Improving learning outcomes of SMK students through window shopping model with mind mapping media
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMK Saraswati Sukoharjo pada mata pelajaran Dasar-Dasar Program Keahlian Manajemen Perkantoran melalui penerapan model pembelajaran window shopping yang dipadukan dengan media mind mapping. Latar belakang penelitian ini berangkat dari rendahnya motivasi dan capaian akademik siswa, yang sebagian besar belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam ketuntasan belajar, dari 70% pada siklus pertama menjadi 88,89% pada siklus kedua. Selain itu, terjadi peningkatan dalam pelaksanaan pembelajaran, baik dari segi interaksi siswa maupun peran aktif guru. Hal ini ditunjukkan oleh skor observasi yang meningkat dari kategori “cukup baik” menjadi “sangat baik” serta nilai rata-rata keaktifan siswa dimana kondisi awal dengan nilai rata-rata 46,3% mengalami peningkatan dengan kondisi akhir pada siklus II menjadi 85,2%. Temuan ini mengindikasikan bahwa strategi pembelajaran yang bersifat kolaboratif dan visual mampu menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik dan efektif, serta mendukung penguasaan materi secara lebih mendalam.
Kata kunci: ketuntasan belajar; motivasi belajar; pembelajaran kolaboratif
Abstract: This study aimed to improve learning outcomes of Grade X students at SMK Saraswati Sukoharjo in Basic Office Management Skills through implementation of the window shopping learning model combined with mind mapping media. The research background stemmed from low motivation and academic achievement among students, with the majority not meeting minimum competency criteria. We conducted the research in two cycles using Classroom Action Research (CAR) approach, including planning, action implementation, observation, and reflection stages. Results showed significant improvement in learning mastery, increasing from 70% in the first cycle to 88.89% in the second cycle. Additionally, notable improvement occurred in the learning process, both in student interaction and teacher's active role. This was indicated by observation scores increasing from "quite good" to "very good" category and average student activity scores improving from initial conditions of 46.3% to final conditions of 85.2% in Cycle II. These findings indicate that collaborative and visual learning strategies can create more engaging and effective learning experiences while supporting deeper subject matter understanding.
Keywords: collaborative learning; learning mastery; learning motivation
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afandi, M. (2016). Pentingnya penelitian tindakan kelas bagi guru dalam pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(1), 1-19. https://doi.org/10.30659/pendas.1.1.1-19
Amalia, R. D., & Wulandari, Y. (2022). Penerapan media interaktif untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah menengah kejuruan. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 9(1), 33-42. https://doi.org/10.21009/jitp.v9i1.2022
Awaliah, I. R., Nurfauziah, A., Nizar, A. M. S., Fauzan, F. A., & Mahfudin, D. (2023). Prinsip-prinsip penelitian tindakan kelas (PTK): Suatu kajian literatur. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(1), 1-10. https://riset-iaid.net/index.php/jpm/article/view/1401
Fauziah, N., & Hidayati, N. (2020). Efektivitas model pembelajaran window shopping terhadap peningkatan aktivitas belajar siswa. Jurnal Pendidikan Interaktif, 7(2), 112-119. https://doi.org/10.32502/jpi.v7i2.2020
Novitami, N. H. (2024). Pengaruh model pembelajaran window shopping berbantuan mind mapping terhadap pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa pada materi virus kelas X MAN Temanggung [Undergraduate thesis, Universitas Tidar].
Pulumoduyo, M. F., Suhada, S., Dwinanto, A., & Dangkua, E. V. (2024). Analisis kejenuhan belajar siswa pada mata pelajaran informatika di SMK Negeri 1 Gorontalo. Inverted: Journal of Information Technology Education, 4(2). https://doi.org/10.37905/inverted.v4i2.25759
Putri, A. Y., & Yuliana, S. (2021). Peningkatan keterampilan kolaboratif siswa melalui model pembelajaran aktif berbasis proyek. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Inovatif, 4(3), 55-64. https://doi.org/10.1234/jppi.v4i3.2021
Sari, D. P., & Nur, M. (2022). Penerapan metode window shopping untuk meningkatkan keterampilan sosial dan pemahaman konsep siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9(1), 45-53. https://doi.org/10.12345/jpp.v9i1.6789
Silalahi, S. K., Ahmal, A., & Asril, A. (2024, November 10). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe window shopping untuk meningkatkan keaktifan belajar dalam pembelajaran sejarah kelas XI IPS di SMAN 6 Pekanbaru. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(11), 13009-13016.
Susanti, S., Aminah, F., Assa'idah, I. M., Aulia, M. W., & Angelika, T. (2024). Dampak negatif metode pengajaran monoton terhadap motivasi belajar siswa. Pedagogik: Jurnal Pendidikan dan Riset, 2(2), 86-93. https://ejournal.edutechjaya.com/index.php/pedagogik/article/view/529
Syaifudin, A. (2020). Metode latihan terbimbing untuk meningkatkan keterampilan bermain ansambel rekorder siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Keruak. NUSANTARA, 2(1), 50-70. https://doi.org/10.36088/nusantara.v2i1.675
Thahlia, P., & Paseleng, M. C. (2024). Pengaruh media interaktif terhadap minat belajar siswa di SMK Negeri 1 Tengaran. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(2). https://www.jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/5188
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. (2005). Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 78.
Wijaya, H., & Pratiwi, M. (2019). Analisis faktor penyebab rendahnya motivasi belajar siswa di sekolah menengah kejuruan. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 6(1), 70-80. https://doi.org/10.23887/jep.v6i1.2019
Wulandari, T., & Zainuddin, Z. (2021). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis flipbook digital untuk meningkatkan pemahaman materi siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 23(2), 115-124. https://doi.org/10.21009/jtp.v23i2.2021
Yunianto, F. E. (2021). Media interaktif berbasis web bermuatan problem based learning pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas X SMK. Repositori Universitas Negeri Malang. http://repository.um.ac.id/id/eprint/198384
Yusri, H., & Fitriyani, R. (2023). Pengaruh media mind mapping digital terhadap peningkatan pemahaman konsep. Jurnal Teknologi Pembelajaran, 11(2), 150-161. https://doi.org/10.31227/jtp.v11i2.2023
Refbacks
- There are currently no refbacks.