PENERAPAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA KARYAWAN BAGIAN PRODUKSI PT. ISKANDAR INDAH PRINTING TEXTILE SURAKARTA

Bayu aji pamungkas, Djoko Santosa, Patni Ninghardjanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pelaksanaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja karyawan bagian produksi di PT Iskandar Indah Printing Textile Surakarta; (2) jenis kecelakaan kerja yang perlu diwaspadai bagian produksi sehingga PT Iskandar Indah Printing Textile perlu menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja; (3) usaha yang dilakukan untuk meningkatkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja karyawan bagian produksi di PT Iskandar Indah Printing Textile Surakarta.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Pendekatan penelitian ini yaitu studi kasus dengan menggunakan strategi tunggal terpancang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive dan snowball sampling. Sumber data yang digunakan adalah informan, tempat peristiwa dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi langsung, dan dokumentasi. Validitas data dengan menggunakan triangulasi data dan triangulasi metode. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) dalam penerapan  Keselamatan dan Kesehatan Kerja karyawan bagian produksi ada karyawan yang bekerja sudah sesuai prosedur, namun ada juga karyawan yang belum bekerja sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan. (2) Kecelakaan kerja yang perlu di waspadai karyawan bagian produksi di PT. Iskandar Indah Printing Textile adalah: (a) terpeleset; (b) shutle terbang; (c) kejatuhan benda kerja; (d) tersangkut mesin; (e) terjepit mesin; dan (f) kebakaran. Kecelakaan kerja di PT. Iskandar Indah Printing Textile disebabkan oleh ketelodoran karyawan dan kejadian yangtidak terduga. (3) usaha yang dilakukan untuk meningkatkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja  karyawan bagian produksi di PT. Iskandar Indah Printing Textile Surakarta adalah: (a) menyediakan Alat Pelindung Diri; (b) menyediakan alat pemadam kebakaran; (c) menyediakan Kotak P3K; (d) menyediakan plakat tanda bahaya di tempat tertentu; dan (e) sosialisasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja.

Keywords

keselamatan kerja, kesehatan kerja, kecelakaan kerja, bagian produksi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.