Student learning readiness and teacher creativity effects on learning outcomes

Pungki Sri Desnani

Abstract

Abstrak: Langkah awal menciptakan pendidikan berkualitas adalah dengan memperhatikan kualitas komponen sistem pendidikan, terutama SDM. Pendidikan dinilai berkualitas jika siswa mampu menguasai tugas belajar sesuai tujuan dan target yang ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesiapan belajar siswa dan kreativitas mengajar guru terhadap hasil belajar mata pelajaran Job Profile siswa kelas X Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis (MPLB) SMK Negeri 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2024/2025 baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif kausal-komparatif. Populasi berjumlah 107 siswa, sedangkan sampel berjumlah 84 yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner. Data dianalisis dengan regresi linear berganda menggunakan bantuan IBM SPSS Statistic 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan kesiapan belajar siswa terhadap hasil belajar, dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel (5,245 > 1,989) dan nilai signifikansi 0,00 < 0,05; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan kreativitas mengajar guru terhadap hasil belajar, dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel (6,506 > 1,989) dan nilai signifikansi 0,00 < 0,05; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan kesiapan belajar siswa dan kreativitas mengajar guru secara bersama-sama terhadap hasil belajar, dibuktikan dengan nilai Fhitung > Ftabel (113.292 > 3,12) dan nilai signifikansi 0,00 < 0,05.

 

Kata kunci: inovasi pengajaran; kuantitatif; persiapan; prestasi akademik


Abstract: Creating quality education requires attention to educational system components, particularly human resources. Education is considered quality when students master learning tasks according to established goals and targets. This study examined the influence of student learning readiness and teacher teaching creativity on learning outcomes in Job Profile subject among Grade X Office Management and Business Services students at SMK Negeri 1 Sukoharjo during the 2024/2025 academic year, both partially and simultaneously. Using quantitative causal-comparative methodology, this research involved 107 students as population and 84 as sample selected through simple random sampling. Data collection utilized questionnaires, with multiple linear regression analysis conducted using IBM SPSS Statistics 26. Results revealed: (1) student learning readiness positively and significantly influenced learning outcomes (t-calculated > t-table: 5.245 > 1.989; significance 0.00 < 0.05); (2) teacher teaching creativity positively and significantly influenced learning outcomes (t-calculated > t-table: 6.506 > 1.989; significance 0.00 < 0.05); (3) both variables simultaneously demonstrated positive and significant influence on learning outcomes (F-calculated > F-table: 113.292 > 3.12; significance 0.00 < 0.05). The determination coefficient showed 73.7% variance explanation, with remaining 26.3% attributed to other factors not examined in this study.

 

Keywords: academic achievement; preparation; quantitative; teaching innovation

Keywords

inovasi pengajaran; kuantitatif; persiapan; prestasi akademik; academic achievement; preparation; quantitative; teaching innovation

Full Text:

PDF

References

Adams, D., Bellibaş, M. Ş., Muniandy, V., & Pietsch, M. (2025). The role of openness to experience in innovating teaching and instruction through leader-member exchange and teacher creativity. Thinking Skills and Creativity, 57, 1-16. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2025.101834

Ahsani, F. A., & Utami, R. E. (2024). Pengaruh kesiapan belajar terhadap hasil belajar matematika materi sistem persamaan linier tiga variabel (SPLTV). FARABI: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(1), 68-75. https://doi.org/10.47662/farabi.v7i1.711

Arnawati, A. (2018). Pengaruh kreativitas guru dalam mengelola pembelajaran ekonomi terhadap motivasi belajar peserta didik di SMA Negeri 11 Sinjai (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar) Makassar, Indonesia.

Ashlichati, A., Setiaji, C. A., & Fadhiliya, L. (2022). Pengaruh kreativitas mengajar guru dan cara belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan kelas XI. Surya Edunomics, 6(1), 26-32.

Baedhowi, Masykuri, M., Triyanto, Totalia, S. A., & Wahyono, B. (2017). Tata kelola sekolah menengah kejuruan dalam meningkatkan kualitas dan daya saing sumber daya manusia Indonesia. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Dangol, R., & Shrestha, M. (2019). Learning readiness and educational achievement among school students. The International Journal of Indian Psychology, 7(2), 468-476. https://doi.org/10.25215/0702.056

Effendi, E. (2017). Hubungan readiness (kesiapan) belajar siswa dengan hasil belajar fisika siswa kelas X SMK Muhammadiyah 03 Sukaraja. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 15. https://doi.org/10.24127/jpf.v5i1.740

Fathoni, M. R. N. (2020). Dampak fasilitas belajar dan kesiapan belajar dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 5(2), 129-139. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i2.18008

Gazi, N., Canon, S., & Alam, H. V. (2023). Effects of learning readiness, learning interest, and learning styles on student learning outcomes at SMA Negeri 1 Wonosari, Gorontalo, Indonesia. World Journal of Advanced Research and Reviews, 19(3), 1146-1153. https://doi.org/10.30574/wjarr.2023.19.3.1791

Istiqomah, L., Reffiane, F., & Sanjaya, D. (2024). Pengaruh strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V SDN Sawah Besar 01. Journal on Education, 6(3), 16153-16158.

