Pengaruh micro teaching dan pengenalan lapangan persekolahan terhadap kesiapan menjadi guru pada mahasiswa FKIP UNS
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh mata kuliah Micro Teaching dan Pengenalan Lapangan Persekolahan terhadap kesiapan mahasiswa menjadi guru secara parsial dan simultan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian sebanyak 318 responden dari populasi 1.554 mahasiswa FKIP UNS Angkatan 2020 yang telah melaksanakan PLP pada Tahun 2023. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara mata kuliah Micro Teaching terhadap kesiapan mahasiswa menjadi guru yang dibuktikan dari nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai t-hitung 11,010 > t-tabel 1,967; 2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Pelaksanaan Pengenalan Lapangan Persekolahan terhadap kesiapan mahasiswa menjadi guru yang dibuktikan dari nilai signifikansi sebesar 0,021 < 0,05 dan nilai t-hitung 2,320 > t-tabel 1,967; dan 3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara mata kuliah Micro Teaching dan pelaksanaan Pengenalan Lapangan Persekolahan terhadap kesiapan mahasiswa menjadi guru yang dibuktikan dari nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai F-hitung 123,651 > F-tabel 3,871, serta koefisien determinasi sebesar 44%.
Kata kunci : kesiapan menjadi guru; kuantitatif; pengalaman mengajar
Abstract: The aim of this research is to determine the influence of Micro Teaching and Introduction to Schooling courses on students' readiness to become teachers partially and simulatively. This study uses a quantitative descriptive method. The results of this research showed that, 1) there is a positive and significant influence between Micro Teaching courses on readiness to become teachers as evidenced by the significance value of 0.000 < 0.05 and the t-count value of 11.010, > t-table 1.967; 2) there is a positive and significant influence between the Implementation of Introduction to School Field on readiness to become teachers as evidenced by a significance value of 0.021 < 0.05 and a t-count value of 2.320 > t-table 1.967; and 3) there is a positive and significant influence between the Micro Teaching course and the implementation of School Field Introduction on readiness to become teachers as evidenced by a significance value of 0.000 < 0.05 and an F-count value 123.651 > F-table 3.871, as well as a determination coefficient 44%.
Keywords : quantitative; readiness to become a teacher; teaching experience
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aayn, S. L., & Listiadi, A. (2022). Pengaruh Pengaruh Pengenalan Lapangan Persekolahan, Persepsi Profesi Guru dan Efikasi Diri Terhadap Kesiapan Menjadi Guru (Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi UNESA). Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 5(1), 132–140. https://doi.org/10.30605/jsgp.5.1.2022.1738
Abubakar, R. (2021). Pengantar Metodologi Penelitian. SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga.
Alifah, C., & Hastuti, M. A. S. W. (2023). Pengaruh minat menjadi guru dan program pengenalan lapangan persekolahan (PLP) terhadap kesiapan menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung Tahun Akademik 2022/2023. Jurnal Economina, 2(8), 2147–2163. https://doi.org/10.55681/economina.v2i8.725
Cahayani, N. L. P. (2021). Pengaruh mata kuliah micro teaching dan kegiatan pengenalan lingkungan persekolahan (PLP) terhadap kesiapan mengajar mahasiswa calon guru pada FKIP Universitas Mahadewa Indonesia tahun 2020. Widyadari, 22(2), 677–684. https://doi.org/10.5281/zenodo.5576032
Dewi, I. N., & Sumarjan. (2021). Profile of basic student teaching skills through online learning models using peer assessment on microteaching lectures. Science Education Journal, 5(1), 19–27. https://doi.org/10.21070/sej.v5i1.1341
Hadinata, A. (2023). Pengaruh Micro Teaching Dan Pengenalan Lapangan Persekolahan Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2018-2019 FKIP Universitas Jambi. Widyadari, 99.
Irawati, Hasan, M., Ahmad, M. I. S., & Inanna. (2022). Pengaruh minat menjadi guru dan praktik pengalaman lapangan terhadap kesiapan mengajar calon guru pendidikan ekonomi. Jurnal Eduscience, 9(3), 635–649. https://doi.org/10.36987/jes.v9i3.3311
Jannah, A. M., Sari, A. P., Fauziah, A. R., Ginting, D., Dahlia, N. R. (2023). Studi literatur: Peranan microteaching terhadap kesiapan mengajar pada mahasiswa keguruan. Jurnal Unimed, 9(2), 156-164. https://doi.org/10.24114/paedagogi.v9i2.44581
Kumala, L. N., & Patrikha, F. D. (2024). Pengaruh Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) melalui efikasi diri terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Universitas Negeri Surabaya Program Studi Pendidikan Tata Niaga. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. 10(6), 533–549. https://doi.org/10.5281/zenodo.10644060
Kurniawati, F. N. A. (2022). Meninjau permasalahan rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia dan solusi. Academy of Education Journal, 13(1), 1–13. https://doi.org/10.47200/aoej.v13i1.765
Pranatawijaya, V. H., Widiatry, Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan skala likert dan skala dikotomi pada kuesioner online. Jurnal Sains Dan Informatika, 5(2), 128–137. https://doi.org/10.34128/jsi.v5i2.185
Rakhman, I. T., Suherman, A., Berman, E. T., & Wiyono, A. (2020). Pengaruh Pembelajaran Micro Teaching terhadap Kesiapan Mahasiswa Melaksanakan Program Pengalaman Lapangan (PPL). Journal of Mechanical Engineering Education, 7(2), 201–206.
Sukirman, D. (2012). Micro Teaching. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.
Sukmawati, R. (2019). Analisis kesiapan mahasiswa menjadi calon guru profesional berdasarkan standar kompetensi pendidik. Jurnal Analisa, 5(1), 95–102. https://doi.org/10.15575/ja.v5i1.4789
Umaroh, L. N., & Bahtiar, M. D. (2022). Pengaruh pengenalan lapangan persekolahan (PLP), penguasaan teknologi informasi, dan penguasaan materi akuntansi terhadap kesiapan mahasiswa menjadi guru akuntansi di era revolusi industri 4.0. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 10(1), 17–30. https://doi.org/10.26740/jpak.v10n1.p17-30
Refbacks
- There are currently no refbacks.