Block system entrepreneurship education and self-efficacy: effects on student entrepreneurial motivation

Bintan Amalia Sintri, Cicilia Dyah Sulistyaningrum Indrawati

Abstract

Abstrak: Motivasi berwirausaha siswa SMK masih perlu ditingkatkan, sehingga dibutuhkan pembelajaran kewirausahaan yang efektif serta dukungan efikasi diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh pembelajaran kewirausahaan sistem blok terhadap motivasi berwirausaha, (2) pengaruh efikasi diri terhadap motivasi berwirausaha, dan (3) pengaruh pembelajaran kewirausahaan sistem blok dan efikasi diri secara bersama-sama terhadap motivasi berwirausaha. Peneliatian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian survey, sedangkan teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Sampel yang digunakan yaitu 83 siswa kelas XI SMK Negeri 1 Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025 dengan metode simple random sampling dan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat pengaruh positif signifikan antara pembelajaran kewirausahaan sistem blok terhadap motivasi diri (thitung 3,598 > 1,990 ttabel); (2) terdapat pengaruh positif signifikan efikasi diri terhadap motivasi berwirausaha (thitung  2,215 > 1,990 ttabel); (3) terdapat pengaruh positif signifikan antara pembelajaran kewirausahaan sistem blok dan efikasi diri secara bersama-sama terhadap motivasi berwirausaha (fhitung 32,02 > 3,11 ftabel). Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran kewirausahaan sistem blok dan efikasi diri membantu meningkatkan motivasi berwirausaha siswa.

 

Kata kunci: efikasi; kewirusahaan; kuantitatif; motivasi; sistem blok


Abstract: Entrepreneurial motivation among vocational high school students requires enhancement through effective entrepreneurship education and self-efficacy development. This study examined (a) the effect of block system entrepreneurship education on entrepreneurial motivation, (b) the effect of self-efficacy on entrepreneurial motivation, and (c) the combined effects of block system entrepreneurship education and self-efficacy on entrepreneurial motivation. Using a quantitative approach with survey methodology, data were collected through questionnaires from 83 Grade XI students at SMK Negeri 1 Surakarta in the 2024/2025 academic year, selected via simple random sampling. Multiple linear regression analysis revealed three key findings: First, block system entrepreneurship education significantly and positively predicted entrepreneurial motivation (t = 3.60, p = .001). Second, self-efficacy significantly and positively predicted entrepreneurial motivation (t = 2.22, p = .030). Third, the combined model demonstrated significant predictive power (F = 32.80, p < .001), with both variables jointly explaining 45.1% of variance in entrepreneurial motivation (R² = .451). These findings suggest that block system entrepreneurship education and self-efficacy effectively enhance students' entrepreneurial motivation.

 

Keywords:  block system; efficacy; entrepreneurship; motivation; quantitative

Keywords

efikasi; kewirusahaan; kuantitatif; motivasi; sistem blok; block system; efficacy; entrepreneurship; motivation; quantitative

Full Text:

PDF

References

Al Affan, D., & Harpain. (2025). Pengaruh pembelajaran kewirausahaan dan motivasi berwirausaha terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis Universitas Bandar Lampung. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 11(1), 409–416. https://doi.org/10.35870/jemsi.v11i1.3666

Amelia, R. W., & Sulistyowatie, S. L. (2022). Analisis theory of planned behavior terhadap niat berwirausaha mahasiswa Universitas Widya Dharma Klaten. Jurnal Akuntansi, 14(1), 35–44. https://doi.org/10.28932/jam.v14i1.3997

Angelina, P., Gusrita, R., Turinah, T. T., & Handayani, V. A. (2023). Efektifitas pembelajaran dengan sistem blok. Jurnal Sintak, 1(2), 21–29.

Bandura, A., & Schunk, D. H. (1981). Cultivating competence, self-efficacy, and intrinsic interest through proximal self-motivation. Journal of Personality and Social Psychology, 41(3), 586–598. https://doi.org/10.1037/0022-3514.41.3.586

Bhegawati, D. A. S., Ribek, P. K., & Verawati, Y. (2022). Pembangunan ekonomi di Indonesia melalui peran kewirausahaan. JISOS: Jurnal Ilmu Sosial, 1(1), 21–26.

Badan Pusat Statistik. (2024). Jumlah penduduk pertengahan tahun (ribu jiwa), 2022-2024.

Badan Pusat Statistik. (2025). Pengangguran terbuka menurut pendidikan tertinggi yang ditamatkan (orang), 2024.

Caliendo, M., Goethner, M., & Weißenberger, M. (2020). Entrepreneurial persistence beyond survival: Measurement and determinants. Journal of Small Business Management, 58(3), 617–647. https://doi.org/10.1080/00472778.2019.1666532

Ekawarna, E., Denmar, D., & Bakar, M. (2022). Pengaruh pendidikan kewirausahaan, efikasi diri dan motivasi berwirausaha terhadap niat berwirausaha mahasiswa FKIP Universitas Jambi Angkatan 2019. JMPIS: Jurnal Managemen Dan Pendidikan Ilmu Sosial, 3(1), 139–149. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.849

Fajri, A. (2021). Peran kewirausahaan dalam pembangunan ekonomi. Iqtishodiyah: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 7, 104–112.

Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran Kurikulum Merdeka di Pendidikan Menengah Kejuruan (2022).