Krisnayanti, I. G. A. A. H., & Wijaya, S. (2022). Pengaruh kinerja guru terhadap hasil belajar siswa kelas 5 SD mata pelajaran science sekolah XYZ. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(2), 1776-1785. https://doi.org/10.58258/jime.v8i2.3313

Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 659-663.

Pardede, S., Sinaga, D., & Oktafiana, J. S. (2023). Pengaruh kreativitas guru dalam mengajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS di SMA Gajah Mada tahun ajaran 2022/2023. Journal on Teacher Education, 4(4), 193-199. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/14552/11292

Rahmawati, D. (2017). Pengaruh kreativitas mengajar guru terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(1), 23-32.

Rezkia, M., & Rivilla, S. R. (2017). Kreativitas guru matematika kelas VIII dalam pembelajaran matematika di MTSN Model Martapura. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 81. https://doi.org/10.18592/jpm.v2i1.1169

Rizki, S., & Nasution, H. A. (2021). Pengaruh kreativitas guru dalam mengajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di SMA Nurul Iman Tanjung Morawa TP 2020/2021. Maju, 8(2), 320-327.

Rohmah, A. N., & Jatiningsih, O. (2021). Kesiapan belajar, motivasi belajar, dan hasil belajar PPKN pada siswa kelas XII MAN 1 Magetan. Journal of Civics and Moral Studies, 6(1), 61-75. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jcms/article/view/16783

Roseno, I., & Wibowo, U. B. (2019). Efisiensi eksternal pendidikan kejuruan di Kota Yogyakarta. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7(1), 15-24. https://doi.org/10.21831/amp.v7i1.10558

Saeid, N., & Eslaminejad, T. (2017). Relationship between student's self-directed-learning readiness and academic self-efficacy and achievement motivation in students. International Education Studies, 10(1), 225-232. https://doi.org/10.5539/ies.v10n1p225

Sari, E., & Ritonga, M. K. (2021). Pengaruh kesiapan belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Batang Angkola. Tazkir: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 7(2), 221-234. https://doi.org/10.24952/tazkir.v7i2.4415

Siagian, H. S., Ritonga, T., & Lubis, R. (2021). Analisis kesiapan belajar daring siswa kelas VII pada masa pandemi Covid-19 di Desa Simpang Tiga Laebingke Kecamatan Sirandorung. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(2), 194-201. https://doi.org/10.37081/mathedu.v4i2.2530

Sudarma, M. (2014). Profesi guru: Dipuji, dikritisi, dan dicaci. Rajawali Pers.

Suryani, L., Abas, E., & Widiastuti, N. (2023). Upaya peningkatan kualitas di MTs Nurul Amal Kasih Raja Kecamatan Lubuk Keliat Kabupaten Ogan Ilir Prov. Sumatera Selatan tahun pelajaran 2022/2023. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 2(1), 871-879.

Suwartono, T., Herawati, I., & Suweni, D. (2022). Creative and innovative language teaching. Tarling: Journal of Language Education, 6(1), 1-19. https://doi.org/10.24090/tarling.v6i1.6180

Tran, V. D., Nguyen, K. S. T., & Le, D. N. (2025). Dataset of factors affecting learning outcomes of students at the University of Education, Vietnam National University, Hanoi. Data in Brief, 59, 111438. https://doi.org/10.1016/j.dib.2025.111438

Tuwa, P. H., & Faraz, N. J. (2018). Pengaruh kreativitas mengajar guru, pola asuh orang tua dan iklim sekolah terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan IPS, 5(1), 67-78.

Ucus, S., & Acar, I. H. (2018). Teachers' innovativeness and teaching approach: The mediating role of creative classroom behaviors. Social Behavior and Personality, 46(10), 1697-1711. https://doi.org/10.2224/sbp.7100

Yeremia, S., Siregar, A., Malau, R., & Salmi, R. (2024). Pengaruh kreativitas mengajar guru terhadap hasil belajar siswa. Semantik: Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 3(2), 27-32. https://doi.org/10.61132/semantik.v2i3.738

Zakiyyan, Z. M. N., Hermawan, Y., & Nurdianti, R. R. S. (2025). Pengaruh kesiapan belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi. Jurnal Ilmu Pendidikan, Ekonomi, Dan Teknologi, 2(3), 427-437.

Zuschaiya, D., Wari, E., Agustina, Y., & Lailiyah, S. (2021). Pengaruh kesiapan belajar dan kemampuan berhitung terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(3), 517-528. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i3.517-528

Refbacks

  • There are currently no refbacks.