PENGARUH KERJA PARUH WAKTU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA FKIP UNS ANGKATAN 2017

Irdiana Indah Rohmawati, C. Dyah Sulistyaningrum I, Patni Ninghardjanti

Abstract

Abstrak t

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya: (1) Pengaruh kerja paruh waktu terhadap prestasi belajar mahasiswa FKIP UNS, (2) Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa FKIP UNS. , (3) Pengaruh kerja paruh waktu dan motivasi belajar bersama. terhadap prestasi belajar mahasiswa FKIP UNS.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis statistik regresi berganda dan uji signifikansi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kerja paruh waktu dan motivasi belajar, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah prestasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa FKIP UNS angkatan 2017, dan sampel penelitiannya adalah mahasiswa FKIP UNS angkatan 2017 yang sedang menempuh studi sambil bekerja, dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive random sampling, sehingga terlihat bahwa sampel yang digunakan dalam penelitian ini. penelitian berjumlah 94 responden / mahasiswa yang ditentukan dengan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada taraf signifikan 5%: (1) terdapat pengaruh negatif yang signifikan antara pekerjaan paruh waktu terhadap prestasi belajar, artinya jika tingkat pekerjaan paruh waktu meningkat maka prestasi belajar akan meningkat. menurun, (2) terdapat pengaruh positif yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar, artinya jika tingkat motivasi belajar meningkat maka prestasi belajar juga akan meningkat, (3) terdapat pengaruh positif yang signifikan antara kerja paruh waktu dan belajar. motivasi terhadap prestasi belajar mahasiswa FKIP UNS.

Kata Kunci : Kerja Paruh Waktu , Motivasi Belajar, Prestasi Belajar

Keywords

Part Time Work, Learning Motivation, Learning Achievement

Full Text:

PDF

References

Bimayu, W., Kristiawan, M., & Fitriani, Y. (2020). The Effect Emotional Intelligence, Student's Motivation toward Student's Achievement. International Journal of Orogressive Sciences and Technologies (IJPSAT), 6-16.

Hidayah, K. (2016). Pengaruh Kuliah Sambil Bekerja Dan Aktivitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Angkatan 2011 Jurusan Pendidikan IPS UIN Maliki Malang. Malang.

Lenaghan, J., & Sengupta, K. (2007). Role Conflict, Role Balance and Affect : A Model Of Well-Being of the Working. Hofstra University.

Muluk, S. (2017). Part time job and students academic achievement. journal Scadidependent, 361-372.

Pujiyanto. (2005). Pengaruh Bekerja Terhadap Prestasi Mahasiswa Program Studi Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra UM. 1-17.

Purwanto, H., & Iskandar, G. (2013). Perbedaan Hasil Belajar Mahasiswa yang bekerja dengan Tidak Bekerja Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil FT-UNP. JurnalCIVED ISSN 2302-334. Dipublikasikan : Universitas Negeri Padang.

Rukmoroto. (2012). Jurnal Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Ditinjau Dari Status Bekerja.

Rusdiana. (2015). manajemen konflik. bandung: cv pustaka setia.

Sunanto, Handayani, E., & Rahmawaty, Y. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Semester III Akademi Keperawatan Hafshawaty Zainul Hasan . Jurnal Nursing Zone.

Uno, H. (2008). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.