Pengaruh sarana prasarana dan persepsi siswa atas metode mengajar guru terhadap minat belajar teknologi perkantoran
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh (1) sarana prasarana terhadap minat belajar, (2) persepsi siswa tentang metode mengajar guru terhadap minat belajar, dan (3) sarana prasarana dan persepsi siswa tentang metode mengajar guru terhadap minat belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif metode korelasional. Jumlah sampel penelitian sebanyak 85 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner skala likert. Hasilnya menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh secara positif dan siginifikan pada sarana prasarana terhadap minat belajar teknologi perkantoran pada siswa kelas XI MPLB SMK Negeri 1 Surakarta, dibuktikan dengan nilai t_hitung 2,126 > t_tabel 1,993 dengan nilai signifikansi 0,036 < 0,05 (2) terdapat pengaruh secara positif dan signifikan pada persepsi siswa tentang metode mengajar guru terhadap minat belajar mata pelajaran teknologi perkantoran pada siswa kelas XI MPLB SMK Negeri 1 Surakarta, dibuktikan dengan nilai t_hitung 9,491 > t_tabel 1,993 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 (3) terdapat pengaruh secara positif dan signifikan pada sarana prasarana dan persepsi siswa tentang metode mengajar guru secara bersama-sama terhadap minat belajar teknologi perkantoran pada siswa kelas XI MPLB SMK Negeri 1 Surakarta, yang menunjukkan nilai F_hitung 88,636 > F_tabel 3,15 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05.
Kata Kunci : fasilitas belajar; metode ajar guru; minat
Abstract: This study aims to determine the effect of (1) infrastructure facilities on interest in learning, (2) student perceptions of teacher teaching methods on interest in learning, and (3) infrastructure facilities and student perceptions of teacher teaching methods on interest in learning. This research is a quantitative research correlational method. The number of research samples was 85 people. Data collection used a Likert scale questionnaire. The results show that (1) there is a positive and significant influence on infrastructure facilities on interest in learning office technology in class XI MPLB students of SMK Negeri 1 Surakarta, as evidenced by the value of tcount 2.126> ttable 1.993 with a significance value of 0.036 ttable 1.993 with a significance value of 0.000 < 0.05 (3) there is a positive and significant influence on infrastructure facilities and student perceptions of teacher teaching methods together on interest in learning office technology in class XI MPLB students of SMK Negeri 1 Surakarta, which shows the value of Fcount 88.636 > Ftable 3.15 and a significance value of 0.000 < 0.05.
Keywords: learning infrastructure facilities; student perceptions of teaching methods; Interest
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adawiyah, F. (2021). Variasi Metode Mengajar Guru dalam Mengatasi Kejenuhan Siswa di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Paris Langkis, 2(1), 68–82. https://doi.org/10.37304/paris.v2i1.3316
Deswita, A.P., & Dahen, L.D. (2015). Pengaruh persepsi siswa tentang gaya mengajar guru dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar akuntansi pada program keahlian akuntansi siswa kelas X Di SMKN 1 Sawahlunto. Economica, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.22202/economica.2013.v2.i1.211
Dewi, S.L., & Lestari, T. (2021). Pengaruh metode mengajar terhadap minat belajar siswa sekolah dasar pada pelajaran matematika. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(4), 755–764. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.755-764
Efendy, M., & Rini, A.P. (2021). Hubungan antara persepsi siswa tentang kreativitas guru dalam mengajar dengan minat belajar siswa. Psikologi Konseling, 18(1), 850. https://doi.org/10.24114/konseling.v18i1.27828
Feriady, M., & Sunarto, H.S. (2012). Pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan fasilitas belajar siswa terhadap minat belajar IPS Kelas VIII SMPN 3 Purbalingga. Economic Education Analysis Journal, 1(2), 1–7.
Fitri, D.Z. (2020). Pengertian administrasi sarana dan prasarana, proses administrasi sarana dan prasarana dan peran guru dalam administrasi sarana dan prasarana. INA-Rvix, 1, 1–5. https://doi.org/10.31219/osf.io/5qjn8
Hanaysha, J.R., Shriedeh, F.B., & In’airat, M. (2023). Impact of classroom environment, teacher competency, information and communication technology resources, and university facilities on student engagement and academic performance. International Journal of Information Management Data Insights, 3(2). https://doi.org/10.1016/j.jjimei.2023.100188
Hudaya, A. (2018). Pengaruh gadget terhadap sikap disiplin dan minat belajar peserta didik. Research and Development Journal of Education, 4(2), 86–97. https://doi.org/10.30998/rdje.v4i2.3380
Ismi, A., & Syamwil, S. (2021). Pengaruh kemampuan akuntansi dasar, motivasi belajar, dan persepsi siswa tentang metode mengajar guru terhadap hasil belajar praktikum akuntansi dagang. Jurnal Ecogen, 4(1), 42–50. https://doi.org/10.24036/jmpe.v4i1.10985
Kartika, S., Husni, H., & Millah, S. (2019). Pengaruh kualitas sarana dan prasarana terhadap minat belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan agama islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 113. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.360
Larasati. (2019). Administrasi sarana prasarana dan pengelolaanya. INA-Rxiv, 1, 1–5. https://doi.org/10.31227/osf.io/ebmzs
Majid, A. (2008). Perencanaan Pembelajaran, Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Rosda Karya.
Pahlevi, T. (2021). Pengaruh penggunaan media pembelajaran online terhadap hasil belajar melalui minat belajar siswa pada kelas X OTKP di SMKN 1 Lamongan. Edukasi, 8(2), 25–31. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/26902/10210
Pratiwi, R.D.E., & Herwati, K. (2020). Dampak persepsi peserta didik tentang keterampilan mengajar guru dan fasilitas belajar terhadap minat belajar peserta didik. Intellectum, 1(2), 50–53. https://doi.org/10.37010/int.v1i2.99
Rudin, A., Kusrina, T., & Fr, D.A. (2024). Pengaruh sarana prasarana dan prasarana terhadap minat belajar siswa di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Suradadi Kabupaten Tegal. 5(1), 1925–1930.
Sandiar, L., Narsih D., & Rosita W. (2019). Peran fasilitas belajar terhadap minat belajar serta pengaruhnya pada siswa SMA. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(2), 161-179.
Sufriadi, S. (2022). Peningkatan minat dan hasil belajar teknologi perkantoran melalui penerapan metode pembelajaran student facilitator and explaining (SFAE). Jurnal Guru Dikmen Dan Diksus, 5(1), 74–86. https://doi.org/10.47239/jgdd.v5i1.367
Refbacks
- There are currently no refbacks.