PENERAPAN E-RETRIBUSI DI PASAR KOTA SURAKARTA

Dian Putri Windasari, Hery Sawiji, Patni Ninghardjanti

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian dilakukan di Dinas Perdagangan kota Surakarta. Data penelitian diperoleh dari informan, peristiwa, dokumen dengan purposive snowball sampling. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumen. Validitas data diperoleh dengan triangulasi teknik dan sumber. Teknik analisis data menggunakan analisis data model interaktif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan e-retribusi di pasar Kota Surakarta meliputi: a) perencanaan dan persiapan kelengkapan administrasi, b) sosialisasi e-retribusi pada pedagang, c) pembuatan rekening dan pengisian saldo e-retribusi, d) pedagang melakukan pembayaran di mesin tapping, dan e) monitoring dan evaluasi pelaksanaan e-retribusi. 2) Penerapan e-retribusi pasar di Kota Surakarta memiliki kendala diantaranya: a) mesin tapping e-retribusi sering mengalami gangguan, b) kartu e-retribusi pedagang hilang dan rusak, c) jaringan internet yang kurang memadai, dan d) Kios yang ditinggalkan dan proses balik nama yang memakan waktu sehingga terjadi banyak tunggakan, dan 3) Upaya yang dilakukan Dinas Perdagangan antara lain: a) koordinasi dengan pihak perbankan untuk perbaikan mesin yang rusak, b) mengajukan kartu e-retribusi baru ke bank c) koordinasi dengan pihak ketiga untuk penguatan jaringan internet yang ada di pasar d) pengelola pasar melakukan penagihan secara manual kemudian di setorkan ke dinas.

Keywords

e-retribusi pasar, teknologi, dinas perdagangan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.