Pengaruh disiplin kerja dan budaya kerja terhadap kualitas pelayanan di BKPSDM Kota Surakarta

Dian Maharani, Tutik Susilowati

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui ada tidaknya pengaruh variabel disiplin kerja terhadap kualitas pelayanan di BKPSDM Kota Surakarta, (2) mengetahui ada tidaknya pengaruh variabel budaya kerja terhadap kualitas pelayanan di BKPSDM Kota Surakarta, (3) mengetahui ada tidaknya pengaruh variabel disiplin kerja dan budaya kerja secara bersama-sama terhadap kualitas pelayanan di BKPSDM Kota Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pelanggan BKPSDM Kota Surakarta. Adapun sampel pada penelitian ini sebanyak 69 pelanggan yang diperoleh dari perhitungan menggunakan rumus Slovin. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel disiplin kerja terhadap kualitas pelayanan di BKPSDM Kota Surakarta (thitung 3,484 > ttabel 1,998) dan nilai signifikansi (0,001 < 0,05); (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel budaya kerja terhadap kualitas pelayanan di BKPSDM Kota Surakarta (thitung 4,804 > ttabel 1,998) dan nilai signifikansi (0,000 < 0,05); (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel disiplin kerja dan budaya kerja secara bersama-sama terhadap kualitas pelayanan di BKPSDM Kota Surakarta (Fhitung 38,741 > Ftabel 3,13).


Kata Kunci: etos kerja; komitmen kerja; mutu pelayanan


Abstract: This research aims to (1) determine whether there is an influence of work discipline variables on service quality at BKPSDM Surakarta City, (2) determine whether there is an influence of work culture variables on service quality at BKPSDM Surakarta City, (3) determine whether or not there is an influence of work discipline variables and work culture together on service quality at BKPSDM Surakarta City. This research is quantitative research with the population used in this research namely BKPSDM Surakarta City customers. The sample in this study was 69 customers obtained from calculations using the Slovin formula. Data collection was carried out by distributing research questionnaires. The research results show that: (1) there is a positive and significant influence between work discipline variables on service quality in BKPSDM Surakarta City (tcount 3.484 > ttable 1.998) and significance value (0.001 < 0.05); (2) there is a positive and significant influence between work culture variables on service quality at BKPSDM Surakarta City (tcount 4.804 > ttable 1.998) and significance value (0.000 < 0.05); (3) there is a positive and significant influence between work discipline and work culture variables together on service quality in BKPSDM Surakarta City.


Keywords: work discipline; work culture; service quality

Keywords

etos kerja; komitmen kerja; mutu pelayanan; work discipline; work culture; service quality

Full Text:

PDF

References

Abdussamad, J. (2019). Kualitas pelayanan publik di kantor dinas kependudukan dan catatan sipil kabupaten gorontalo. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 6(2), 73–82. https://doi.org/10.37606/publik.v6i2.6

Dermawan, G. S., Ardianto, Y., & Ichwani, T. (2023). Pengaruh disiplin kerja dan motivasi kerja terhadap produktivitas kerja karyawan divisi produksi plant 6/11 PT. Indocement Tunggal Prakasa tbk. Ecobestha, 2, 101–112. https://conference.univpancasila.ac.id/index.php/ecobestha/article/view/69

Kartono, M., Ali, A. K., & Kamis, Y. (2023). Pengaruh disiplin kerja dan kualitas kerja terhadap kualitas pelayanan administrasi di kantor Kelurahan Afa-Afa Kecamatan Tidore Utara Kota Tidore Kepulauan. Journal of Educational and Language Research, 2(8), 1089–1098. https://doi.org/10.53625/joel.v2i8.5315

Kasinem, K. (2020). Pengaruh kepercayaan dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Hotel Bukit Serelo Lahat. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 17(4), 329–339. https://doi.org/10.31851/jmwe.v17i4.5096

Kasmir. (2017). Customer service excellent teori dan praktik. Raja Grafindo Persada.

Kurnia, N., & Gunawan, G. (2023). Pengaruh budaya kerja dan pembagian kerja terhadap kualitas pelayanan di Kecamatan Sumur Kabupaten Pandeglang. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(3), 514–528. https://doi.org/10.58344/jmi.v2i3.191

Kurniasari, R. R. A., & Oktarina, N. (2020). Pengaruh fasilitas kantor, disiplin kerja, dan kompetensi pegawai terhadap kualitas pelayanan. Business and Accounting Education Journal, 1(3), 280–289. https://doi.org/10.15294/baej.v1i3.46524

Nurinayah, I., Sataruddin, & Handayani, T. (2023). Pengaruh disiplin, motivasi kerja dan budaya kerja terhadap kualitas pelayanan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Mataram. Jurnal Oportunitas Ekonomi Pembangunan, 2(1), 13–22. https://doi.org/10.29303/oportunitas.v2i1.476

Nurjannah, L., & Syamsir. (2022). Pengaruh integritas dan disiplin kerja pegawai terhadap kualitas pelayanan publik di Dinas Dukcapil Kabupaten Lima Puluh Kota. Jurnal Administrasi Politik Dan Sosial, 3(1), 63–73. https://doi.org/10.46730/japs.v3i1.49

Pranitasari, D., & Khotimah, K. (2021). Analisis disiplin kerja karyawan pada PT. Bont Technologies Nusantara. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 18(1), 22–38. https://doi.org/10.36406/jam.v18i01.375

Puji Lestari, F. A. (2018). Faktor–faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Sosio E-Kons, 10(2), 179–187. https://doi.org/10.30998/sosioekons.v10i2.2718

Rosidin, & Miyono, N. (2017). Pengaruh budaya kerja terhadap kualitas pelayanan pernikahan di Kabupaten Banyumas. Jurnal Bimas Islam, 10(4), 785–814. https://doi.org/https://doi.org/10.37302/jbi.v10i4.44

Ruffiah, R., & Muhsin, M. (2019). Pengaruh komunikasi interpersonal, pemanfaatan teknologi informasi, budaya organisasi, dan gaya kepemimpinan transformasional terhadap kualitas pelayanan. Economic Education Analysis Journal, 7(3), 1163–1177. https://doi.org/10.15294/eeaj.v7i3.28347

Situnite, F. Y., Yusuf, M., & Aprianto, R. (2023). The influence of organizational culture, motivation and work discipline on service quality ak1 (jobseeker) at the manpower and transmigration office of Musi Rawas Regency. Proceedings International Conference on Business, Economics & Management, 1, 866–880. https://doi.org/10.47747/icbem.v1i1.1283

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan r & d. Alfabeta.

Zebua, Y. (2020). Pengaruh budaya kerja dan promosi jabatan dalam meningkatkan kinerja karyawan pada PT. Perkebunan Nusantara III Labuhan Haji Labuhanbatu Utara. Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 7(2), 109–124. https://doi.org/10.36987/ecobi.v7i2.1758

Refbacks

  • There are currently no refbacks.