PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN METODE PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN TEKNOLOGI PERKATORAN DI SMK WIKARYA KARANGANYAR

Yuni Ulfatul Maghfiroh

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh  kemandirian belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran teknologi perkantoran; (2) pengaruh metode pembelajaran terhadap prestasi belajar mata pelajaran teknologi perkantoran; dan (3) pengaruh kemandirian belajar dan metode pembelajaran secara bersama-sama terhadap prestasi belajar mata pelajaran teknologi perkantoran. Populasi dalam penelitian kuantitatif dengan metode korelasional ini adalah seluruh peserta didik kelas X OTKP di SMK Wikarya Karanganyar sebanyak 43 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan SPSS 23.0. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) terdapat pengaruh positif yang sigifikan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran teknologi perkantoran dengan thitung sebesar 2,22 (sign. <0,05); (2) terdapat pengaruh positif yang signifikan metode pembelajaran terhadap prestasi belajar mata pelajaran teknologi perkantoran dengan thitung sebesar 3,94 (sign. <0,05); dan (3) terdapat pengaruh positif yang signifikan kemandirian belajar dan metode pembelajaran secara bersama-sama terhadap prestasi belajar mata pelajaran teknologi perkantoran dengan Fhitung sebesar 14,86 (sign. <0,05).

Keywords

Kemandirian Belajar, Metode Pembelajaran, Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

References

Ahmadi, R. (2015). Pengantar Pendidikan: Asas dan Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Aini, P.N. (2012). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Lingkungan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sewon Bantul Tahun Ajaran 2010/2011. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 10(1), 48-65. journal.uny.ac.id.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S.B. (2012). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Hamdayama, J. (2016). Metodologi Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.


Marliana, L. & Suhertuti. (2018). Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mudjiman, H. (2011). Belajar Mandiri: Pembekalan dan Penerapan. Surakarta: UNS Press.

Mujiman, H. (2011). Manajemen Pelatihan Berbasis Belajar Mandiri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mulyono, D. (2017). The Influence of Learning Model and Learning Independence on Mathematics Learning Outcomes by Controlling Student, Early Ability. International Electronic Journal of Mathematic Education, 12(3), 689- 708. www.iejme.com.

Munawaroh (2017). The Influence of Teaching Methods and Learning Environment to the Student’s Learning Achievement of Craft and Entrepreneurship Subjects at Vocational High School. International Journal of Environment & Science Education, 12(4), 665-678. www.ijese.net.

Ningsih, R. & Nurrahmah, A. (2016). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 73-84. journal.lppmunindra.ac.id.

Sriyadi. (2013). Pengaruh Metode Mengajar dan Sumber Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Diklat Mengelola Dana Kas Kecil Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran SMK Widya Paraja Ungaran Tahun 2011/2012. Under Graduates Thesis. Universitas Negeri Semarang. lib.unnes.ac.id.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N.S. (2011). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suryastuti, H. (2013). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Kinerja Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Mata Pelajaran IPS di SMK Tamtama Prembun Kebumen. Oikonomia: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(2), 79-84. ejournal.umpwr.ac.id.

Tirtahardja, U. & La Sulo, S.L. (2012). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.