PEMBAGIAN KERJA PEGAWAI PADA BAGIAN PENGOLAHAN DATA DAN INFORMASI DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA SURAKARTA

Dena Citra Dewanti, Wiedy Murtini, Tri Murwaningsih

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data penelitian diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumen dengan purposive snowball sampling. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas data diperoleh dengan 4 cara yaitu credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Teknik analisis data menggunakan analisis data model interaktif. Prosedur penelitian menggunakan 4 tahap yaitu: tahap persiapan, tahap pelaksanaan, analisis, dan penulisan laporan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pelaksanaan pembagian kerja pegawai pada Bagian Pengolahan Data dan Informasi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surakarta sebagai berikut: a) analisis jabatan yang meliputi deskripsi jabatan dan spesifikasi jabatan, b) keputusan pembagian kerja, c) pelaksanaan tugas oleh karyawan, d) pengawasan pelaksanaan pembagian kerja, dan e) penilaian kinerja karyawan 2) hambatan yang terjadi dalam pelaksanaan pembagian kerja pegawai pada Bagian Pengolahan Data dan Informasi diantaranya: a) double job, dan b) ketidaksesuaian posisi kerja 3) upaya yang ditempuh dalam mengatasi hambatan dalam pelaksanaan pembagian kerja pegawai pada Bagian Pengolahan Data dan Informasi  antara lain: a) job sharing dan b) karyawan belajar otodidak.

Full Text:

PDF

References

Azizah, N. (2017). Pengaruh deskripsi jabatan dan spesifikasi jabatan terhadap kinerja pegawai pada bank BJB Cabang Tamansari Bandung. Universitas Pasundan Bandung Tahun 2017, Hlm. 41.

Fadilah, A. N., Hakim, A., & Siswidiyanto. (n.d.). Pengaruh penempatan pegawai terhadap kinerja. Jurnal Administrasi Publik, 1(5), 847-852.

Fatimah, C. Y. (2019). Pengaruh Deskripsi Pekerjaan dan Spesifikasi Jabatan Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Tanaman Pangan Dan Hotikultura Provinsi Sumatera Utara.

Universitas Negeri Yogyakarta, Hlm. 22

Ketut, I. B. (2014). Pengaruh rangkap kerja terhadap kinerja karyawan di Vila Shanti Hotel. Universitas Udayana Denpasar Tahun 2014, Hlm. 16.

Murti, E. (2015). Pengaruh pembagian kerja terhadap



efektifitas organisasi public di desa karangrejo kecamatan Kendal kabupaten ngawai. Jurnal Sosial. 16(1), 76-92.

Nurarif & Kusuma, (2016). Terapi komplementer akupresure. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Rani, I. H., & Mayasari. M. (2015). Pengaruh penilaian kinerja terhadap kinerja karyawan dengan motivasi sebagai variable moderasi. Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis. 3(2), 164-170.

Ritonga, D. I. (2011). Otodidak (Belajar Sendiri) Sebagai Metode (Cara) Eksplorasi Kebanyakan Musisi Populer (Hiburan) Dalam Bermain Musik. Medan: Universitas Medan.

Rotinsulu, J., & Hartono, W. (2015). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Komunikasi Dan Pembagian Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Prima Inti Citra Rasa

.


Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(2), 908-916.

Simamora, D. H. (2018). Analisis Pembagian Kerja dan Wewenang Karyawan Dalam Meningkatkan Prestasi Kerja Pada PT. Nusantara Sakti.

Universitas Sumatera Utara. Hlm. 67

Tanumiharjo, S., Hakim, A., & Noor, I. (2013) Pengaruh analisis jabatan terhadap kinerja pegawai (studi pada sekretariat daerah

pemerintah Kabupaten Malang). Jurnal Administrasi Publik. 1(6),

1120-1121.

Tasmin., Tunjanan, S., & Siswandoyo, B. (2019). Pelaksanaan fungsi

manajemen dalam pelaksanaan pegawai pada Kantor Kelurahan Girimulyo Distrik Nabire Kabupaten Nabire. Pelita. 1(1), 83-84.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.