PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PRINSIPPRINSIP PENYELENGGARAAN ADMINISTRASI PERKANTORAN (SISWA KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN 1 SMK NEGERI 1 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2014/2015)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
peningkatan hasil belajar peserta didik kelas X AP 1 pada mata
pelajaran prinsipprinsip penyelenggaraan administrasi perkantoran di
SMK Negeri 1 Sukoharjo melalui penerapan model pembelajaran
kooperatif metode make a match. Penelitian ini merupakan
Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah guru
mata pelajaran prinsipprinsip penyelenggaraan administrasi
perkantoran dan peserta didik kelas X AP 1 di SMK Negeri 1
Sukoharjo tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 36 peserta didik.
Penelitian ini berkolaborasi dengan guru mata pelajaran
prinsipprinsip penyelenggaraan administrasi perkantoran, peneliti dan
partisipasi aktif dari peserta didik. Teknik pengumpulan data
dilakukan melalui empat teknik, yaitu: (1) observasi, (2) wawancara,
(3) tes, dan (4) analisis dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan
peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran
prinsipprinsip penyelenggaraan administrasi perkantoran. Hal ini
dibuktikan pada siklus I dan siklus II bahwa hasil belajar peserta didik
selalu meningkat. Ratarata hasil belajar kognitif peserta didik pada
pratindakan (73,19), siklus I (83,19) dan siklus II meningkat menjadi
(86,39) yaitu 58,3% peningkatannya. Sedangkan ratarata hasil belajar
psikomorik peserta didik antar pratindakan (80,83), siklus I (80,33)
dan siklus II meningkat menjadi 84,58 yaitu 8,34% peningkatannya.
Ketuntasan hasil belajar kognitif dan psikomotorik peserta didik pada
kriteria tuntas dengan nilai ratarata (>75%). Dan hasil belajar afektif
siklus I terjadi peningkatan ratarata peserta didik terutama aspek
kedisiplinan hingga pada siklus II terjadi peningkatan ratarata sikap
peserta didik dengan kriteria baik. Hal ini mengindikasikan bahwa
hasil belajar peserta didik selalu meningkat dari pratindakan, siklus I
dan siklus II dan telah mencapai target ketuntasan yang diharapkan.
Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran
make a match pada mata pelajaran Prinsipprinsip Penyelenggaraan
Administrasi Perkantoran dapat meningkatkan hasil belajar pada
peserta didik kelas X AP 1 Sukoharjo tahun ajaran 2014/2015.
Full Text:
PDFReferences
Asmani, J.M. (2013). 7 Tips Aplikasi Pakem (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan). Yogyakarta: Diva Press.
Aqib, Zainal. 2013. ModelModel, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Media.
Endang R, Sri dkk. 2010. Modul Memahami Prinsipprinsip Penyelenggaraan Administrasi Perkantoran. Jakarta: Erlangga.
Huda, Miftahul. 2013. Cooperative Learning: Metode, Teknik, Struktur, dan
Model Terapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Jihad, A dan Haris, A. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi
Pressindo.
Jollliffe, W (2007). Cooperative Learning in the Classroom Putting it into
Practice. London: Paul Chapman Publishers.
Kunandar. (2013). Penilaian Auntentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
MPKRI No. 66 tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan.
Muklis, S. (2012). Admninstrasi Kepegawaian. Yogyakarta: Leutika Prio
Purwanto. (2013). Evaluasi Hasil Belajar.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suprijono, Agus. (2012). Cooperative Learning (Teori dan Aplikasi PAIKEM). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suwandi, Sarwiji. (2008). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) & Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: FKIP UNS.
Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. (2010). Strategi Belajar Mengajar.
Jakarta: PT Rineka Cipta
UU No. 20 tahun 2003 Pasal 1 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Refbacks
- There are currently no refbacks.