PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL KELAS X OTOMATISASI DAN TATA KELOLA PERKANTORAN SMK NEGERI 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Ummu Habibah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) terdapat tidaknya pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar peserta didik (2) terdapat tidaknya pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar peserta didik (3) terdapat tidaknya pengaruh fasilitas belajar dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK Negeri 1 Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019 sebanyak 107 peserta didik. Sampel diambil dengan teknik proportional random sampling sebanyak 86 peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket/kuesioner dan juga metode dokumen. Teknik analisis data menggunaka regresi berganda dengan bantuan SPSS v.23.0.

            Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) terdapat pengaruh positif dan signfikan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar peserta didik mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK Negeri 1 Surakarta. (2) terdapat pengaruh positif dan signfikan kemandirian belajar peserta didik terhadap prestasi belajar peserta didik mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK Negeri 1 Surakarta. (3) terdapat pengaruh positif dan signfikan fasilitas belajar dan kemandirian belajar peserta didik terhadap prestasi belajar mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital peserta didik kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK Negeri 1 Surakarta. Besarnya sumbangan relatif fasilitas belajar sebesar 34,25%. Sumbangan relatif kemandirian belajar peserta didik sebesar 65,75%. Sumbangan efektif fasilitas belajar sebesar 5%. Sumbangan efektif kemandirian belajar peserta didik sebesar 9,6%.

Keywords

Fasilitas Belajar, Kemandirian Belajar Peserta Didik, Prestasi Belajar.

Full Text:

PDF

References

Ahmad Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Ambarsari, Lis.(2013). pengaruh kelengkapan fasilitas belajar dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas X SMA negeri 2 Sukoharjo tahun ajaran 2012/2013. Kumpulan Abstrak Hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Surakarta. Electronic Thases and dissertations Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Darsono. (2001). Belajar dan Pembelajaran.Semarang: IKIP Semarang Press.

Djamarah, Syaiful Bahri.(2012).Psikologi Belajar.Jakarta: Rineka Cipta

Inayah, R., dkk.(2013).Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar Siswa, Dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lasem Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Insan Mandir, Vol.1 No. 1.

Istadi, Irawati.(2017). Rumahku tempat Belajarku.Yogyakarta: Pro-U Media.

James Board.(2006). Interpretations Of Independent Learning In Futher Education. Journal of Further and Higher Education Vol, 30, No. 2

Muhibbin Syah.2010. psikologi pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung: PT Remaja Rosyakarya.

Muhroji dkk.(2004).Manajemen Pendidikan. Surakarta: UMS Press

Mudjiman, Haris. (2007). Manajemen Pelatihan Berbasis Belajar Mandiri. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Mudjiman, Haris. (2011). Belajar Mandiri. Surakarta: UNS Press

Purwanto, Ngalim.(2010). Prinip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Rudi Mulyatiningsi, dkk.(2006). Bimbingan Pribadi-sosial, Belajar, dan karier. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Tirtarahardja, Umar, dan La Sulo, .S.L. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta;PT Rineka Cipta

Warnaningsih, Ika Sulistya.(2014). Pengaruh kemandirian Belajar dan motivasi belajar Siswa terhadap Prestasi belajar Ekonomi pada Siswa kels XI IPS SMA Neger 1 Kartasura tahun ajaran 2013/2014. Kumpulan Abstrak Hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Surakarta. Electronic Thases and dissertations Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.