PENERAPAN SISTEM PENILAIAN E-KINERJA DI SEKETARIAT DAERAH KOTA SURAKARTA

Pritha Marsha Elapuspita, Hery Sawiji, C Dyah Sulistyaningrum I

Abstract

Penilaian Kinerja Sumber Daya Manusia sangatlah penting dilakukan sebagai salah satu uoaya untuk meningkatkan kinerja SDM dan meningkatkan profesionalitas. Jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian dilakukan di Sekretariat Daerah Kota Surakarta dengan perolehan data  dari narasumber (informan), tempat dan peristiwa, serta dokumen dan arsip. Untuk pengambilan sample menggunakan purposive sampling dan snowball sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi partisipasi, wawancara dan dokumen. Validitas data diperoleh dengan triangulasi teknik dan sumber. Teknik analisis data menggunakan analisis data model interaktif miles dan huberman yaitu reduksi data, penyajian data, kesimpulan

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Penerapan sistem penilaian E-Kinerja di Sekretariat Daerah Kota Surakarta meliputi: a) perencanaan aplikasi E-Kinerja, b) pelaksanaan aplikas E-Kinerja, c) Pengisian kegiatan pegawai diinput didalam aplikasi E-Kinerja, d) evaluasi data yang diinput didalam aplikasi E-Kinerja, dan e) perhitungan penilaian pada aplikasi E-Kinerja. 2) Penerapan sistem penilaian e-kinerja di Sekretariat Daerah Kota terdapat beberapa hambatan diantaranya: a) kemampuan IT PNS masih rendah, b) komponen sistem aplikasi E-Kinerja masih terbatas, dan c) jaringan internet yang kurang baik, dan, 3) Solusi untuk mengatasi hambatan yang terjadi antara lain: a) pelatihan dan pendampingan IT kepada PNS, b) perbaikan pada sistem aplikasi e-kinerja, dan c) membuat peraturan walikota baru tentang perubahan pada sistem aplikasi E-Kinerja.

Keywords

e-kinerja; sumber daya manusia; sekretariat daerah

Full Text:

PDF

References

Hasibuan, Malayu. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Listyaningsih. (2014). Administrasi Pembangunan, Pendekatan Konsep dan Implementasi. Yogyakarta: Graha Ilmu

Marwansyah. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Kedua, Alfabeta, Bandung.

Saefudin, & Wahyuningsih, S. (2014). Sistem Pendukung Keputusan Untuk Penilaian Kinerja Pegawai Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp) Pada RSUD Serang. Jurnal Sistem Informasi.

Simamora, Henry (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: STIEY

Sri Wahyuningsih. (2014). Pengaruh Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor Kecamatan Tering Kabupaten Kutai Barat, eJournal Pemerintahan Integratif.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjokroadmudjoyo dalam Dwi Purnama Wati, (2014). Pelaksanaan Fungsi Pengawasan Pendidikan Agama Islam Terhadap Guru Pendidikan Agama Islam. Lampung: Universitas Lampung. Hlm 7.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.