PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PELAKSANAAN ADMINISTRASI DI KELURAHAN (STUDI KASUS DI KELURAHAN KADIPIRO)

Ulfa Dwi Andani, Patni Ninghardjanti, Susantiningrum Susantiningrum

Abstract

Abstrak: Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pelaksanaan Administrasi di Kelurahan Kadipiro (Studi Kasus di Kelurahan Kadipiro). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang (1) Pemanfaatan teknologi informasi terhadap pelaksanaan administrasi di kelurahan Kadipiro, (2) Untuk mengetahui kendala dan solusi dari pemanfaatan teknologi informasi di kelurahan Kadipiro.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian dilakukan di kelurahan Kadipiro, kecamatan Banjarsari, kota Surakarta. Data penelitian diperoleh dari informan, peristiwa, dokumen dengan purposive sampling dan snowball sampling.

Berdasarkan hasil penelitian pemanfaatan teknologi informasi bagi petugas administrasi di kelurahan Kadipiro, Banjarsari, Surakarta sebagai berikut: (1) Membantu pekerjaan menjadi lebih cepat, lancar, dan akurat, (2) Keamanan data terjamin, (3) Mempermudah dalam pencarian data, (4) Menambah wawasan bagi seorang administrasi, (4) Lebih produktif dalam bekerja. Pemanfaatan teknologi memiliki kendala antara lain: (1) Kurang terampil dalam penggunan teknologi (2) Tidak adanya seminar yang menunjang keterampilan pegawai administrasi (3) Perlunya penambahan staff, (4) Komputer yang masih spesifikasi rendah, (5) Tidak ada genset apabila mati lampu, (6) Aplikasi yang eror, (7) Jaringan terkendala. Adapun solusi dari penggunaan teknologi informasi di kelurahan Kadipiro sebagai berikut: (1) Bertanya ke teman yang sudah ahli dalam bidang teknologi, (2) Pengajuan penambahan staff pada kepegawaian, (3) Pengadaan genset dan komputer.

Keywords

teknologi informasi, pegawai administrasi kelurahan, pemanfaatan teknologi informasi .

Full Text:

PDF

References

Amri. (2016). Komunikasi Dalam Menunjang Terwujudnya Makassar Sebagai “ Smart City .” Jurnal Komunikasi KAREBA, 5(2), 431–445.

Amer, F. S., Yafooz, W. M. S., & Al-Manakhi, A. A. A. (2018). Obstacles to the application of electronic administration in the Yemeni universities (University of Aden as a model) and solutions. 2018 International Conference on Smart Computing and Electronic Enterprise, ICSCEE 2018, 1–10. https://doi.org/10.1109/ICSCEE.2018.8538419

Izzat Alhalalmeh, M. (2018). Impact of Benefits and Barriers of Implementing Human Resources Information System on Staff Performance at Al-Balqa Applied University. International Journal of Business and Management, 13(10), 47. https://doi.org/10.5539/ijbm.v13n10p47

Fahmi, Irham. 2015. Pengantar Manajemen Keuangan Teori dan Soal Jawab. Bandung: Alfabeta

Fauziah& Hedwig, R. 2016. Pengantar Teknologi Informasi. Bandung: Muara Indah.

Kadir, Abdul. 2013. Pengantar Sistem Informasi Edisi Revisi. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Paulus, L. (2013). What is the difference between innovation and creativity. www.innovationexcellence.come/biogi2.

Sutarman. 2012. Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Sutopo, H.B. 2002. Metodelogi Penelitian Kualitatif: Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian. Surakarta: UNS Press.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.