PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PRINSIP­PRINSIP PENYELENGGARAAN ADMINISTRASI PERKANTORAN (SISWA KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN 1 SMK NEGERI 1 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2014/2015)

Chomsah Choirotu H, Tri Murwaningsih, Andre Novie Rahmanto

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
peningkatan hasil belajar peserta didik kelas X AP 1 pada mata
pelajaran prinsip­prinsip penyelenggaraan administrasi perkantoran di
SMK Negeri 1 Sukoharjo melalui penerapan model pembelajaran
kooperatif metode make a match. Penelitian ini merupakan
Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah guru
mata pelajaran prinsip­prinsip penyelenggaraan administrasi
perkantoran dan peserta didik kelas X AP 1 di SMK Negeri 1
Sukoharjo tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 36 peserta didik.
Penelitian ini berkolaborasi dengan guru mata pelajaran
prinsip­prinsip penyelenggaraan administrasi perkantoran, peneliti dan
partisipasi aktif dari peserta didik. Teknik pengumpulan data
dilakukan melalui empat teknik, yaitu: (1) observasi, (2) wawancara,
(3) tes, dan (4) analisis dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan
peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran
prinsip­prinsip penyelenggaraan administrasi perkantoran. Hal ini
dibuktikan pada siklus I dan siklus II bahwa hasil belajar peserta didik
selalu meningkat. Rata­rata hasil belajar kognitif peserta didik pada
pra­tindakan (73,19), siklus I (83,19) dan siklus II meningkat menjadi
(86,39) yaitu 58,3% peningkatannya. Sedangkan rata­rata hasil belajar
psikomorik peserta didik antar pra­tindakan (80,83), siklus I (80,33)
dan siklus II meningkat menjadi 84,58 yaitu 8,34% peningkatannya.
Ketuntasan hasil belajar kognitif dan psikomotorik peserta didik pada
kriteria tuntas dengan nilai rata­rata (>75%). Dan hasil belajar afektif
siklus I terjadi peningkatan rata­rata peserta didik terutama aspek
kedisiplinan hingga pada siklus II terjadi peningkatan rata­rata sikap
peserta didik dengan kriteria baik. Hal ini mengindikasikan bahwa
hasil belajar peserta didik selalu meningkat dari pra­tindakan, siklus I
dan siklus II dan telah mencapai target ketuntasan yang diharapkan.
Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran
make a match pada mata pelajaran Prinsip­prinsip Penyelenggaraan
Administrasi Perkantoran dapat meningkatkan hasil belajar pada
peserta didik kelas X AP 1 Sukoharjo tahun ajaran 2014/2015.

Full Text:

PDF

References

Asmani, J.M. (2013). 7 Tips Aplikasi Pakem (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan). Yogyakarta: Diva Press.

Aqib, Zainal. 2013. Model­Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Media.

Endang R, Sri dkk. 2010. Modul Memahami Prinsip­prinsip Penyelenggaraan Administrasi Perkantoran. Jakarta: Erlangga.

Huda, Miftahul. 2013. Cooperative Learning: Metode, Teknik, Struktur, dan

Model Terapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jihad, A dan Haris, A. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi

Pressindo.

Jollliffe, W (2007). Cooperative Learning in the Classroom Putting it into

Practice. London: Paul Chapman Publishers.

Kunandar. (2013). Penilaian Auntentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

MPKRI No. 66 tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan.

Muklis, S. (2012). Admninstrasi Kepegawaian. Yogyakarta: Leutika Prio

Purwanto. (2013). Evaluasi Hasil Belajar.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suprijono, Agus. (2012). Cooperative Learning (Teori dan Aplikasi PAIKEM). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwandi, Sarwiji. (2008). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) & Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: FKIP UNS.

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. (2010). Strategi Belajar Mengajar.

Jakarta: PT Rineka Cipta

UU No. 20 tahun 2003 Pasal 1 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.