ANALISIS PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN (SIAK) DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA SURAKARTA DALAM RANGKA MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK

Audia Zulfa Puspasari, Hery Sawiji, C Dyah Sulistyaningrum I

Abstract

Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pemanfaatan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) oleh pegawai di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta, (2) Hambatan atau kendala yang ditemui dalam pemanfaatan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta beserta solusinya. (3) Hasil    peningkatan pelayanan oleh kinerja pegawai dengan adanya Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta.

 

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan penelitian studi kasus terpancang tunggal. Model teori yang digunakan dalam penelitian ini ada model teori dari Van Meter dan Van Horn. Data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder meliputi informan, peristiwa, tempat, serta dokumen. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik snowball sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data interaktif.

 

Berdasarkan hasil penelitian membuktikan bahwa pemanfaatan sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) terdapat prosedur-prosedur yang dilakukan operator. Pelayanan di Dispendukcapil kota Surakarta terdapat dua bidang dalam pelayanan, yaitu dibidang pendaftaran penduduk (dafduk) dan bidang pencatatan sipil (capil). Sistem sering terjadi hambatan dalam penggunaan sistem informasi yaitu berupa jaringan yang memadai untuk mengkoneksikan antar data.  Server dalam sebuah sistem informasi merupakan komponen utama, karena sebuah sistem informasi perlu adanya penyimpanan yang memadai untuk menyimpan data yang ada. Hasil sistem informasi administrasi kependudukan mampu memberikan pelayanan dan hasil telah sesuai dispendukcapil kota Surakarta dari adanya aplikasi SIAK yaitu berupa Pendaftaran Penduduk (dafduk) dan Pencatatan Sipil (Capil).

Keywords

sistem informasi, administrasi, SIAK, kinerja pegawai, pelayanan publik.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.