Self-awareness and teacher attitudes influencing student learning discipline: a quantitative study
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh self-awareness terhadap disiplin belajar siswa kelas XI MPLB di SMK Negeri 6 Surakarta; (2) mengetahui pengaruh sikap guru terhadap disiplin belajar; (3) mengetahui pengaruh self-awareness dan sikap guru secara bersama-sama terhadap disiplin belajar. Penelitian kuantitatif ini menggunakan populasi 106 siswa dengan teknik sampling jenuh. Instrumen yang digunakan divalidasi untuk memastikan keandalan data. Data dikumpulkan melalui kuisioner tertutup menggunakan skala Likert 1–4. Analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan IBM SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan: (1) ada pengaruh yang positif dan signifikan self-awareness terhadap disiplin belajar siswa kelas XI MPLB di SMK Negeri 6 Surakarta ( 3,630 > 1,983); (2) ada pengaruh yang positif dan signifikan sikap guru terhadap disiplin belajar siswa kelas XI MPLB di SMK Negeri 6 Surakarta ( 5,441 > 1,983); (3) ada pengaruh yang positif dan signifikan self-awareness dan sikap guru terhadap disiplin belajar siswa kelas XI MPLB di SMK Negeri 6 Surakarta ( 34,607 > 3,08). Temuan lain menunjukkan sumbangan efektif self-awareness sebesar 14,5% dan sikap guru sebesar 25,7% terhadap disiplin belajar.
Kata kunci: pendekatan kuantitatif; perilaku siswa; sekolah menengah kejuruan
Abstract: This study examined the influence of self-awareness and teacher attitudes on learning discipline among eleventh-grade Management of Office and Business Services (MPLB) students at SMK Negeri 6 Surakarta. Employing a quantitative approach with multiple linear regression analysis, the research utilized a saturated sampling technique encompassing all 106 students in the target population. Data collection was conducted through validated questionnaires using a 4-point Likert scale, with subsequent analysis performed using IBM SPSS version 26. The findings revealed significant positive effects: (1) self-awareness demonstrated a significant influence on learning discipline (tcount = 3.630 > ttable = 1.983); (2) teacher attitudes showed a significant impact on learning discipline (tcount = 5.441 > ttable = 1.983); and (3) the combined effect of both variables was statistically significant (Fcount = 34.607 > Ftable = 3.08). The effective contribution analysis indicated that self-awareness contributed 14.5% and teacher attitudes contributed 25.7% to student learning discipline, with a total variance explanation of 40.2%. These results provide empirical evidence for the importance of developing student self-awareness and fostering positive teacher attitudes in enhancing learning discipline within vocational education settings.
Keywords: quantitative approach; student behaviour; vocational high school
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afifah, F., Handayani, A., & Setiawan, A. (2022). Pengaruh self-awareness terhadap kedisiplinan jarak jauh di SMAN 3 Pemalang. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(6), 1386-1394.
Dachmiati, S. (2015). Program bimbingan kelompok untuk mengembangkan sikap dan kebiasaan belajar siswa. Faktor Jurnal Ilmu Kependidikan, 2(1), 10-21.
Govanny, L. J., Christine, Ptricia, R., & Hartini, S. (2021). Kedisiplinan ditinjau dari self-awareness pada siswa kelas XI di SMK Telkom 2 Medan. Journal of Research in Business, Economics, and Education, 3(1), 1531-1539.
Hafizha, R. (2021). Profil self-awareness remaja. Journal of Education and Counseling, 2(1), 158-166. https://doi.org/10.32627/jeco.v2i1.416
Karwanto, Soesana, A., Fitri, A., Kuswandi, S., Sastri, L., Falani, I., Aswan, N., Hasibuan, F. A., & Lestari, H. (2023). Metodologi penelitian kuantitatif. Yayasan Kita Menulis.
Marsurska, S., & Vladova, I. (2022). Teachers behaviour and students discipline. National Sport Academy, 2, 207-213.
Mu'min, A., Sindring, A., & Umar, F. N. (2022). Analisis rendahnya kedisiplinan belajar siswa dan penanganannya: Studi kasus siswa kelas X SMAN 5 Enrekang. Pinisi Journal of Education, 1, 1-11.
Puteri, N. H., Febriansyah, D. A., Natasya, I. P., Hartanto, D., & Brangtyamari. (2023). Pengaruh kesadaran diri terhadap kedisiplinan siswa SMKN 3 Yogyakarta. In Prosiding Seminar Nasional Pelaksanaan Program Lapangan Persekolahan (pp. 1907-1912). FKIP Universitas Ahmad Dahlan.
Rahmawati, A. (2020). Analisis disiplin belajar dengan hasil belajar menganalisis limbah busana siswa kelas X SMK Tata Busana [Unpublished undergraduate thesis]. Universitas Negeri Yogyakarta.
Rosy, B., & Matusolikhah, R. (2021). Pengaruh disiplin belajar dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19. Jurnal Ilmu Kependidikan, 2(2), 225-236. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1030
Rusnawati, & Nuffiar. (2022). Urgensi penerapan kedisiplinan pada peserta didik dalam belajar di lingkungan sekolah. Jurnal Aktualisasi Pendidikan Islam, 17(2), 88-99. https://doi.org/10.58645/jurnalazkia.v17i2.263
Siahaan, D. C., & Pramusinto, H. (2018). Pengaruh disiplin belajar, lingkungan sekolah, dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar. Economic Education Analysis Journal, 7(1), 279-285.
Sugiarto, P. A., Suyati, T., & Yulianti, D. P. (2019). Faktor kedisiplinan belajar pada siswa kelas X SMK Larenda Brebes. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(2), 232-238. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21279
Sugiyono. (2019). Penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sujawerni, V. W. (2014). Metodologi penelitian lengkap. Pustaka Baru Press.
Yuliantika, S. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi disiplin belajar siswa kelas X, XI, dan XII di SMA Bhakti Yasa Singaraja tahun pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 9(1), 35-44. https://doi.org/10.23887/jjpe.v9i1.19987
Refbacks
- There are currently no refbacks.