PENGARUH PRAKTIK KERJA INDUSTRI DAN MOTIVASI MEMASUKI DUNIA KERJA TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA

Siti - Fatimah, Tri Murwaningsih, Susantiningrum Susantiningrum

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII jurusan otomatisasi dan tata kelola perkantoran SMK Tamansiswa Sukoharjo Angkatan 2020/2021; (2) pengaruh motivasi memasuki dunia kerja terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII jurusan otomatisasi dan tata kelola perkantoran SMK Tamansiswa Sukoharjo Angkatan 2020/2021; dan (3) pengaruh praktik kerja industri dan motivasi memasuki dunia kerja secara bersama-sama terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII jurusan otomatisasi dan tata kelola perkantoran SMK Tamansiswa Sukoharjo Angkatan 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan menggunakan data primer berupa nilai praktik kerja industri siswa dan angket untuk memperoleh data motivasi memasuki dunia kerja siswa dan kesiapan kerja siswa. Sampel pada penelitian ini menggunakan metode sampel jenuh dimana digunakan keseluruhan siswa kelas XII jurusan otomatisasi dan tata kelola perkantoran SMK Tamansiswa Sukoharjo Angkatan 2020/2021 yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan mengambil data sekunder berupa nilai prakerin siswa dan data primer menggunakan angket dengan skala likert yang diwujudkan melalui google form guna mempermudah pengumpulan data. Analisis data menggunakan Uji t untuk menguji secara parsial masing-masing variabel. Digunakan analisis regresi dengan SPSS 22.0 dengan melihat tabel t pada nilai regression linier dengan taraf signifikasi 0,05. Selanjutnya juga digunakan Uji F atau Uji ANOVA untuk menetahui pengaruh dua variabel independen secara bersama-sama terhadap variabel dependen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa praktik kerja industri tidak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja siswa (thitung= -1,308 < ttabel= 2,039) dengan nilai Sumbangan Efektif (SE) sebesar 3,34%. Motivasi memasuki dunia kerja berpengaruh secara pesitif dan signifikan terhadap kesiapan kerja siswa (thitung= 5,793 > ttabel= 2,039) dengan Sumbangan Efektif (SE) sebesar 50,76%. Sehingga diperoleh total Sumbangan Efektif dari kedua variabel independen adalah 54,1%. Praktik kerja industri dan motivasi memasuki dunia kerja secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja siswa (Fhitung= 18,256 > Ftabel= 3,30) kelas XII jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK Tamansiswa Sukoharjo Angkatan 2020/2021.

Keywords

praktik kerja industri, motivasi memasuki dunia kerja, kesiapan kerja

Full Text:

PDF

References

Kevin Anthony. (2019, 10 Januari). Disebut Pemerintah Rendah, Pengangguran RI Tertinggi di ASEAN. Jakarta. CNBC Indonesia. Diperoleh pada 6 Februari 2019 dari http://www.cnbcindonesia.com.

Berita Resmi Statistik, Badan Pusat Statistik. (2019, 2 Januari). Agustus 2018: Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) sebesar 5,34 persen. Diperoleh pada 16 Desember 2019 dari http://www.bps.go.id.

Andreas Domianus. (2018). Mengapa Pengangguran Terbanyak Justru Lulusan SMK?. Tirto.id- Ekonomi. Diperoleh pada 5 Januari 2019 dari http://tirto.id.

Ratno. (2014). Pengaruh Prestasi Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XII pada Jurusan Akutansi di SMK Negeri II Bandung Tahun Ajaran 2011/2012. Diperoleh pada 6 Januari 2019 dari a-research.upi.edu/operator/upload/s_pea_0808400_chapter2(1).pdf.

Jefriando, M. (2016). Pengangguran Terbesar RI Adalah Lulusan SMK. Detik Finance. Diperoleh pada 31 Januari 2019 dari http://finance.detik.com/ ekonomi-bisnis/3203625/pengangguran-terbesar-ri-adalah-lulusan-smk.

