IMPLEMENTASI MODEL PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN DI SMK NEGERI 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018

Agasta Riestyananda

Abstract

ABSTRAK 

Agasta Riestyananda. IMPLEMENTASI MODEL PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN DI SMK NEGERI 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Imu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2018.

            Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) pelaksanaan penilaian autentik di sekolah berdasarkan kesiapan, proses, dan hasil penilaian sesuai dengan prosedur penilaian; (2) faktor pendukung dan peghambat guru dalam melaksanakan penilaian, dan (3) upaya yang dilakukan supaya penilaian autentik dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien di SMK Negeri 1 Surakarta.

            Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus tunggal terpancang. Data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik  pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data interaktif.

            Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) pelaksanaan penilaian autentik di SMK Negeri 1 Surakarta dilakukan melalui tiga tahap yaitu persiapan penilaian, proses penilaian autentik, dan pelaporan hasil penilaian. (2) faktor pendukung dan penghambat dalam penilaian autentik, yaitu faktor pendukung terdiri dari: peraturan pemerintah dan buku panduan penilaian mendukung, sarana dan prasarana di Sekolah yang mendukung pelaksanaan penilaian autentik, input peserta didik yang baik dan menunjang kegiatan pembelajaran. Sedangkan faktor penghambat terdiri dari: guru kurang memahami penilaian, waktu guru yang terbatas dalam melaksanakan penilaia, dan peserta didik yang menghambat pelaksanaan penilaian. (3) upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan dalam penilaian autentik yaitu: kepala sekolah dan wakil kepala bagian kurikulum melaksanakan rapat bersama guru untuk mengevaluasi pelaksanaan penilaian autentik; guru menasehati dan membimbing peserta didik supaya tepat waktu dalam mengumpulkan tugas; dan kepala sekolah melaksanakan monitoring administrasi perangkat pembelajaran yang disusun oleh guru tiap awal tahun ajaran baru.

Kata Kunci :  implementasi penilaian, penilaian autentik, pembelajaran

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.