Machali, I. (2021). Metode penelitian kuantitatif: Panduan praktis merencanakan, melaksanakan dan analisis dalam penelitian kuantitatif (A. Q. Habib, Ed.). Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta. http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50319

Mawardi, I., & Sutopo. (2019). Evaluasi penerapan pembelajaran sistem blok. Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, 7(2), 127–134.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 34 Tahun 2018 tentang Standar Nasional Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (2018).

Putri, A., Baining, M. E., & Ramli, F. (2024). Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi mahasiswa menjadi enterpreneur syariah. JMPAI: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Agama Islam, 2(3), 35–54.

Putry, N. A. C., Wardani, D. K., & Jati, D. P. (2020). Pengaruh efikasi diri terhadap minat berwirausaha melalui motivasi sebagai variabel intervening. Jurnal Sosial Ekonomi Dan Humaniora, 6(1), 14–24. https://doi.org/10.29303/jseh.v6i1.71

Rahayu, M. P., & Kurniawan, R. Y. (2022). Analisis pengaruh pendidikan kewirausahaan dan efikasi diri sebagai motivasi berwirausaha pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Paedagogy, 9(4), 834–845. https://doi.org/10.33394/jp.v9i4.5465

Sa'adah, L., & Mahmud, A. (2019). Pengaruh penggunaan instagram dan efikasi diri melalui motivasi berwirausaha terhadap intensi berwirausaha. Economic Education Analysis Journal, 8(1), 18–32. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i1.29758

Salam, R. S., Gustama, A. A., Hidayat, W., Haris, F., Zaky, M. J., Febriawan, A. C., Hermawan, A. G., Deanda, G. V., Afifah, N., Maulana, P. A., Indrayanti, E. P., Kulsum, T. A., & Iman, A. (2025). Hambatan dan solusi dalam implementasi sistem blok di SMK Negeri 4 Kota Serang. Student Research Journal, 3(1), 37–42.

Sandjaja, S. S., Syahputra, Y., & Erwinda, L. (2020). Validasi skala penilaian instrumen perencanaan karier menggunakan Andrich Threshold. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 9(1), 105–117. https://doi.org/10.30996/persona.v9i1.3310

Sari, A. I. C., Karlina, E., & Rasam, F. (2021). Peran pendidikan kewirausahaan dan motivasi berwirausaha dalam menumbuhkan sikap mental kewirausahaan peserta didik. Research and Development Journal of Education, 7(2), 403–412. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i2.10287

Savitri, S. D., Sunarni, S., & Sobri, A. Y. (2024). Pengaruh pembelajaran kewirausahaan dan latar belakang orang tua terhadap motivasi berwirausaha siswa kelas XI SMKN Kota Malang. JAMP: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 7(2), 149–165. https://doi.org/10.17977/um027v7i22024p152

Slamet, F., Tunjungsari, H. K., & Le, M. (2016). Dasar-dasar kewirausahaan: Teori dan praktik (2nd ed.). PT Indeks.

Suciviana, D., Wibowo, A., & Faslah, R. (2025). Pengaruh pendidikan kewirausahaan dan lingkungan keluarga terhadap intensi berwirausaha melalui motivasi sebagai variabel intervening pada siswa kelas XI di SMKN 50 Jakarta. Neraca Jurnal Ekonomi, Managemen Dan Akuntansi, 3(4), 862–869.

Sukatin, Kharisma, I. P., & Safitri, G. (2023). Efikasi diri dan kestabilan emosi pada prestasi belajar. Educational Leadership: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(1), 28–39. https://doi.org/10.24252/edu.v3i1.39695

Tentama, F., Mulasari, S. A., & Subardjo, S. (2024). Intensi berwirausaha: Peran hardiness dan motivasi berwirausaha. Jurnal Psikologi: Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan, 11(2), 242–260. https://doi.org/10.35891/jip.v11i2.4365

Uno, H. B. (2016). Teori motivasi dan pengukurannya: Analisis di bidang pendidikan (Junwinanto, Ed.; 1st ed.). PT Bumi Aksara.

Wibowo, A. D., Haetami, M., & Hidasari, F. P. (2019). Minat belajar peserta didik terhadap pembelajaran sistem blok pada pelajaran penjas di SMTI Pontianak. Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(3), 1–8. https://doi.org/10.26418/jppk.v8i3.31857

Widiaastuti, K., Khairinal, & Syuhad, S. (2022). Pengaruh keterampilan berwirausaha, pengetahuan kewirausahaan dan sikap mandiri terhadap motivasi berwirausaha siswa SMKN 2 Jambi. JMPIS: Jurnal Managemen Dan Pendidikan Ilmu Sosial, 3(2), 696–707.

Widyawati, N., Widiarti, A., & Fahmi, R. (2022). Pengaruh pembelajaran kewirausahaan, motivasi berwirausaha, dan penggunaan media sosial terhadap minat berwirausaha mahasiswa. JIPIS, 31(2), 107–123. https://doi.org/10.33392/jipis.v31i2.3251

Yanti, R. I., Ramayani, C., & Eprillison, V. (2024). Pengaruh pembelajaran kewirausahaan, media sosial, kepribadian, dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha melalui motivasi berwirausaha sebagai variabel intervening siswa kelas XI IPS SMA N 03 Solok Selatan Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Horison Pendidikan, 4(1), 1–16.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.