Analisis Penerapan Disiplin Kerja Pegawai Pada Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Surakarta

Aisyah Werdiningrum, Wiedy Murtini, Tri Murwaningsih

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, yang bertujuan untuk mengetahui: 1) penerapan disiplin kerja pegawai di Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Surakarta, 2) hambatan penerapan disiplin kerja pegawai di Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Surakarta, dan 3) upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan penerapan disiplin kerja pegawai di Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Surakarta. Data penelitian diperoleh dari informan, peristiwa, serta dokumen dengan teknik purposive dan snowball sampling. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan analisis dokumen. Validasi data diperoleh dengan 4 cara yaitu credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Teknik analisis data menggunakan analisis data model interaktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan disiplin kerja pegawai di Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Surakarta meliputi: a) ketaatan pegawai pada saat masuk kerja dan mentaati ketentuan jam kerja, b) ketaatan pegawai dalam penggunaan pakaian dinas, c) ketaatan pegawai dalam pelaksanaan tugas kedinasan dengan pengabdian, kesadaran dan tanggung jawab, dan d) ketaatan pegawai dalam penggunaan fasilitas kantor. 2) Penerapan disiplin kerja pegawai di Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Surakarta memiliki hambatan diantaranya: a) rendahnya kesadaran pegawai dalam pembentukan karakter yang disiplin, b) kurang tegasnya pimpinan dalam menyikapi pelanggaran maupun pemberian hukum, c) kurangnya pegawai didalam memahami dan menjalankan peraturan pemerintah Nomor 53 tahun 2010 tentang disiplin kerja pegawai negeri sipil, dan upaya yang dilakukan Dinas Tenaga Kerja dan perindustrian Kota Surakarta dalam menghadapi hambatan tersebut antara lain: a) pembinaan dan pengarahan, b) pimpinan harus bersikap lebih tegas dalam menindak pelanggar disiplin kerja, dan c) evaluasi berkala.

Keywords

penerapan, disiplin kerja, ketaatan, dinas tenaga kerja dan perindustrian kota surakarta

Full Text:

PDF

References

Achmad, R. (2013). Variabel-Variabel Yang Mempengaruhi Displin Kerja Pegawai Pada Dinas Sosial Provinsi Kalimantan. Kalimantan Timur: Universitas Mulawarman. Arifudin, Z. (2017). Pengaruh Kepemimpinan dan Displin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada BPR Banak Daerah Kabupaten Kediri. Jurnal Simki Economic, 01-04. Ariseno, D. (2017). Penerapan Disiplin Kerja Pegawai Di Sekretariat Daerah Kabupaten Karanganyar. Surakarta: Universitas Sebelas Maret. Idrus, R. (2018). Analisis Disiplin Kerja Pegawai di Lingkungan Kelurahan Danaweria Distrik FakFak Tengah. Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Asy-Syafi'iyah FakFak, 463-479. Marta Curtu-Grau, &, & Galina Zudenkova. (2018). Party displince and goverment spending: Theory and evidence. Journal of Public Economics, 139-152. Nurbiyati, T. (2015). Evaluasi Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jurnal Kajian Bisnis, Vol. 23, No.1. Rahayu, A. P. (2012). Dampak Pembinaan Terhadap Disiplin Kerja Pegawai Negeri Sipil Kota Surakarta. Surakarta: Universitas Sebelas Maret. Sari, A. K., Hayu D, I., & Herbasuki, N. (2014). Analisis Displin Kerja Pegawai Negeri Sipil di Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Ilmu Sosial dan Politik. Universitas Diponegoro, Volume 3. Nomor 2. Setiadi, D. (2016). Disiplin Kerja Pegawai Negeri Sipil di Kantor Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kota Cilegon. Serang: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Supriyanto, S., Fiani , S., Puspita, D., Murhadi, T., Salimi, F., Lismaita, L., et al. (2019). Analisis Kualitas Kerja dan Displin Pegawai di Kelurahan Tanjung Buntung. In Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS), Volume 1, No. 1. Trinanda, A. (2020). Pelaksanaan Disiplin Kerja Pegawai Di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pekanbaru. JOM FISIP, Volume 7. Uloli, A. S., Akbar, M., & & Kadir. (2019). The Influence of Organizational Culture, and Work Motivation on Work Discipline Employees in Secretariat General of the National Resillience Council. Journal Of International Conference Proceedings, 1-4.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.