Implementation of video-based think-pair-share method to enhance industrial relations learning outcomes among vocational school students

Kusuma Erawati, Winda Nur Fitriati, Ika Nuraini Puspita Sari, Cicilia Dyah Sulistyaningrum Indrawati, Ninuk Setyaning Rahayu

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI MPLB SMK Bhakti Karya Karanganyar pada materi hubungan industrial. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak tiga siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Untuk mendukung pendekatan pembelajaran digunakan video pembelajaran yang dipadukan dengan metode think-pair-share. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas XI MPLB SMK Bhakti Karya. Fokus penelitian ini adalah pada hasil belajar siswa, aktivitas siswa dalam proses pembelajaran, dan keterampilan mengajar guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan tes dan non-tes untuk memperoleh data. Instrumen tes menghasilkan data kuantitatif berupa nilai hasil belajar siswa, sedangkan instrumen non-tes, seperti lembar observasi aktivitas siswa dan keterampilan guru, menghasilkan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada ketiga aspek tersebut dari siklus I hingga siklus III. Rata-rata kecakapan guru meningkat dari kategori baik menjadi sangat baik, yaitu dari 2,37 menjadi 3,75. Aktivitas siswa dalam pembelajaran juga meningkat, dengan rata-rata nilai dari 25,87 menjadi 27,30. Nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari 50 menjadi 80, dan pada siklus III, tingkat ketuntasan belajar mencapai 84,84%. Penerapan think-pair-share berbasis video pembelajaran meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar siswa dalam materi hubungan industrial, menurut temuan penelitian.

 

Kata kunci: aktivitas belajar; hasil belajar; penelitian tindakan kelas; think-pair-share; video pembelajaran

 

Abstract: This study aimed to enhance the learning outcomes of Grade XI Office Administration and Business Services (OABS) students at SMK Bhakti Karya Karanganyar in Industrial Relations subject matter. Methods: A Classroom Action Research (CAR) methodology was employed, implemented across three cycles with two meetings per cycle. Video-based learning was integrated with the think-pair-share instructional method to support the pedagogical approach. The research subjects comprised the teacher and 33 students from Grade XI OABS at SMK Bhakti Karya. The investigation focused on three key aspects: student learning outcomes, student engagement during the learning process, and teacher instructional competencies. Data Collection: Both quantitative and qualitative data collection instruments were utilized. Test instruments generated quantitative data on student achievement, while non-test instruments, including student activity observation sheets and teacher performance evaluation forms, provided qualitative insights. Results: The findings demonstrated consistent improvements across all three measured aspects from Cycle I through Cycle III. Teacher instructional competency advanced from "good" to "excellent" categories, with average scores increasing from 2.37 to 3.75. Student engagement showed notable enhancement, with average scores rising from 25.87 to 27.30. Most significantly, student learning outcomes improved substantially, with mean scores increasing from 50 to 80, and learning mastery rates reaching 84.84% in Cycle III. Conclusion: The implementation of video-based think-pair-share methodology successfully enhanced both the quality of the instructional process and student learning outcomes in Industrial Relations subject matter.

 

Keywords : classroom action research; learning  activities; learning outcomes; think-pair-share; video-based learning

Keywords

aktivitas belajar; hasil belajar; penelitian tindakan kelas; think-pair-share; video pembelajaran; classroom action research; learning activities; learning outcomes; think-pair-share; video-based learning

Full Text:

PDF

References

Ardianti, D., & Ningsih, K. (2016). Pengaruh model think-pair-share berbantuan media poster materi klasifikasi makhluk hidup. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(12). https://doi.org/10.26418/jppk.v5i12.17826

Hamdani. (2019). Strategi belajar mengajar. CV Pustaka Setia.

Indra Nanda, Sayfullah, H., Pohan, R., Windariyah, D. S., Fakhrurrazi, Khermarinah, Mulasi, S., Warlizasusi, J., Hurit, R. U., Harizahayu, Arianto, D., Wahab, A., Romdloni, Nur Aini, A., & Bawa, I. D. G. A. R. (2021). Penelitian tindakan kelas untuk guru inspiratif (A. H. Prasetyo, Ed.). Penerbit Adab.

Irawati. (2020). Analisis ketrampilan dasar mengajar mahasiswa calon guru biologi di Pendidikan Biologi FKIP UAD. Jurnal Pendidikan IPA, 9(1), 33-39. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v9i1.41378

Jayusman, & Shavab. (2020). Implementasi strategi pembelajaran station rotation pada pembelajaran IPA dan dampaknya terhadap aktivitas belajar peserta didik. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(2), 123-130. https://doi.org/10.17977/um063.v5.i4.2025.2

Kartikawati, C. Y., & Purwanti, E. (2015). Penerapan model think-pair-share dengan media video untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS. Joyful Learning Journal, 4(3). https://doi.org/10.15294/jlj.v4i3.8397

Mulyasa, E. (2019). Manajemen dan kepemimpinan kepala sekolah. Bumi Aksara.

Nanda, D., Prayitno, B. A., & Suryani, N. (2021). Pengembangan instrumen penilaian kompetensi guru dalam pembelajaran abad 21. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 12(2), 113-122. https://doi.org/10.21831/jep.v12i2.12345

Pamungkas, D. R. A., Nursyahidah, F., Saputra, H. J., & Wigati, T. (2023). Peningkatan hasil belajar IPS menggunakan model think-pair-share berbantuan media video pembelajaran di kelas 5 SDN Panggung Lor. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 13134-13141. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.8476

Putri, E. V., & Winanto, A. (2023). Model pembelajaran think-pair-share dengan media video untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa. Educatio: Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(3), 1302-1307. https://doi.org/10.29210/0216jpi.v9i3.134

Rachmawati, A., & Erwin, E. (2022). Pengaruh model pembelajaran think-pair-share (TPS) berbantuan media video animasi terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7637-7643. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3669

Rahman, A. A., Sianipar, D., Affrida, E. N., Mustakim, & Baiti, N. (2023). Media dan teknologi pembelajaran (A. Yanto & T. P. Wahyuni, Eds.). Global Eksekutif Teknologi.

Ridwan, Q. A., Arafah, K., & Arsyad, M. (2020). Analisis aktivitas belajar peserta didik dalam pembelajaran fisika berbasis pemecahan masalah. In Prosiding Seminar Nasional Fisika PPs UNM (Vol. 2, pp. 56-59). http://ojs.unm.ac.id/semnasfisika

Widodo, S. (2020). Evaluasi kinerja guru melalui observasi kelas berbasis kompetensi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 25(1), 45-54. https://doi.org/10.26740/jpp.v25n1.p45-54

Zulela, M. S., Wulandari, T. D. C., Fahira, A. Z., Yani, A. F., Akmal, L. A. N., Putri, N. N., Dewi, N. R., Rohmah, S., Setiawan, B., & Iasha, V. (2025). Implementasi model pembelajaran think pair share (TPS) terhadap peningkatan hasil belajar dan sikap kerja sama peserta didik pada mata pelajaran PPKN di sekolah dasar. Action Research Journal Indonesia, 7(1). https://doi.org/10.61227/arji.v7i1.281

Refbacks

  • There are currently no refbacks.