The influence of internal locus of control and parental socioeconomic status on students' work readiness

Fitriana Risna Astuti, Patni Ninghardjanti

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh internal locus of control terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII MPLB SMK N 1 Sukoharjo, (2) pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII MPLB SMK Negeri 1 Sukoharjo, (3) pengaruh internal locus of control dan status sosial ekonomi orang tua terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII MPLB SMK Negeri 1 Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan populasi siswa kelas XII MPLB SMK N 1 Sukoharjo dan sampel sebanyak 84 siswa yang diperoleh dengan teknik probability sampling. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) internal locus of control berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja (thitung 9.047 > ttabel 1.992) dan nilai signifikansi (0.00 < 0.05), (2) status sosial ekonomi orang tua tidak berpengaruh terhadap kesiapan kerja (thitung -1.695 < ttabel 1.992 ) dan nilai signifikansi (0.094 > 0.05), (3) internal locus of control dan status sosial ekonomi orang tua secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja (Fhitung sebesar 42.171> Ftabel 3.109) dan nilai signifikansi (0.00 < 0.05). Variabel bebas memberikan pengaruh terhadap variabel terikat sebesar 51% dan sisanya 49% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian.

 

Kata kunci : kendali diri; kondisi ekonomi keluarga; kuantitatif


Abstract: This study aims to determine: (1) the influence of internal locus of control on work readiness among Grade XII Office Management and Business Services (MPLB) students at SMK N 1 Sukoharjo; (2) the influence of parental socioeconomic status on work readiness among Grade XII MPLB students at SMK Negeri 1 Sukoharjo; and (3) the combined influence of internal locus of control and parental socioeconomic status on work readiness among Grade XII MPLB students at SMK Negeri 1 Sukoharjo. This research employed quantitative methods with a population of Grade XII MPLB students at SMK N 1 Sukoharjo and a sample of 84 students obtained through probability sampling techniques. Data analysis utilized multiple regression analysis. Results demonstrate: (1) internal locus of control has a positive and significant effect on work readiness (t-calculated 9.047 > t-table 1.992) with significance value (0.00 < 0.05); (2) parental socioeconomic status does not influence work readiness (t-calculated -1.695 < t-table 1.992) with significance value (0.094 > 0.05); and (3) internal locus of control and parental socioeconomic status simultaneously have positive and significant effects on work readiness (F-calculated 42.171 > F-table 3.109) with significance value (0.00 < 0.05). Independent variables contribute 51% influence on the dependent variable, while the remaining 49% is influenced by other variables outside this research.

 

Keywords : family economic conditions; self-control; quantitative

Keywords

kendali diri; kondisi ekonomi keluarga; kuantitatif; family economic conditions; self-control; quantitative

Full Text:

PDF

References

Abdullah, K., Aiman, U., Fadilla, Z., & Ardiawan, K. N. (2022). Metodologi penelitian kuantitatif. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Aditiya, A. (2021). Hubungan konsep diri dan kemandirian belajar dengan kesiapan kerja siswa kelas XI SMK Negeri 2 Pengasih. NOZEL Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 3(2), 77-89. https://doi.org/10.20961/nozel.v3i2.52117

Agung, & Ratnawili. (2020). Pengaruh locus of control, self efficacy dan self esteem terhadap kinerja perawat. OSF Preprints. https://osf.io/preprints/38kt4/

Annisa, D. N., Tentama, F., & Bashori, K. (2021). The role of family support and internal locus of control in entrepreneurial intention of vocational high school students. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(2), 381-388. https://doi.org/10.11591/ijere.v10i2.20934

Arwani, I. (2017). Pengaruh praktik kerja industri dan status sosial ekonomi terhadap kesiapan kerja siswa SMK Negeri 1 Pajangan. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil Dan Perencanaan, 1-8.

