Effects of self-regulation and family environment on students' learning discipline
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh regulasi diri dan lingkungan keluarga terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas X MPLB SMK Negeri 6 Surakarta baik secara simultan maupun parsial. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif kausalitas dengan metode ex post facto. Populasi penelitian berjumlah 108 siswa, dan yang dijadikan sampel adalah 86 siswa. Data dikumpulkan melalui angket skala Likert yang telah teruji validitas dan reliabilitas, dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan perangkat lunak IBM SPSS Statistics 27. Hasil analisis menunjukkan: (1) regulasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap kedisiplinan belajar, dengan t-hitung = 5,77 > t-tabel = 1,98 dan p = 0,001 < 0,05; (2) lingkungan keluarga tidak berpengaruh signifikan terhadap kedisiplinan belajar, dengan t-hitung = 1,07 < t-tabel = 1,98 dan p = 0,31 < 0,05; dan (3) secara simultan regulasi diri dan lingkungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan, dengan F-hitung = 19,19 > F-tabel = 3,11 dan p = 0,001 < 0,05. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Ŷ = 19,79 + 0,44 X₁ + 0,04 X₂, dengan koefisien determinasi (R²) sebesar 0,312, yang berarti kedua variabel independen bersama-sama menjelaskan 31,2% varians kedisiplinan belajar siswa.
Kata kunci: kuantitatif; regresi berganda; sekolah menengah kejuruan
Abstract: This study aimed to examine the influence of self-regulation and family environment on learning discipline among Grade X Office Administration and Business Services (OABS) students at SMK Negeri 6 Surakarta, both simultaneously and individually. Methods: A quantitative causal approach with ex post facto design was employed. The population comprised 108 students, with 86 selected as the sample using simple random sampling. Data were collected through validated and reliable Likert-scale questionnaires and analyzed using multiple linear regression with IBM SPSS Statistics 27. Results: The analysis revealed that: (1) self-regulation demonstrated a positive and significant effect on learning discipline (t = 5.77 > t-table = 1.98, p = 0.001 < 0.05); (2) family environment showed no significant effect on learning discipline (t = 1.07 < t-table = 1.98, p = 0.31 > 0.05); and (3) simultaneously, self-regulation and family environment exhibited a positive and significant influence (F = 19.19 > F-table = 3.11, p = 0.001 < 0.05). Conclusion: The regression equation Y = 19.79 + 0.44X₁ + 0.04X₂ was derived, with a coefficient of determination (R²) of 0.312, indicating that both independent variables together explained 31.2% of the variance in students' learning discipline. Self-regulation emerged as the primary predictor of learning discipline in vocational education settings.
Keywords: multiple regression; quantitative approach; vocational high school
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardian, W. S., Rosyid, R., & Sastra Atmaja, T. (2019). Analisis faktor yang mempengaruhi disiplin belajar siswa kelas X IPA 1 MAN 1 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(5), 1-9.
Baeng, H. P. D., Dartiningsih, M. W., Kons, M. P., & Susanta, I. W. (2020). Pengaruh self-regulation (pengaturan diri) terhadap disiplin belajar siswa kelas XI MM1 SMK Negeri 1 Sukawati tahun pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(2), 213-222.
Devi, G., & Vaidharani, S. (2024). Relationship between study habit and home environment of prospective teachers. International Journal of Creative Research Thoughts, 12(1), 236-241. https://www.ijcrt.org/viewfull.php?&p_id=IJCRT2401243
Fathurrizqy, R., & Ulfatun, T. (2024). Penerapan problem-based learning dalam meningkatkan hasil belajar MYOB siswa akuntansi di SMK Negeri 6 Surakarta. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 899-908.
Friskilia, O., & Winata, H. (2018). Regulasi diri (pengaturan diri) sebagai determinan hasil belajar siswa sekolah menengah kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(1), 184-192. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i1.9454
Heryanti, E., Azrai, E. P., & Melvinasari, M. W. (2022). The relationship between motivation to learn biology and discipline with students' cognitive learning outcomes during online learning. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 15(2), 180-188. https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v15i2.53849
Ismail, A. M., Supriatna, M., & Nurihsan, J. (2023). Student learning discipline during the Covid-19 pandemic. Docens Series in Education, 4, 19-31. https://doi.org/10.20319/dv4.1931
Khoeriyah, F. (2022). Pengaruh lingkungan keluarga terhadap kedisiplinan siswa pada pembelajaran PAI di MI. Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam, 7(2), 104-115. https://doi.org/10.33507/ar-rihlah.v7i2.980
Reski, N., Taufik, T., & Ifdil, I. (2017). Konsep diri dan kedisiplinan belajar siswa. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 5(3), 120-127. https://doi.org/10.29210/120182184
Santosa, W. P., Sari, D. E., Ahmad, N. L., & Idris, P. S. (2021). Work culture implementation in vocational high school. Journal of Vocational and Technical Education, 3(2), 29-33.
Saumadhani, A., & Surjanti, J. (2021). Analisis faktor konsep diri, lingkungan keluarga dan motivasi belajar terhadap disiplin belajar ekonomi. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(6), 2649-2661. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i6.2913
Setiawan, S. (2017). Pengaruh bentuk pola asuh orang tua dan regulasi diri terhadap disiplin siswa. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5(2), 259-265.
Sumandari, T. E. (2021). Pengaruh regulasi diri terhadap kedisiplinan siswa SD Negeri 2 Gumul Karangnongko Kabupaten Klaten tahun pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(2), 145-153.
Wahab, V., Rahman, N., & Fitri, M. (2021). Pengaruh kedisiplinan belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa di SMA Muhammadiyah Maumere. Economics and Education Journal, 3(1), 63-72. https://doi.org/10.33503/ecoducation.v3i1.1182
Yadav, R., & Kumari, R. (2020). Relationship between study habits and parent-child relation among school students. International Journal of Multidisciplinary Educational Research, 9(12), 25-33.
Refbacks
- There are currently no refbacks.