The mediating role of self-efficacy in family environment's influence on students' self-leadership
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) pengaruh lingkungan keluarga terhadap kemampuan self-leadership siswa, (2) pengaruh efikasi diri terhadap kemampuan self-leadership siswa, dan (3) pengaruh lingkungan keluarga terhadap kemampuan self-leadership siswa dengan efikasi diri sebagai mediasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis data PLS-SEM. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 248 siswa SMK Kristen 1 Surakarta 2024. Teknik pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling dengan sampel sebanyak 153 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) terdapat pengaruh signifikan lingkungan keluarga terhadap kemampuan self-leadership siswa (t-statistic 6,815>1,96 dan p-value 0,000<0,050). Hal ini menunjukan bahwa semakin baik lingkungan keluarga maka kemampuan self-leadership siswa juga akan semakin baik. (2) terdapat pengaruh signifikan efikasi diri terhadap kemampuan self-leadership siswa (t-statistic 8,206>1,96 dan p-value 0,000<0,050). (3) Terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan keluarga terhadap efikasi diri yang selanjutnya efikasi diri terhadap kemampuan self-leadership (t-statistic 7,525>1,96 dan p-value 0,000<0,050). Hal ini menunjukan bahwa lingkungan keluarga yang baik akan meningkatkan efikasi diri pada siswa yang kemudian meningkatan kemampuan self-leadership siswa. Dengan demikian, hasil penelitian ini memberikan konfirmasi bahwa lingkungan keluarga yang baik dan efikasi diri yang tinggi berperan penting dalam peningkatan kemampuan self-leadership pada siswa.
Kata kunci : kuantitatif pls sem; lingkungan keluarga; efikasi diri; self-leadership
Abstract: This research aims to determine: (1) the influence of family environment on students' self-leadership abilities, (2) the effect of self-efficacy on students' self-leadership abilities, and (3) the influence of family environment on students' self-leadership abilities with self-efficacy as a mediating variable. This study employs a quantitative approach using Partial Least Squares-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) for data analysis. The population consists of 248 students from SMK Kristen 1 Surakarta in 2024. Sampling was conducted using stratified random sampling, resulting in a sample of 153 students. The findings demonstrate that: (1) family environment has a significant influence on students' self-leadership abilities (t-statistic 6.815 > 1.96 and p-value 0.000 < 0.050). This indicates that a more supportive family environment corresponds to enhanced self-leadership abilities among students. (2) Self-efficacy significantly influences students' self-leadership abilities (t-statistic 8.206 > 1.96 and p-value 0.000 < 0.050). (3) There is a significant influence of family environment on self-efficacy, which subsequently affects self-leadership abilities (t-statistic 7.525 > 1.96 and p-value 0.000 < 0.050). This suggests that a positive family environment enhances students' self-efficacy, which in turn improves their self-leadership abilities. Consequently, this research confirms that a supportive family environment and high self-efficacy play crucial roles in developing students' self-leadership capabilities.
Keywords: quantitative pls-sem; family environment; self-efficacy; self-leadership
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Barus. (2022). Menakar kemampuan self leadership mahasiswa assessing student ’ s self. Jurnal Dinamika Pendidikan, 15(1), 62–74. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i2.229
Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 23 (8th Ed.). Universitas Diponegoro
Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., Sarstedt, M., Danks, N. P., & Ray, S. (2021). Evaluation of formative measurement models bt - partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM) Using R: A Workbook (J. F. Hair Jr., G. T. M. Hult, C. M. Ringle, M. Sarstedt, N. P. Danks, & S. Ray (eds.); pp. 91–113). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-80519-7_5
Hirzi, A. T., & Khairun, D. Y. (2024). Profil self leadership mahasiswa. Guiding World Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(1), 25-31.
Handayani, P. W., Asrowi, & Wijayanti, S. (2016). Consilium implementasi bimbingan self confidence untuk meningkatkan. Consilium: Jurnal Program Studi Bimbingan Dan Konseling, 4(1), 41–47.
Khotimah, A. I. K. (2022). Pengaruh kepemimpinan diri, pemecahan masalah, dan komunikasi efektif terhadap kinerja volunteer Asean Para Games Solo 2022 Disusun. Jurnal Keolahragaan Uny, 19(5), 1-23.
Kim, M. S. (2017). the influence of self-leadership and critical thinking disposition on college adaptation among nursing students. The Journal Of Korean Academic Society Of Nursing Education, 23(2), 184–193. Https://Doi.Org/10.5977/Jkasne.2017.23.2.184
Mirfani, A. M. (2011). Faktor kepemimpinan dalam strategi. Jurnal Fip-Upi, 1-12
Nasution, & Sangkot. (2020). Pendidikan lingkungan keluarga. Tazkiya: Jurnal Tarbiyah Uinsu, 8(1), 115–124.
Nurmaliza, S. K., & Safrul. (2022). Pengaruh kondisi lingkungan keluarga terhadap minat belajar siswa kelas V Sekolah Dasar. Pionir: Jurnal Pendidikan, 11(3), 69–81.
Oliver, P. H., Gottfried, A. W., Guerin, D. W., Gottfried, A. E., Reichard, R. J., & Riggio, R. E. (2011). Adolescent family environmental antecedents to transformational leadership potential: a longitudinal mediational analysis. Leadership Quarterly, 22(3), 535–544. Https://Doi.Org/10.1016/J.Leaqua.2011.04.010
Ruhansih, D. S. (2017). Efektivitas strategi bimbingan teistik untuk pengembangan religiusitas remaja (penelitian kuasi eksperimen terhadap peserta didik kelas X SMA Nugraha Bandung tahun ajaran 2014/2015). Quanta: Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 1(1), 1–10. Https://Doi.Org/10.22460/Q.V1i1p1-10.497
Samsudin. (2019). Pentingnya peran orangtua dalam membentuk kepribadian anak samsudin Institut Agama Islam Sunan Giri ( Insuri ) Ponorogo. Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 1(2), 50–61.
Sari, I. P., & Karneli, Y. (2021). Peran lingkungan keluarga terhadap kepercayaan diri anak dengan model konseling psikologi individual. Schoulid: Indonesian Journal Of School Counseling, 6(3), 239. Https://Doi.Org/10.23916/08859011
Sugiyono, D. (2019). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. In Penerbit Alfabeta.
Sulistyowati, E., & Rahayu, E. (2012). Analisis pengaruh pengembangan kepemimpinan diri kepala puskesmas terhadap kinerja puskesmas analysis influence self leadership development of the head of public health centers on performance of public health centers. Jurnal Administrasi kebijakan Kesehatan. 10(3), 165–168.
Wahyuni, S., & Kholiq, A. (2024). Analisis pengaruh pelatihan dasar kepemimpinan terhadap peningkatan self-efficacy anggota pramuka di MA Darussalam Krempyang Tanjung Anom Nganjuk. Jiem: Journal of Islamic Education Management, 4(2), 9–19.
Yulianti, M. (2021). Peningkatan self leadership dalam merencanakan karir melalui layanan informasi daring model cooperative learning. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(2), 199–206. Https://Doi.Org/10.51169/Ideguru.V6i2.229
Refbacks
- There are currently no refbacks.