PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN DISIPLIN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR DI SMK BATIK 1 SURAKARTA

Ajeng Fiandhita Anisya Prabandari, Wiedy Murtini, Cicilia Dyah Sulistyaningrum Indrawati

Abstract

Tujuan penelitian ini: (1) pengaruh persepsi siswa terhadap keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar atau SMK Batik 1 Surakarta, (2) pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar atau SMK Batik 1 Surakarta, (3) pengaruh persepsi siswa terhadap keterampilan mengajar guru dan disiplin belajar secara bersama-sama pada hasil belajar mata pelajaran korespondensi di SMK Batik 1 Surakarta.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi adalah semua siswa kelas Manajemen Perkantoran di SMK Batik 1 Surakarta. Sampel 82 siswa adalah teknik sensus yang dipilih. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah analisis regresi berganda menggunakan SPSS 23.
Berdasarkan hasil penelitian: (1) pengaruh yang signifikan terhadap persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dalam hasil belajar, (2) pengaruh yang signifikan dari tampilan pembelajaran pada hasil belajar, (3) persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan disiplin belajar berpengaruh terhadap hasil belajar. Kontribusi efektif persepsi siswa tentang pengajaran mengajar guru (X1) sebesar 10,12%, kontribusi efektif disiplin belajar (X2) sebesar 26,87% dan kontribusi relatif persepsi siswa terhadap keterampilan mengajar guru (X1) sebesar 27,35%, kontribusi relatif belajar pembelajaran (X2) sebesar 26,87% dan kontribusi relatif persepsi siswa terhadap keterampilan mengajar guru (X1) sebesar 27,35% 72,64%.

Kata kunci: keterampilan mengajar guru, disiplin belajar, hasil belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.