Fadli, R. P., Alizamar, A., & Afdal, A. (2017). Persepsi siswa tentang kesesuaian perencanaan arah karir berdasarkan pilihan keahlian siswa SMK. Konselor, 6(2), 74-82. https://doi.org/10.24036/02017627578-0-00

Irawan, R., & Hendri, H. (2022). Analisis kesiapan kerja siswa SMK jurusan teknik instalasi tenaga listrik. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(1), 59-63. https://doi.org/10.24036/jpte.v3i1.166

Khairunnisa, T. N., & Trisnawati, N. (2024). Pengaruh praktik kerja industri, informasi dunia kerja dan status sosial ekonomi orang tua terhadap kesiapan kerja siswa SMK. Jurnal Nakula: Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Ilmu Sosial, 2(5), 106-122. https://doi.org/10.61132/nakula.v2i5.1017

Krisnamurti, T. F. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan kerja siswa SMK. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 6(1), 65-76.

Kusumaningsih, A., Purwana, D., & Suherdi. (2023). The influence of locus of control and industry work practice to work readiness. Marginal Journal of Management, Accounting, General Finance and International Economic Issues, 2(3), 618-627. https://doi.org/10.55047/marginal.v2i3.681

Manik, J. G. (2023). Pengaruh self efficacy, status sosial dan kedisiplinan terhadap kesiapan kerja siswa kelas XI SMK Negeri 9 Medan. Jurnal Generasi Ceria Indonesia, 1(2), 137-143. https://doi.org/10.47709/geci.v1i2.3250

Muspawi, M., & Lestari, A. (2020). Membangun kesiapan kerja calon tenaga kerja. Jurnal Literasiologi, 4(1), 111-117. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v4i1.138

Oktavian, D., Fatkhurahman, F., & Supeno, B. (2023). Locus of control and job satisfaction with work life balance as mediation. Sains Organisasi, 2(2), 80-92. http://www.so.akademimanajemen.or.id

Rahmawati, U., Muhtar, & Jaryanto. (2019). Hubungan prestasi belajar kognitif akuntansi dan pengalaman praktik kerja industri dengan kesiapan kerja siswa kelas XII Akuntansi SMK Negeri X Surakarta. Jurnal "Tata Arta" UNS, 5(3), 83-96.

Riswati, Y., Indriayu, M., & Totalia, S. A. (2021). Pengaruh kelas industri dan internal locus of control terhadap kesiapan kerja siswa SMK bisnis daring dan pemasaran di Surakarta. BISE: Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi, 7(1), 1-12. https://jurnal.uns.ac.id/bise

Roza, M., & Maemonah. (2022). Analisis pemahaman guru PAI dalam menyusun penilaian menggunakan teknik multiple choice pada tingkat SMP di Pekanbaru. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 13(1), 36-45. https://doi.org/10.21009/jep.v13i1.26058

Satria, R., & Imam, D. C. (2024). Pengaruh motivasi dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan pada PT Bahtera Adi Jaya periode 2018-2022. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(7), 5490-5500. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i7.3020

Suwu, A. A., E., Taluke, J., & Lesawengen, L. (2021). Pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap tingkat keberhasilan mahasiswa di desa Buo kecamatan Loloda kabupaten Halmahera Barat. Jurnal Holistik, 14(2), 1-16.

Synthiawati, N. N., Di Eriska, E., & Faridh, I. (2021). Hubungan status sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar pendidikan jasmani di SMA Negeri 1 Nganjuk tahun 2021. STAND: Journal Sports Teaching and Development, 2(2), 77-85. https://doi.org/10.36456/j-stand.v2i2.4003

Wahyuningsih, I., & Yulianto, A. (2020). Pengaruh status sosial ekonomi orang tua dan praktik kerja industri melalui motivasi kerja terhadap kesiapan kerja. Economic Education Analysis Journal, 9(2), 532-551. https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i2.39430

Zulaehah, A., Rustiana, A., & Sakitri, W. (2018). Pengaruh minat kejuruan, praktik kerja industri, dan efikasi diri terhadap kesiapan kerja. Economic Education Analysis Journal, 7(2), 526-542. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj

Refbacks

  • There are currently no refbacks.