The influence of parental background and "Viska Mart" business center on students' entrepreneurial interest

Yuanita Mukti Artati, Patni Ninghardjanti

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latar belakang orang tua dan business center “Viska Mart” terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI Pemasaran di SMK Negeri 6 Surakarta, secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Jumlah populasi 72 siswa. Penentuan sampel menggunakan sampling jenuh. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda melalui aplikasi IBM SPSS Statistics 27. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan latar belakang orang tua terhadap minat berwirausaha dengan nilai signifikansi sebesar 0,036 < 0,05 dan nilai thitung > ttabel (2,144 > 1,997); (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan business center “Viska Mart” terhadap minat berwirausaha dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai thitung > ttabel (4,936 > 1,997); (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan latar belakang orang tua dan business center “Viska Mart” secara simultan terhadap minat berwirausaha dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai Fhitung > Ftabel (22,736 > 3,13). Persamaan regresi penelitian yaitu Ŷ = 19,911 + 0.563X₁ + 0.814X₂ dengan R² sebesar 0,397. Sumbangan efektif  X₁ terhadap Y sebesar 9,4%. Sumbangan efektif X₂ terhadap Y sebesar 30,3%. Sumbangan relatif X₁ terhadap Y sebesar 23,7%. Sumbangan relatif X₂ terhadap Y sebesar 76,3%.

 

Kata kunci : kuantitatif; minat berwirausaha; orang tua; praktik kewirausahaan

 

Abstract: This research aims to determine the influence of parental background and the "Viska Mart" business center on entrepreneurial interest among Grade XI Marketing students at SMK Negeri 6 Surakarta, both partially and simultaneously. This study employs a quantitative correlational approach with a population of 72 students. Sample determination utilized saturated sampling methods, and data collection was conducted through questionnaires. Data analysis employed multiple linear regression analysis using IBM SPSS Statistics 27. Results demonstrate: (1) a significant positive influence of parental background on entrepreneurial interest with a significance value of 0.036 < 0.05 and t-calculated > t-table (2.144 > 1.997); (2) a significant positive influence of the "Viska Mart" business center on entrepreneurial interest with a significance value of 0.000 < 0.05 and t-calculated > t-table (4.936 > 1.997); (3) a significant positive simultaneous influence of parental background and "Viska Mart" business center on entrepreneurial interest with a significance value of 0.000 < 0.05 and F-calculated > F-table (22.736 > 3.13). The research regression equation is Ŷ = 19.911 + 0.563X₁ + 0.814X₂ with R² of 0.397. The effective contribution of X₁ to Y is 9.4%, while X₂ contributes 30.3%. The relative contribution of X₁ to Y is 23.7%, and X₂ contributes 76.3%.

 

Keywords : entrepreneurial practice; interest in entrepreneurship; parents; quantitative

Keywords

kuantitatif; minat berwirausaha; orang tua; praktik kewirausahaan; entrepreneurial practice; interest in entrepreneurship; parents; quantitative

Full Text:

PDF

References

Ahmed, T., Chandran, V. G. R., Klobas, J. E., Liñán, F., & Kokkalis, P. (2020). Entrepreneurship education programmes: How learning, inspiration and resources affect intentions for new venture creation in a developing economy. International Journal of Management Education, 18(1), 1-13. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2019.100327

Daramitha Utami, R., & Denmar, D. (2020). Pengaruh business center, sikap kewirausahaan, motivasi berwirausaha terhadap kesiapan berwirausaha siswa kelas XI Bisnis Daring dan Pemasaran SMKN 2 Kota Jambi. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 466-480. https://doi.org/10.38035/JMPIS

Fatmawati, K., Purwantiningsih, E. S., Kusuma, R. A., Indrawati, A., Wardana, L. W., & Rahma, A. (2023). Implementation of entrepreneurship learning in business centers at the vocational high school level: Systematic literature review (SLR). International Journal of Education, Language, Literature, Arts, Culture, and Social Humanities, 1(2), 38-52. https://doi.org/10.59024/ijellacush.v1i2.80

Indra, A. R., & D.W.P, S. (2016). Pengaruh pendidikan kewirausahaan dan pelaksanaan kegiatan business center terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI Jurusan Pemasaran SMK Negeri 2 Semarang tahun ajaran 2015/2016. Journal of Economic Education, 5(1), 39-51. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jeec/article/view/13018/7111

Irawan, Raysharie, P. I., Tesalonika, Septianingsih, D., Samman, M., Satrio, M., Sari, N., Nisa, S. P., & Zulkarnain. (2024). Pengaruh pengangguran terhadap pertumbuhan ekonomi. Nian Tana Sikka: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(1), 98-106. https://doi.org/10.59603/niantanasikka.v2i1.258

Khoirina, A. S., & Martha, J. A. (2023). Analysis of interest in entrepreneurship through learning creative products in entrepreneurship and business centers for students. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(2), 751-761. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1133

Kurniawati, Y. D., & Kusmuriyanto, K. (2019). Pengaruh business center dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha melalui self awareness. Economic Education Analysis Journal, 7(3), 832-847. https://doi.org/10.15294/eeaj.v7i3.28314

Nasrullah, M. (2016). Pengaruh jiwa kewirausahaan dan latar belakang orang tua terhadap minat berwirausaha siswa SMK an-Nur Bululawang Malang [Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim].

Novitasari, A. T. (2019). Lingkungan keluarga sebagai faktor ekstrinsik minat berwirausaha. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen dan Keuangan, 3(2), 71-86. https://doi.org/10.26740/jpeka.v3n2.p71-86

Savitri, S. D., Sunarni, S., & Sobri, A. Y. (2024). Pengaruh pembelajaran kewirausahaan dan latar belakang orang tua terhadap motivasi berwirausaha siswa kelas XI SMKN Kota Malang. JAMP: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 7(2), 152. https://doi.org/10.17977/um027v7i22024p152

Setiawan, D., & Sukanti. (2016). Pengaruh ekspektasi pendapatan, lingkungan keluarga dan pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha. Jurnal Profita, 7, 1-12.

Sukron Djazilan, M., & Darmawan, D. (2022). Entrepreneurship education and family support: The determinants that appear entrepreneurship interest for students. ISSE International Journal of Service Science, 1(2), 26-30.

Suwandi, Amelia, Stumorang, M. S., & Parlindungan, S. (2024). Peran kewirausahaan dalam memajukan perekonomian bangsa. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Ekonomi, 2(1), 223-233. https://doi.org/10.55606/cemerlang.v4i2.2638

Wicaksono, R. G., & Subiyono. (2017). Hubungan antara profil jiwa wirausaha dan latar belakang orang tua terhadap minat berwirausaha di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, 5(5), 311-316.

Zunaedy, M., Aisyah, S., & Ayuningtyas, T. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2016 STKIP PGRI Lumajang tahun akademik 2020/2021. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 6(1), 47-59. https://doi.org/10.21067/jrpe.v6i1.5294

Refbacks

  • There are currently no refbacks.