Social media use and self-efficacy effects on entrepreneurial interests of vocational high school students

Amanda Sukma Ariyani, Hery Sawiji

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial dan efikasi diri terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI MPLB SMKN 1 Banyudono tahun ajaran 2024/2025, baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan melibatkan 72 siswa melalui teknik sampling jenuh. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket dan dianalisis dengan regresi linier berganda menggunakan IBM SPSS Statistics 22. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan penggunaan media sosial terhadap minat berwirausaha dengan nilai thitung > ttabel (4,145 > 1,995) dan nilai signifikansi 0,00 < 0,05; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan efikasi diri terhadap minat berwirausaha dengan nilai thitung > ttabel (3,778 > 1,995) dan nilai signifikansi 0,00 < 0,05; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan penggunaan media sosial dan efikasi diri secara bersama-sama terhadap minat berwirausaha dengan Fhitung > Ftabel (49,274 > 3,13) dan nilai signifikansi 0,00 < 0,05. Persamaan regresi yang diperoleh adalah Ŷ = 1,615 + 0,712X1 + 0,557X2 + e dengan nilai R² sebesar 0,588 yang berarti bahwa 58,8% minat berwirausaha dipengaruhi oleh kedua faktor tersebut. Sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.

 

Kata kunci: komunikasi digital; kuantitatif; pola pikir bisnis; wirausahawan muda


Abstract: This research aimed to determine the influence of social media use and self-efficacy on entrepreneurial interest of Class XI MPLB students at SMKN 1 Banyudono in the 2024/2025 academic year, both partially and simultaneously. We employed a quantitative approach involving 72 students through saturated sampling technique. Data were collected using questionnaires and analyzed with multiple linear regression using IBM SPSS Statistics 22. Results showed: (1) social media use had a positive and significant influence on entrepreneurial interest (t = 4.145, p < .001); (2) self-efficacy had a positive and significant influence on entrepreneurial interest (t = 3.778, p < .001); (3) social media use and self-efficacy together had a significant influence on entrepreneurial interest (F = 49.274, p < .001). The regression equation obtained was Ŷ = 1.615 + 0.712X₁ + 0.557X₂ + e with an R² value of 0.588, meaning that 58.8% of entrepreneurial interest was influenced by these two factors. The remainder was influenced by other factors.

 

Keywords: business mindset; digital communication; quantitative; youth entrepreneurship

Keywords

komunikasi digital; kuantitatif; pola pikir bisnis; wirausahawan muda; business mindset; digital communication; quantitative; youth entrepreneurship

Full Text:

PDF

References

Abdullah, S. M. (2019). Social cognitive theory: A Bandura thought review published in 1982-2012. Journal Psikodimensia, 18(1). https://doi.org/10.24167/psidim.v18i1.1708

Afiyati, L. S., & Santoso, J. T. B. (2022). Self efficacy memediasi pengaruh pengetahuan kewirausahaan, teaching factory, dan penggunaan media sosial terhadap minat berwirausaha. Business and Accounting Education Journal, 3(3), 347-363. https://doi.org/10.15294/baej.v3i3.57080

Amsal, M., & Sahban. (2024). Pengaruh media sosial dan teknologi digital terhadap minat berwirausaha di kalangan mahasiswa manajemen bisnis. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(3), 10485-10489. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp

Ansari, J. A. N., & Khan, N. (2020). Exploring the role of social media in collaborative learning the new domain of learning. Smart Learning Environments, 7(9), 1-16. https://doi.org/10.1186/s40561-020-00118-7

Badawi, A., Aditi, B., & Setiamy, A. A. (2022). Pengaruh pendidikan kewirausahaan, penggunaan media sosial, ketersediaan informasi, terhadap minat berwirausaha mahasiswa FEB UNHAR dengan self efficacy sebagai variabel moderasi. Jurnal Akutansi, Manajemen, Dan Ilmu Ekonomi, 3(1), 227-238. https://jasmien.cattleyadf.org/index.php/jas/article/view/112/27

Bariyah, K. (2024). Pengaruh penggunaan media sosial, lingkungan keluarga, self efficacy dan locus of control terhadap minat berwirausaha online: Studi kasus remaja Muslim di Kecamatan Doro [Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan].

