PENGARUH LINGKUNGAN SOSIAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP DISIPLIN BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN

Apriliani Ayudya, Wiedy Murtini, Susantiningrum Susantiningrum

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Kuantitatif, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh lingkungan sosial terhadap disiplin belajar mahasiswa PAP (2) pengaruh motivasi belajar terhadap disiplin belajar mahasiswa PAP (3) pengaruh lingkungan sosial dan motivasi belajar bersama-sama terhadap disiplin belajar mahasiswa PAP. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa PAP mulai dari angkatan 2017-2019 dengan total sebanyak 233 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling dengan 147 mahasiswa sebagai sampel. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan sosial terhadap disiplin belajar mahasiswa (thitung 2,000 > ttabel 1,976), (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap disiplin belajar mahasiswa (thitung 8,564 > ttabel 1,976), (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan sosial dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap disiplin belajar mahasiswa (Fhitung 57,202 > Ftabel 3,06).

Full Text:

PDF

References

Berangka, D. (2018). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua, Budaya Sekolah dan Motivasi Belajar Terhadap Disiplin Belajar Siswa SMP Di Lingkungan YPPK Distrik Merauke. JUMPA, VI(1), 45. Diperoleh pada 11 April 2021 dari https://ojs.stkyakobus.ac.id/index.php/JUMPA/article/view/48

Cendiana, B., Ronald, J., & Amelia, M. (2017). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Teman Sebaya, Pemberian Hukuman dan Motivasi Belajar terhadap Disiplin Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII di SMP N 3 Pulau Punjung. Journal of Economic and Economic Education, 6(1), 43. Diperoleh pada 10 Januari 2021 dari http://ejournal.stkip-pgrisumbar.ac.id/index.php/economica/article/view/2167

Elvira, B., & sukmanasa, E. (2019). Peran Bimbingan Belajar Orang Tua terhadap Disiplin Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 02(02), 88. Diperoleh pada 10 Maret 2020 dari https://journal.unpak.ac.id/index.php/JPPGuseda/article/view/1452

Gani, M. A. (2018). Pengaruh Disiplin Diri dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Akademi Maritim Cirebon. Jurnal Ilmiah Indonesia, 3(2), 82–93. Diperoleh pada 17 April 2020 dari https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Jaya, T. P., & Suharso. (2018). Persepsi Siswa tentang Faktor yang Mempengaruhi Disiplin Belajar pada Siswa Kelas XI. Indonesian Journal of Guidance and Counseling : Theory and Application, 7(3), 30–35. Diperoleh pada 10 Maret 2020 dari https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk/article/view/19535

Khumaero, L. A., & Arief, S. (2017). Pengaruh Gaya Mengajar Guru, Disiplin Belajar, dan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar. Economic Education Analysis Journal, 1, 700. Diperoleh pada 10 Maret 2020 dari HYPERLINK "https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/20281" https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/20281

Pratiwi, R. S., & Muhsin. (2018). Pengaruh Tata Tertib Sekolah, Lingkungan Keluarga, Lingkungan Teman Sebaya, dan Minat Belajar Terhadap Disiplin Belajar. Economic Education Analisysis Journal, 7(2), 649. Diperoleh pada 9 Januari 2021 dari https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/28281

Riswanto, A., & Aryani, S. (2017). Learning motivation and student achievement : description analysis and relationships both. COUNS-EDU: The International Journal of Counseling and Education, 2(1), 42. Diperoleh pada 4 Maret 2020 dari https://doi.org/10.23916/002017026010

Setyawati, V., & Subowo. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar, Lingkungan Keluarga, dan Peran Guru terhadap Disiplin Belajar Siswa. Economic Education Analysis Journal, 7(1), 42. Diperoleh pada 11 April 2021 dari https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/22855

Refbacks

  • There are currently no refbacks.