PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN METODE PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN TEKNOLOGI PERKATORAN DI SMK WIKARYA KARANGANYAR

Yuni Ulfatul Maghfiroh

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh  kemandirian belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran teknologi perkantoran; (2) pengaruh metode pembelajaran terhadap prestasi belajar mata pelajaran teknologi perkantoran; dan (3) pengaruh kemandirian belajar dan metode pembelajaran secara bersama-sama terhadap prestasi belajar mata pelajaran teknologi perkantoran. Populasi dalam penelitian kuantitatif dengan metode korelasional ini adalah seluruh peserta didik kelas X OTKP di SMK Wikarya Karanganyar sebanyak 43 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan SPSS 23.0. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) terdapat pengaruh positif yang sigifikan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran teknologi perkantoran dengan thitung sebesar 2,22 (sign. <0,05); (2) terdapat pengaruh positif yang signifikan metode pembelajaran terhadap prestasi belajar mata pelajaran teknologi perkantoran dengan thitung sebesar 3,94 (sign. <0,05); dan (3) terdapat pengaruh positif yang signifikan kemandirian belajar dan metode pembelajaran secara bersama-sama terhadap prestasi belajar mata pelajaran teknologi perkantoran dengan Fhitung sebesar 14,86 (sign. <0,05).

Keywords

Kemandirian Belajar, Metode Pembelajaran, Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.