Juliyanti, L. (2013). Peran Dudi dalam Implementasi Pendidikan Sistem Ganda di SMK. Diperoleh pada 31 Januari 2019 dari repository.uksw.edu /bitstream/.../4152/.../T2_942009047_BAB%20II.pd.

Muliati, A.M. (2007). Evaluasi Program Pendidikan Sistem Ganda Suatu Penelitian Evaluatif Berdasarkan Stake’s Countenance Model Mengenai Program Pendidikan Sistem Ganda pada Sebuah SMK di Sulawesi Selatan. Diperoleh pada 8 Februari 2019 dari http://www.damandiri.or.id/ file/muliatyunibab.pdf.

Mulyasa, E. (2015). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muslich, M. (2011). Authentic Assessment: Penilaian Berbasis Kelas dan Kompetensi. Bandung: Refika Aditama.

Nurharjadmo, W. (2008). Evaluasi Implementasi Kebijakan Pendidikan Sistem Ganda di Sekolah Kejuruan. Jurnal Spirit Publik Vol 4 No 2 Hal 215-228 ISSN. 1907-0489 Oktober 2008.

Posuma, C. O. (2013). Kompetensi, Kompensasi, dan Kepemimpinn Pengaruhnya Terhadap Kinerja Karyawan Pada Rumah Sakit Ratumbuysang Manado. Jurnal EMBA Vol. 1 No. 4 Desember 2013 ISSN 2303-1172. Diperoleh pada 8 Februari 2017 dari ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/ article/viewFile/2748/2301.

Rivai, V. & Sagala, E.J. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, W. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada.

Sitorus, R. A. (2016). Tantangan dan Harapan Pendidikan Kejuruan di Indonesia dalam Mewujudkan Sekolah Menengah Kejuruan yang Memiliki Daya Saing Ketenagakerjaan. Hlm 2-4, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.

Slamet, M. (2007). Pelaksanaan PSG di 3 Sekolah Model Terstandar dengan Analisis Kualitatif. Jakarta. Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan. UI Press.

Strauss, A. & Corbin, J. (2013). Dasar-dasar Penelitian Kualitatif: Tatalangkah dan Teknik-teknik Teoritisasi Data. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sudjana, N. (2013). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, A. (2006). Metodelogi penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara.

Supriadi, O. (2013). Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: Kurnia Kalam Semesta.

Sutopo, H.B. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif: Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Trianingsih, Prihantini & Ekohariadi. (2013). Pengaruh Pendidikan Sistem Ganda Terhadap hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat Teknik Audio Video Siswa Kelas XI di SMK Negeri 5 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro 2 (2), 819-827. Diperoleh pada 29 Oktober 2019, dari ejournal.unesa.ac.id/article/6645/44/article.pdf.

UU Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Diperoleh pada 15 Desember 2018, dari sindikker.dikti.go.id/dok/UU/UU20-2003-Sisdiknas.pdf.

Windriyas, W.N. (2014). Analisis Pencapaian Kompetensi Peserta Didik SMK Kelas X Diklat Keahlian Bisnis dan Manajemen dalam Pengembangan Kurikulum 2013 di SMK Widya Praja Ungaran. Economis Education Analysis Journal. Vol 3 No 3 ISSN 2252-6544. Diperoleh pada 9 Januari 2020, dari http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj.

Khusnul Chotimah, (2019). Pengaruh Praktek Kerja Lapangan, Motivasi Memasuki Dunia Kerja, dan Efikasi Diri Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah Bobotsari Tahun Ajaran 2018/2019. Diperoleh pada 19 Januari 2021,dari https://lib.unnes.ac.id/36682/.

Berita Resmi Statistik, Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah. (Februari, 2020). Diperoleh pada 19 Januari 2021, pada https://jateng.bps.go.id/ indicator/6/64/1/tingkat-pengangguran-terbuka-tpt-.html.

Paturahman M, dkk. Evaluasi Pelaksanaan Program Praktik Kerja Industri Kompetensi Keahlian Akuntansi Keuangan pada SMK 16 PGRI Jakarta. Diperoleh pada 15 Februari 2021, pada https://journal.lppmunindra.ac.id/ index.php/Faktor/article/view/4255.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.