PENGARUH PERSUASI VERBAL GURU DAN KECERDASAN EMOSI PESERTA DIDIK TERHADAP EFIKASI DIRI PESERTA DIDIK

Nikiya Yiro Hmawuri, Hery Sawiji, Susantiningrum Susantiningrum

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh 1) persuasi verbal guru terhadap efikasi diri peserta, 2) kecerdasan emosi peserta didik terhadap efikasi diri peserta didik, dan 3) persuasi verbal guru dan kecerdasan emosi peserta didik secara bersama-sama terhadap efikasi diri peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif rancangan korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X OTKP di SMK Negeri 6 Surakarta sebanyak 108 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 85 peserta didik yang diperoleh melalui teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Teknik analisis data dilakukan melalui analisis regresi linier berganda. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif dan signifikan 1) persuasi verbal guru terhadap efikasi diri peserta didik dengan thitung = 7,599 (α = 5%), 2) kecerdasan emosi peserta didik terhadap efikasi diri peserta didik dengan thitung = 3,372 (α = 5%), dan 3) persuasi verbal guru dan kecerdasan emosi peserta didik secara bersama-sama terhadap efikasi diri peserta didik dengan Fhitung = 48,188 (α = 5%).

Keywords

efikasi diri peserta didik; persuasi verbal guru; kecerdasan emosi peserta didik

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.