Pengaruh kepercayaan diri dan keaktifan berorganisasi terhadap kemampuan public speaking mahasiswa PAP FKIP UNS angkatan 2021 dan 2022
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) ada tidaknya pengaruh kepercayaan diri terhadap kemampuan public speaking, (2) ada tidaknya pengaruh keaktifan berorganisasi terhadap kemampuan public speaking, (3) ada tidaknya pengaruh kepercayaan diri dan keaktifan berorganisasi secara bersama-sama terhadap keamampuan public speaking. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu mahasiswa PAP FKIP UNS angkatan 2021 dan 2022. Sampel penelitian ini menggunakan teknik nonprobability sampling, purposive sampling yaitu mahasiswa yang mengikuti organisasi kemahasiswaan. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kepercayaan diri terhadap kemampuan public speaking (thitung 5,521 > ttabel 1,983) dan nilai signifikansi (0,000 < 0,05); (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara keaktifan berorganisasi dan kemampuan public speaking (thitung 3,108 > ttabel 1,983) dan nilai signifikansi (0,002 < 0,05); (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kepercayaan diri dan keaktifan berorganisasi secara bersama-sama terhadap kemampuan public speaking (Fhitung 61,492 > Ftabel 3,08) .
Kata kunci : keterampilan komunikasi; keyakinan diri; organisasi kemahasiswaan
Abstract: This research aims to determine (1) whether there is an effect of self-confidence on public speaking ability, (2) whether there is an effect of organizational activeness on public speaking ability, (3) whether there is an effect of self-confidence and organizational activeness together on public speaking ability. This research is a quantitative study with the population used in this study, namely PAP FKIP UNS students class of 2021 and 2022. The sample of this study used nonprobability sampling technique, purposive sampling, namely students who participated in student organizations. Data collection was carried out by distributing research questionnaires. The results showed that: (1) there is a positive and significant influence between self-confidence and public speaking ability (tcount 5.521 > ttable 1.983) and significance value (0.000 < 0.05); (2) there is a positive and significant influence between organizational activeness and public speaking ability (tcount 3.108 > ttable 1.983) and significance value (0.002 < 0.05); (3) there is a positive and significant influence between self-confidence and organizational activeness together on public speaking ability (Fcount 61.492 > Ftable 3.08).
Keywords: communication skills; self-confidence; student organization
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggraini, I., Nuraeni, & Ratnasari. (2023). Hubungan keaktifan mahasiswa dalam berorganisasi dengan kemampuan public speaking pada mahasiswa yang aktif di organisasi HMI Subang. OMNICOM, 9(1), 17–31. Retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FIKOM/article/view/1561
Farhan, F. F., Usman, O., & Rachmadania, R. F. (2023). Pengaruh keaktifan organisasi dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa. COMSERVA, 2(09), 1720–1728. https://doi.org/10.36418/comserva.v2i09.574
Bukhori, B. (2017). Kecemasan berbicara di depan umum ditinjau dari kepercayaan diri dan keaktifan dalam organisasi kemahasiswaan. Jurnal Komunikasi Islam, 6(1), 158–186. https://doi.org/https://doi.org/10.15642/jki.2016.6.1.158-186
Hiswanti, & Pranawukir, I. (2023). Pelatihan public speaking pengurus OSIS SMKN 62 Lenteng Agung DKI Jakarta. Jurnal Abdi MOESTOPO, 6(1), 78–91. https://doi.org/https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v6i1.2452
Khoriroh, N., & Muhyadi. (2018). Pengaruh kepercayaan diri dan keterampilan berkomunikasi terhadap kemampuan public speaking mahasiswa program studi pendidikan administrasi perkantoran fakultas ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 7(2), 128–135. Retrieved from https://journal.student.uny.ac.id/adp-s1/article/view/12790/12323
Luh, N., Ning, P., Putri, S., Widyawati, P. A., Putu, N., Lestari, Y., Janeta, K. I., Suhendra, I. P. C., Gusti, N., Nuansih, A., Primakara, S., Tukad, J., No, B., Bebandem, S., & Jungutan, J. R. (2021). Pelatihan public speaking untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa SMAN 1 Bebandem. Jati Emas, 5(3), 27–30.
Marinho, A. C. F., Medeiros, A. M. De, Gama, A. C. C., & Teixeira, L. C. (2017). Fear of public speaking : perception of college students and correlates. Journal of Voice, 31(1), 127.e7-127.e11. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jvoice.2015.12.012
Masruroh, A. A., Faturohman, Y., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2019). Analisis self confidence siswa kelas X HT 3 SMK Sangkuriang 2 daalam pembelajaran matematika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 2(6), 379–384. Retrieved from https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/3394
Meriani, T. N. O., Pamungkas, G., Sipayung, M. F., & Fariha, N. F. (2024). Pengaruh kepercayaan diri terhadap kemampuan public speaking mahasiswa ilmu komunikasi Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial (JKOMDIS), 04(01), 35–40. https://doi.org/https://doi.org/10.47233/jkomdis.v4i1.1424
Rajitha, K., & Alamelu, C. (2020). A Study of factors affecting and causing speaking anxiety. Procedia Computer Science, 172(2019), 1053–1058. https://doi.org/10.1016/j.procs.2020.05.154
Saalino, V., Bannepadang, C., & Lembang, F. B. (2020). Hubungan kepercayaan diri dan keaktifan dalam berorganisasi dengan kemampuan public speaking mahasiswa semester IV Stikes Tana Toraja tahun 2020. LPPM: Jurnal Ilmiah Kesehatan Promotif, 5(1), 41–60. https://doi.org/https://journal.stikestanatoraja.ac.id
Saputro, A. R., Indriayu, M., & Totalia, S. A. (2018). Pengaruh keaktifan berorganisasi dan prestasi belajar terhadap kesiapan kerja mahasiswa program studi pendidikan ekonomi angkatan 2013-2016 Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi, 4(1).
Sholikhah, A. (2018). Pengaruh keaktifan mahasiswa dalam organisasi terhadap prestasi belajar mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi FE UNESA angkatan 2015. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 6(2), 76–80. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jupe.v6n2.p%25p
Siddiqui, K. A., Khan, R. A., & Siddiqui, I. A. (2022). Self-Confidence and speaking skills of the first-year undergraduates: a correlational study at A Public Sector University in Pakistan. Ezikov Svyat, 20(1), 106–110. https://doi.org/https://doi.org/10.37708/ezs.swu.bg.v20i1.14
Sumague, R. P. (2023). Influence of involvement in clubs and organizations on the leadership development of students. World Journal of Advanced Research and Reviews, 17(2), 404–407. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.30574/wjarr
Sutrisno, T., Lestari, L., Septiana, N., & Nursobah, A. (2021). Pelatihan public speaking basic kepada siswa kelas VI MI dan SD di Desa Gedungan Kabupaten Sumenep melalui metode demonstrasi. Jurnal ABDINUS, 5(2), 360–372. https://doi.org/10.29407/ja.v5i2.15552
Yunisha, S., Nurjanah, & Haryati. (2022). Pengaruh kepercayaan diri terhadap kemampuan public speaking dan leadership pada anggota Generasi Baru Indonesia (GenBI) Riau periode 2021. Jurnal Purnama Berazam, 4(1), 55–71. https://doi.org/10.51742/ilkom.v4i1.655
Refbacks
- There are currently no refbacks.