Chang, S. H., Shu, Y., Wang, C. L., Chen, M. Y., & Ho, W. S. (2020). Cyber-entrepreneurship as an innovative orientation: Does positive thinking moderate the relationship between cyber-entrepreneurial self-efficacy and cyber-entrepreneurial intentions in non-IT students? Computers in Human Behavior, 105, 105975. https://doi.org/10.1016/j.chb.2019.03.039

Chaniago, H., & Sayuti, A. M. (2019). Peran adopsi teknologi social media terhadap niat berwirausaha mahasiswa studi pada mahasiswa vokasi non rekayasa Polban. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 5(3), 24-35. https://doi.org/10.35313/jrbi.v5i3.1578

Donoriyanto, D. S., Indiyanto, R., R., N. R. J. A., & Syamsiah, Y. A. (2023). Optimalisasi penggunaan media sosial sebagai sarana promosi online store pada pelaku UMKM di Kota X. Jurnal Abdimas Peradaban, 4(1), 42-50. https://doi.org/10.54783/ap.v4i1.22

Firmansyah, D., & Saepuloh, D. (2022). Social learning theory: Cognitive and behavioral approaches. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik, 1(3), 297-324. https://doi.org/10.55927/jiph.v1i3.2317

Fitri, M. E. Y., Hastini, L. Y., & Chairoel, L. (2024). Social cognitive career theory pada minat berwirausaha siswa SMK. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Dharma Andalas, 26(1), 83-100. https://doi.org/10.47233/jebd.v26i1.1297

Hartini, Haerani, S., Mardiana, R., & Sumardi. (2017). The influences of quality of work life and organizational justice on the employees performance of the state owned enterprises (SOEs) in South Sulawesi. Scientific Research Journal, 5(8), 1-8. https://doi.org/10.31364/SCIRJ/v5.i8.2017

Hartini, Wardhana, A., Normiyati, & Sulaiman, S. (2022). Peran self-efficacy dalam meningkatkan minat berwirausaha women entrepreneur yang dimediasi oleh pengetahuan kewirausahaan. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 18(2), 132-148. https://doi.org/10.21067/jem.v18i2.7036

Hastuti, P., Nurofik, A., Purnomo, A., Hasibuan, A., Aribowo, H., Faried, A. I., Tasnim, Sudarso, A., Soetijono, I. K., Saputra, D. H., & Simarmata, J. (2020). Kewirausahaan dan UMKM. Yayasan Kita Menulis.

Heriyanto, Y. (2020). Pengaruh pendidikan kewirausahaan, self efficacy, dan penggunaan media sosial melalui motivasi berwirausaha terhadap minat berwirausaha mahasiswa Ekonomi Pembangunan UNNES angkatan 2017 [Undergraduate thesis, Universitas Negeri Semarang].

Indriyani, I., & Subowo. (2019). Pengaruh pengetahuan kewirausahaan dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha melalui self-efficacy. Economic Education Analysis Journal, 8(2), 470-484. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i2.31493

Isma, T. W., Giatman, M., & Nazar, E. (2021). Studi literature: Analisis pengaruh pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa SMK. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 59-67. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i1.168

Kumara, B. (2020). Analisis faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha dengan menggunakan media sosial. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 6(1), 52-56. https://doi.org/10.32528/jmbi.v6i1.3533

Lubem, A. E., & Sarah, D. H. (2018). Moderating effect of self-efficacy on the relationship between women empowerment and new venture creation in Benue State, Nigeria. International Journal of Information, Business and Management, 10(2), 1-18.

Marlina, R., Cecilia, D., & Hafizh, M. (2024). Terbatasnya ketersediaan lapangan kerja dan dampak pengangguran yang tinggi di Indonesia. Journal of Economics and Development, 1(2), 46-59. https://doi.org/10.70656/jend.v1i2.177

Mustofa, M. A. (2014). Pengaruh pengetahuan kewirausahaan, self efficacy, dan karakter wirausaha terhadap minat berwirausaha pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Depok Kabupaten Sleman [Undergraduate thesis, Universitas Negeri Yogyakarta].

