatan 2017 yang sedang menempuh studi sambil bekerja, dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive random sampling, sehingga terlihat bahwa sampel yang digunakan dalam penelitian ini. penelitian berjumlah 94 responden / mahasiswa yang ditentukan dengan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada taraf signifikan 5%: (1) terdapat pengaruh negatif yang signifikan antara pekerjaan paruh waktu terhadap prestasi belajar, artinya jika tingkat pekerjaan paruh waktu meningkat maka prestasi belajar akan meningkat. menurun, (2) terdapat pengaruh positif yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar, artinya jika tingkat motivasi belajar meningkat maka prestasi belajar juga akan meningkat, (3) terdapat pengaruh positif yang signifikan antara kerja paruh waktu dan belajar. motivasi terhadap prestasi belajar mahasiswa FKIP UNS.

Kata Kunci : Kerja Paruh Waktu , Motivasi Belajar, Prestasi Belajar
 
5. Publisher Organizing agency, location Program Studi Pendidikan Administrasi perkantoran FKIP UNS
 
6. Contributor Sponsor(s)
 
7. Date (YYYY-MM-DD) 2022-02-17
 
8. Type Status & genre Peer-reviewed Article
 
8. Type Type
 
9. Format File format PDF
 
10. Identifier Uniform Resource Identifier https://jurnal.uns.ac.id/JIKAP/article/view/50314
 
10. Identifier Digital Object Identifier https://doi.org/10.20961/jikap.v5i2.50314
 
11. Source Title; vol., no. (year) JIKAP (Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran); Vol 5, No 2 (2021): Mei
 
12. Language English=en en
 
13. Relation Supp. Files Instrumen Penelitian (26KB)
 
14. Coverage Geo-spatial location, chronological period, research sample (gender, age, etc.)
 
15. Rights Copyright and permissions Copyright (c) 2022 JIKAP (Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran)