Pengaruh kelompok teman sebaya dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan

Krisnamukti Putra, Cicilia Indrawati, Patni Ninghardjanti

Abstract

Abstrak: Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui apakah ada: 1) pengaruh kelompok teman sebaya terhadap hasil belajar mata pelajaran Kewirausahaan siswa kelas XII Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK Negeri 1 Sragen Tahun Ajaran 2021/2022; 2) pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran Kewirausahaan siswa kelas XII Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK Negeri 1 Sragen Tahun Ajaran 2021/2022; 3) pengaruh kelompok teman sebaya dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar mata pelajaran Kewirausahaan siswa kelas XII Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK Negeri 1 Sragen Tahun Ajaran 2021/2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) ada pengaruh positif yang signifikan kelompok teman sebaya terhadap hasil belajar kewirausahaan dibuktikan dengan thitung>ttabel (5,680 > 1,99006) dan signifikansi (0,000 < 0,05); 2) ada pengaruh positif yang signifikan kemandirian belajar terhadap hasil belajar kewirausahaan dibuktikan dengan thitung>ttabel (9,413 > 1,99006) dan signifikansi (0,000 < 0,05); 3) ada pengaruh positif yang signifikan kelompok teman sebaya dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar kewirausahaan dibuktikan dengan Fhitung>Ftabel (228,879 > 3,11) dan signifikansi (0,000 < 0,05). Hasil penelitian ini menunjukkan sumbangan efektif secara bersama-sama sebesar 85,2% dan sisanya sebesar 14,8% dipengaruhi variabel lain.


Kata kunci: kumpulan sebaya; otodidak; wiraswasta


Abstract: The research aims to know: 1) the influence of peer group’s on entrepreneurial learning outcomes student students of class XII Automation and Office Administartion at SMK Negeri 1 Sragen in the academic year 2021/2022; 2) the influence of independence of student learning on entrepreneurial learning outcomes student of class XII Automation and Office Administration at SMK Negeri 1 Sragen in the academic year 2021/2022; 3) the influence of peer group’s and independence of student learning on entrepreneurial learning outcomes students of class XII Automation and Office Administration at SMK Negeri 1 Sragen in the academic year 2021/2022. This research used quantitative research with a correlational research design. The result of research showed that 1) there was a significant positive effect of peer group’s on learning achievement on entrepreneurship proved tcount>ttable (5,680 > 1,99006); 2) there was a significant positive effect of self-motivated learning on learning achievement on entrepreneurship proved tcount>ttable (9,413 > 1,99006); 3) there was a significant positive effect of peer group’s and self-motivated learning on learning achievement on entrepreneurship proved Fcount>Ftable (228,879 > 3,11). This result of research showed the amount of effective contribution toghether equal to 85,2% and the rest still 14,8% which effected by other variables.


Keywords : entrepreneurship outcomes; independence of student learning; peer group’s

Keywords

kumpulan sebaya; otodidak; wiraswasta; entrepreneurship outcomes; independence of student learning; peer group’s

Full Text:

PDF

References

Arifayani, Y. (2015). Pengaruh Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar, Lingkungan Teman Sebaya dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X SMK YPKK 1 Sleman Tahun Pelajaran 2014/2015. Universitas Negeri Yogyakarta.

D.E. & Feldman, R. D. (2014). Menyelami Perkembangan Manusia. Salemba Humanika.

Mudjiman, H. (2011). Belajar Mandiri. UNS Press.

Mutiah, S. A. M. (2019). Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII-1 SMP Negeri 5 Seruway Aceh Tamiang Tahun Pelajaran 2018/2019. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Rachmayani, D. (2014). Penerapan Pembelajaran Reciprocal Teaching untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar matematika siswa. JUDIKA (Jurnal Pendidikan Unsika), 2(1), 13-23. https://doi.org/10.35706/judika.v2i1.118.

Romadhona, M. (2015). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Produktif Siswa Kelas XI Pada Paket Keahlian Administrasi Perkantoran Di SMK Sangkuriang 1 Cimahi. (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia) Bandung, Indonesia. Retrieved from https://repository.upi.edu/handle/123456789/10123.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor – Faktor yang Mempengaruhi. Rineka Cipta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.