Nagel, F., & Suhartatik, A. (2018). Faktor internal dan eksternal minat berwirausaha dan keberhasilan usaha pada UMKM di Surabaya. Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 15(1). https://doi.org/10.35384/jkp.v15i1.164

Oyugi, J. L. (2015). The mediating effect of self-efficacy on the relationship between entrepreneurship education and entrepreneurial intentions of university students. Journal of Entrepreneurship, Management and Innovation, 11(2), 31-56. https://doi.org/10.7341/20151122

Prasetyani, H., Kurniawati, K., & Purnamasari, D. (2024). Literature review: Keterkaitan pelaksanaan kurikulum merdeka di SMK jurusan desain komunikasi visual dengan kebutuhan dunia kerja. Journal of Language and Literature Education, 1(2), 75-78. https://doi.org/10.59407/jolale.v1i2.784

Romadhon, F., & Diamastuti, E. (2020). Tax compliance: A theoretical analysis based on the perspective of attribution theory. Jurnal Ilmiah ESAI, 14(1). https://doi.org/10.25181/esai.v14i1.2382

Sahroh, A. F. (2018). Pengaruh literasi ekonomi dan tingkat penggunaan media sosial terhadap minat berwirausaha mahasiswa Fakultas Ekonomi di Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6(3), 208-215. https://doi.org/10.26740/jupe.v6n3.p%25p

Sampene, A. K., Li, C., Wiredu, J., Agyeman, F. O., & Brenya, R. (2024). Examining the nexus between social cognition, biospheric values, moral norms, corporate environmental responsibility and pro-environmental behaviour: Does environmental knowledge matter? Current Psychology, 43(7), 6549-6569. https://doi.org/10.1007/s12144-023-04832-6

Saptono, A., Wibowo, A., Narmaditya, B. S., Karyaningsih, R. P. D., & Yanto, H. (2020). Does entrepreneurial education matter for Indonesian students' entrepreneurial preparation: The mediating role of entrepreneurial mindset and knowledge. Cogent Education, 7(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2020.1836728

Sari, E. (2024). Pengaruh media sosial, self efficacy, dan pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha [Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan].

Shahab, Y., Chengang, Y., Arbizu, A. D., & Haider, M. J. (2019). Entrepreneurial self-efficacy and intention: Do entrepreneurial creativity and education matter? International Journal of Entrepreneurial Behavior & Research, 25(2), 259-280. https://doi.org/10.1108/IJEBR-12-2017-0522

Sun, U. Y., Xu, H., Kluemper, D. H., McLarty, B. D., & Yun, S. (2024). Ethical leadership and knowledge sharing: A social cognitive approach investigating the role of self-efficacy as a key mechanism. Journal of Business Research, 174, 114531. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2024.114531

Syifana, A., & Rochmatullah, M. R. (2024). Pengaruh magang wirausaha merdeka, motivasi, penggunaan media sosial dan self-efficacy dalam meningkatkan minat berwirausaha mahasiswa. Journal of Economic, Business and Accounting, 7(4), 7397-7412. https://doi.org/10.31539/costing.v7i4.10037

Taufik, A., Azhad, M. N., & Hafidzi, A. H. (2018). Faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha mahasiswa. Jurnal Penelitian Ipteks, 3(1). https://doi.org/10.32528/ipteks.v3i1.1881

Wanto, S. F. (2014). Pengaruh kemandirian dan motivasi berwirausaha terhadap minat berwirausaha siswa SMKN 1 Seyegan. E-Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 2(3), 185-192. https://doi.org/10.21831/teknik mesin.v2i3.3379

Wardana, L. W., Narmaditya, B. S., Wibowo, A., Mahendra, A. M., Wibowo, N. A., Harwida, G., & Rohman, A. N. (2020). The impact of entrepreneurship education and students' entrepreneurial mindset: The mediating role of attitude and self-efficacy. Heliyon, 6(9), e04922. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e04922

Wibowo, A., Narmaditya, B. S., Suparno, Sebayang, K. D. A., Mukhtar, S., & Shafiai, M. H. M. (2023). How does digital entrepreneurship education promote entrepreneurial intention? The role of social media and entrepreneurial intuition. Social Sciences & Humanities Open, 8(1), 100681. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2023.100681

Yanti, A. (2019). Pengaruh pendidikan kewirausahaan, self efficacy, locus of control dan karakter wirausaha terhadap minat berwirausaha. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(2), 268-283. https://doi.org/10.30596/maneggio.v2i2.3774

Refbacks

  • There are currently no refbacks.